Apakah Reddit Aman? Tips bagi Orangtua untuk Lebih Menjaga Keamanan Remaja di Internet

Kid surfing on Reddit while father is watching over
Buru-buru? Klik di sini untuk lihat rangkuman
Apakah Reddit Aman? Rangkuman Singkat

Reddit dirancang untuk pengguna dewasa, bukan anak kecil. Ini bukan tempat yang aman bagi anak-anak atau remaja karena banyak resiko termasuk predator, misinformasi, challenge online yang berbahaya, dan kebocoran data. Anak-anak di bawah umur 13 tahun tidak diizinkan untuk membuat akun di Reddit sesuai dengan ketentuan Children’s Online Privacy Protection Act (COPPA).

Orangtua dan remaja harus berupaya untuk memahami ancaman bahaya dari Reddit, cara menyaring konten dewasa, dan cara untuk menjaga keamanan informasi pribadi. Berikut caranya:

  1. Bicara secara jujur dengan anak remaja Anda terkait pemahaman dunia digital dan cara tetap aman saat online.
  2. Pasang pengaturan privasi di Reddit.
  3. Pasang aplikasi keamanan keluarga untuk melacak aktivitas.
  4. Pertimbangkan penggunaan VPN (Virtual Private Network) supaya aktivitas online Anda jadi anonim. Pengguna Reddit dan tim kami setuju bahwa ExpressVPN adalah pilihan terbaik.

Hati-hati akan resiko yang ada, dan ambil upaya untuk mencegah konten dewasa atau berbahaya supaya tidak sampai pada jangkauan anak remaja Anda.

Ingin tahu lebih banyak tentang cara menjaga keamanan anak kecil dan anak remaja Anda sebagai pengguna Reddit? Baca artikel lengkap di bawah ini!

Pada intinya, Reddit merupakan tempat bertemunya informasi yang bersumber dari massa. Jika Anda melihat artikel apa pun tentang Reddit, Anda akan melihat julukan seperti “Wild West”, “gratis untuk semuanya”, dan “front page dari internet”. Berikut yang perlu diketahui para orangtua: semua hal itu benar. Lalu apa artinya bagi keamanan anak dan remaja Anda saat menggunakan Reddit? Platform ini dirancang untuk pengguna dewasa, bukan anak kecil. Beragam resiko seperti predator, misinformasi, dan kebocoran data menjadikan Reddit tempat yang tidak aman bagi anak-anak dan remaja muda.

Apakah Reddit Aman?

Reddit tidak aman untuk siapa pun di bawah umur 15 tahun. Meskipun begitu, Anda perlu mempertimbangkan tingkat kedewasaan anak Anda. Bagaimana cara mereka merespon jika mereka melihat konten dewasa? Apa mereka mampu memasang pengaturan keamanan? Bahkan dengan moderator konten dan fitur-fitur keamanan, kemungkinan bagi anak Anda untuk melihat hal yang tidak pantas tetap tinggi.

Jika Reddit adalah bagian dari konsumsi media sosial anak remaja Anda, maka menurut Common Sense Media sebaiknya dikonsumsi secara hati-hati dan dibekali dengan rasa skeptis yang cukup untuk keamanan Anda sendiri.

Sebagai orangtua dari seorang remaja, Anda mungkin pernah mendengar tentang Reddit. Masalahnya adalah Anda tidak tahu cara kerjanya atau ancaman bahaya yang muncul. Dimulai dengan dua hal tersebut, akan kami jelaskan selengkapnya di bawah ini. Lalu, Anda akan mendapat pemahaman yang lebih baik tentang langkah-langkah privasi dan keamanan yang dapat dilakukan untuk menjaga keamanan online anak kecil atau anak remaja Anda.

Apa itu Reddit?

Coba Google Reddit, dan Anda akan temukan tagline, “Dive into anything”. Kurang lebih, itu hal persis yang dapat Anda temukan di dalam situs media sosialnya. Menurut statistik situs di Alexa, Reddit berada di peringkat 19 untuk situs yang paling banyak dikunjungi secara global, dan di Amerika Serikat, Reddit berada di peringkat 7.

Anda tidak perlu menjadi seorang anggota yang terdaftar untuk membaca konten di Reddit. Siapa pun bisa mengakses konten di situsnya. Setelah Anda masuk, Anda akan melihat feed berisi unggahan yang sedang trending dan, di bawah itu, unggahan paling populer berdasarkan pengaturan Anda (lokasi, kesukaan, dan pengaturan privasi). Di bagian kanan adalah komunitas yang paling cepat bertumbuh atau paling populer saat ini. 52 juta orang setiap hari, rata-rata, mengunjungi platform ini, menurut Reddit Inc. di tahun 2020.

Screenshot Reddit Frontpage

Ada banyak konten yang dilihat oleh pengguna Reddit termasuk berita, meme lucu, update seputar olahraga, atau unggahan teks yang mengajak kontribusi pengguna untuk bertanya atau berpendapat.

Ancaman Bahaya di Reddit

Sebagian besar konten di Reddit dibuat untuk orang dewasa yang ada di situs itu. Maka, ada banyak resiko bagi anak-anak dan remaja yang menggunakan Reddit.

Ancaman bahaya utama di Reddit antara lain:

  • Predator
  • Konten dewasa, dan yang tidak pantas
  • Group chat dengan orang asing
  • Misinformasi
  • Resiko kebocoran informasi pribadi
  • Challenge online yang berbahaya atau tidak pantas

Orangtua perlu tahu cara resiko-resiko tersebut muncul dalam pengalaman anak Anda. Edukasi diri sendiri tentang platform-nya dan bicarakan dengan anak Anda cara tetap aman saat online.


Predator

Kid on a laptop with a stalker behind himSebagian besar pengguna aktif di Reddit menggunakan nama samaran. Oleh karena siapa pun yang punya akun bisa mengirim pesan atau berkomentar, anak remaja Anda bisa bicara dengan orang asing sebanyak mungkin. Beberapa pengguna itu adalah predator, yang mengintai di platform ini dengan satu tujuan yaitu menjebak dan memanfaatkan anak-anak kecil. Bicara ke anak Anda tentang pentingnya untuk tidak memberi informasi pribadi jenis apa pun di internet.


Konten yang Tidak Pantas

Inappropriate content iconAnak remaja yang masih muda dan rentan bisa dengan mudah menemukan diskusi yang berisi ujaran kebencian, kepercayaan supremasi bagi orang berkulit putih, atau “topik gelap” lainnya. Sebagian besar remaja belum siap untuk melihat jenis konten seperti ini.


Group Chat

Group chat iconGroup chat bukan bagian dari komunitas di Reddit, maka mereka tidak punya moderator seperti layaknya sebuah subreddit. Jadi tergantung pada Redditor untuk melaporkan perilaku yang tidak pantas. Pengguna bisa mematikan fitur group chat; namun, mereka akan selalu mendapat permintaan chat dari orang-orang yang belum terhubung dengan mereka sebelumnya. Permintaan bisa diterima atau ditolak, tapi sulit untuk menghindari orang asing yang mengirim permintaan. Pengguna yang diblokir tidak bisa mengirim permintaan chat.


 Misinformasi

Misinformation iconDictionary.com mengartikan misinformasi sebagai “informasi salah yang disebar, tanpa memperdulikan niat untuk menyesatkan”. Pada tahun 2018, ‘misinformation’ adalah Word of the Year dan ini tidak mengejutkan. Media sosial menjamin misinformasi tersebar dengan cepat dan mencapai semua sudut internet, termasuk komputer anak Anda. Sebuah studi yang dipublikasikan oleh The Ohio State University menyatakan bahwa misinformasi semakin sulit untuk dikenali. Peretas dari negara lain menggunakan foto, video, akun Twitter, dan konteks yang salah untuk menciptakan hoax berdasarkan informasi yang salah.


Kebocoran Informasi Pribadi

Broken padlock over an idPeretas adalah penjahat cyber yang membobol masuk ke sebuah situs dan menjual informasi Anda ke pihak ketiga atau di dark web. Jika pengaturan privasinya tepat, anak remaja Anda akan sedikit lebih aman saat online. Sayangnya, Reddit tidak punya rekam jejak yang bersih soal aspek privasi. Pada tahun 2019, mereka mengaktifkan ulang pengaturan pelacakan akun. Pengguna bisa menyesuaikan pengaturan privasinya kapan saja.


Challenge Online

Exclamation mark in a triangleChallenge populer di kalangan anak-anak di internet dan mudah untuk paham alasannya. Mereka lucu—atau mereka mengerikan. Challenge dance TikTok sudah menjadi pengalaman family bonding; seluruh sekolah mengikuti mannequin challenge beberapa tahun yang lalu. Di sisi lain, ada challenge, seperti Tide Pod challenge, yang berakhir dengan kerugian fisik bagi remaja.

Beberapa challenge, seperti 50/50 Challenge di Reddit memperlihatkan konten yang sangat grafik dan membuat trauma pengguna. Atau, Anda mungkin akan melihat gambar kucing paling lucu yang pernah Anda lihat. Itu tantangannya—dan timbal baliknya.

Cara Kerja Reddit

Setelah Anda punya pemahaman dasar tentang Reddit dan bahaya yang ada di luar sana, mari kami jelaskan cara kerja platform ini. Pengguna Reddit yang masih remaja membuka situs di komputer, tablet, atau perangkat mobile mereka melalui browser atau di aplikasi Reddit. Pengguna di platform secara umum disebut sebagai “Redditors”. Seorang pengguna Reddit yang terdaftar bisa mengunggah konten ke situs seperti tautan, foto, video, gambar, atau unggahan teks yang bisa diberi upvote atau downvote oleh orang lain. Semakin banyak upvote akan meningkatkan posisi unggahan tersebut di subreddit, sehingga menghasilkan views yang lebih banyak. Jika sebuah unggahan mendapat upvote yang cukup, maka unggahan itu akan berada di halaman beranda bersama dengan percakapan top trending lain di situs itu.

Screenshot Reddit Post Gordon Ramsay

Pengguna Reddit menekan tautan atau foto untuk melihat keseluruhan unggahan. Redditors punya pilihan untuk memberi komentar, berbagi, menyimpan, menyembunyikan, atau melaporkan konten menggunakan icon di bawah headline. Di samping headline, pembaca menekan tombol panah ke atas untuk upvote (jika Anda merasa lebih banyak orang yang harus melihat unggahan tersebut), atau panah ke bawah untuk downvote (jika menurut Anda unggahannya tidak penting untuk dilihat pembaca lain). Komentar juga bisa diberi upvote atau downvote, tergantung pada seberapa relevan mereka terhadap topik.

Redditor juga bisa memberi beragam penghargaan kepada unggahan spesifik. Beberapa penghargaan tersedia secara gratis, sedangkan yang lain bisa dibeli dengan Reddit Coins. Ini adalah cara pengguna untuk menunjukkan apresiasi terhadap konten orang lain.

Subreddit dan komunitas

Konten dikumpulkan ke dalam sebuah komunitas Reddit atau “subreddit”. Menurut statistik Backlinko tentang pengguna Reddit, situs ini berisi lebih dari 100.000 komunitas yang membahas beragam topik atau kesukaan. Subreddit didahului dengan “r/” sebelum topik mereka, yang bisa jadi apa saja. Ya, apa pun mulai dari “r/screamingfish” sampai “r/celebrityarmpits!” Ada juga subreddit “normal” seperti “r/politics” atau “r/worldnews”. Atau mereka bisa jadi percakapan tentang kesukaan bersama seperti “r/TVfantheories”. Jika bisa Anda bayangkan, maka kemungkinnanya ada subreddit untuk topik itu. Sebagian besar subreddit punya tema, peraturan, dan kebijakan mereka sendiri. Mereka harus mematuhi kebijakan Konten Reddit.

Konten Reddit dikumpulkan hanya oleh Redditors yang memenuhi kriteria tertentu. Namun, siapa pun bisa membaca konten Reddit, meskipun aksesnya terkadang dibatasi hanya bagi pengguna yang sudah log in.

Hanya pengguna Reddit yang memenuhi kriteria tertentu yang bisa mengumpulkan konten

Komunitas Reddit dibuat hanya oleh pengguna jika mereka memenuhi kriteria tertentu. Pertama, pembaca harus punya akun Reddit yang paling tidak berumur 30 hari. Kedua, akun Anda harus aktif dan harus mendapat sejumlah poin “karma” yang ditentukan (jumlah pastinya hanya diketahui Reddit) berdasarkan aktivitas Anda saat ini. Karma diberikan oleh pengguna lain yang mengapresiasi konten Anda.

Konten di Reddit

Content on reddit icon

Ada banyak informasi bagus yang tersedia di Reddit. Meme atau diskusi untuk game-game populer seperti Roblox sangat populer di kalangan anak-anak, contohnya.

Anak-anak dan remaja mengikuti subreddit khusus dengan konten yang tidak bisa mereka temukan di tempat lain. Berkat banyaknya unggahan terus menerus milik komunitas Reddit di seluruh dunia, anak-anak sering kali jadi sadar akan trend-trend sebelum mereka masuk ke dunia mainstream.

Namun, ada pun misinformasi, teori konspirasi, dan topik-topik gelap yang tersedia.

Jenis-jenis konten di Reddit:

Reddit menampung segala jenis konten yang bisa Anda bayangkan. Mulai meme sampai 50/50 Challenge Reddit yang populer (atau Reddit FiftyFifty, Reddit 50 50 challenge). Ada beragam jenis konten yang dibagikan orang-orang dalam platform ini:

  • Tautan
  • Unggahan teks
  • Foto
  • Video

Maka, penting bagi orangtua anak-anak dan remaja untuk tahu bahwa konten Reddit ditujukan bagi orang dewasa. Platform ini pada dasarnya tidak aman bagi anak-anak dan remaja.

Reddit punya skema moderasi yang bisa menjaga konten supaya sejalan dengan kebijakannya. Namun, Reddit terkenal telah menempatkan dirinya sebagai platform yang netral untuk semua jenis konten. Ini berarti, suka tak suka, segala jenis konten (baik dan buruk) dapat diakses oleh anak remaja Anda.

Cara konten komunitas Reddit dimoderasi

Reddit menggunakan skema moderasi hybrid untuk konten. Moderasi terjadi di tiga level: pegawai administrator Reddit, moderator sukarelawan yang terdesentralisasi, dan alat-alat otomatis.

Administrator: Sebagai sebuah situs, Reddit mempekerjakan sebuah tim administrator, atau “admin”. Mereka bertanggung jawab untuk menjalankan situs, mengkomunikasikan perubahan apa pun yang terjadi terhadap situs, dan “menerapkan peraturan dan kebijakan konten Reddit.” Admin adalah pemegang otoritas tertinggi untuk mengelola konten, subreddit, moderator komunitas, dan pengguna.

Moderator: Moderator komunitas Reddit, atau “mods”, adalah sukarelawan, bukan dipekerjakan oleh Reddit, dan mereka memilih diri sendiri atau dipilih oleh komunitas. Mods bisa mengubah tampilan subreddit, menentukan jenis konten yang diizinkan dalam thread, menghapus unggahan, melakukan mute, atau melarang pengguna dari subreddit.

Alat otomatis: Reddit menggunakan alat otomatis seperti AutoModerator berdasarkan algoritme yang mengenali, menyaring, dan menghapus konten yang melanggar kebijakan Reddit, seperti pornografi anak atau CSAM. Mods juga bisa menggunakan alat otomatis gratis atau online yang lain untuk meningkatkan cara mereka memoderasi subreddit mereka.

Moderasi tidak sempurna

Kebijakan moderasi Reddit terasa sedikit seperti Wild West. Pembuat kebijakan dan administrator yang lebih besar menetapkan panduan yang diinterpretasi oleh alat-alat otomatis dan mods untuk digunakan di dalam skema moderasi masing-masing yang terdesentralisasi. Ini merupakan pendekatan multi-layered untuk mencegah adanya konten yang tidak pantas. Namun, sebuah studi kasus New America tentang taktik moderasi Reddit menyuguhkan banyak pertanyaan tentang realibilitas, bias, akurasi, dan akuntabilitasnya. Tidak jelas berapa banyak dan jenis konten apa yang ditandai atau dihapus oleh moderator konten dari subreddit.

Pada tahun 2020, Reddit mengumumkan bahwa platform-nya akan punya fitur “quarantine” untuk melawan misinformasi. Saat subreddit dikarantina, sebuah papan pesan akan muncul dan menunjukkan peringatan, yang mengharuskan pengguna untuk memilih berpartisipasi ke dalam subreddit. Namun, moderator komunitas Reddit menyatakan bahwa ini hampir sama sekali tidak berpengaruh dalam melawan gelombang misinformasi yang ada di situs tersebut.


Berapa Umur yang Disarankan Ahli Bagi Anak untuk Menggunakan Reddit?

Circle with Age 13+Anak-anak di bawah umur 13 tahun tidak bisa membuat akun di Reddit. Ini bagian dari the Children’s Online Privacy Protection Act (COPPA), yang memberi operator situs regulasi-regulasi spesifik terkait pengumpulan data, izin orangtua, dan perlindungan privasi anak-anak di bawah umur 13 tahun.

Christine Elgersma dari Common Sense Media percaya bahwa remaja di bawah umur 15 tahun seharusnya tidak diizinkan untuk berada di Reddit. Namun, kasusnya berbeda untuk setiap anak. Jika anak remaja Anda menggunakan Reddit, pastikan mereka punya alat-alat yang dibutuhkan untuk menghindari konten yang tidak pantas dan bersikap bijak secara digital.


Cara Menjaga Keamanan Anak Remaja Anda di Reddit

Konten dewasa (juga dikenal sebagai “not safe for work” atau NSFW) bisa dengan mudah diakses di platform ini. Salah satu hal yang menjadikan Reddit aman (atau tidak) adalah apakah pihak orangtua menyediakan waktu untuk memasang fitur-fitur privasi dan keamanan di Reddit. Jika Anda tidak melakukannya, anak remaja Anda akan jadi korban dari beragam resiko keamanan online termasuk predator, pornografi, atau kumpulan topik gelap atau misinformasi, seperti berita palsu (lebih mudah jadi korban dibanding yang Anda bayangkan). Keluarga sebaiknya mempertimbangkan penggunaan aplikasi keamanan keluarga dengan parental control untuk melacak aktivitas.

Langkah-langkah untuk melindungi anak remaja Anda di Reddit:

  1. Bicara secara terbuka dengan anak Anda mengenai pemahaman digital dan cara tetap aman saat online.
  2. Pasang pengaturan privasi di Reddit.
  3. Pasang aplikasi keamanan keluarga untuk keamanan semua orang.
  4. Gunakan VPN untuk keamanan online yang lebih tinggi.

1. Bicara dengan anak Anda tentang cara tetap aman saat online

Tahap pertama untuk melindungi anak Anda di internet: bicara dengan mereka. Baik anak remaja Anda sudah menggunakan internet selama lima tahun, atau ini kali pertama mereka mencobanya, beri ruang yang aman dan nyaman bagi anak remaja Anda untuk membicarakan aktivitas online mereka, situs yang dikunjungi, dan game yang mereka mainkan.

Dengan begitu, Anda telah menciptakan sebuah jalur komunikasi yang terbuka dan jujur di mana mereka merasa nyaman untuk memberi tahu Anda jika terjadi masalah. Pastikan bahwa sebelum anak remaja Anda menggunakan situs Reddit, Anda sudah berbicara dengan mereka tentang topik seperti pornografi, ujaran kebencian, dan aktivitas ilegal. Siapkan informasi yang berguna tentang hal-hal tersebut.

Anda bisa mengatakan hal seperti, “Papa/Mama paham kenapa kamu suka Reddit! Keren ya kamu bisa nonton highlight bola kesukaan kamu dan lihat berita lain. Papa/Mama harap kamu tahu kalau kami harap kamu menjauhi konten yang buruk atau berbahaya. Papa/Mama percaya sama kamu, yang tidak kami percaya itu orang lain di internet.”

Skill pemahaman digital bermanfaat selamanya

Selanjutnya, sediakan waktu untuk menjelaskan pemahaman digital yang diartikan oleh Common Sense Media sebagai “kemampuan untuk secara efektif menemukan, mengenali, mengevaluasi, dan menggunakan informasi”. Coba pahami anak Anda; mudah untuk tertarik ke dalam dunia internet (ini terjadi ke kita semua). Bicara dengan mereka tentang cara bijak untuk bersikap (Reddit bahkan punya Reddiquette tersendiri), cara mengenali dan melaporkan perilaku yang buruk, dan informasi pribadi apa yang tidak aman untuk dibagikan.

Top skill pemahaman digital untuk diajarkan ke anak-anak Anda:

  • Cara aman dan bijak untuk mencari sesuatu
  • Cara melindungi informasi pribadi
  • Mengutip sumber terpercaya dengan benar
  • Membuat jejak digital yang positif melalui hal yang anak-anak unggah dan tidak unggah ke internet
  • Cara menghormati semua orang di internet

Setelah berbicara dengan anak Anda tentang keamanan online, waktunya untuk memasang pengaturan privasi yang tepat. Pengaturan ini mencegah adanya konten dewasa, mengurangi pelacakan data, dan mencegah pihak asing yang ingin meminta untuk terhubung dengan anak Anda.

2. Pasang pengaturan privasi

Reddit mengumpulkan informasi tentang pengguna seperti yang dijelaskan dalam kebijakan privasinya. Dalam pengaturan akun, ada beberapa pilihan untuk memberi anak Anda pengalaman pengguna yang lebih private:

Cara memasang pengaturan privasi di Reddit:

  1. Dengan menggunakan browser internet Anda (tidak semua fitur privasi dapat diakses di dalam aplikasi Reddit), klik profil akun dan pilih “User Settings”.

Screenshot Reddit Profile User Settings

  1. Lalu, pilih “Safety & Privacy” dan batalkan semua pilihan, supaya aktivitas tidak dilacak saat online.

Screenshot Reddit Safety and Privacy Menu

Screenshot Reddit Uncheck All Privacy Settings

  1. Gulir ke bawah sampai bagian “Advanced Security” dan aktifkan autentikasi dua faktor untuk mencegah pihak asing yang ingin mengakses akunnya.

Screenshot Reddit Advanced Security 2 Factor Authentication

  1. Di bagian bawah, klik “Manage third-party app authorization” dan hapus izin untuk connected accounts supaya data tidak dibagikan antar akun-akun.

Screenshot Reddit Manager 3rd-party App Authorization

  1. Lalu, klik “Feed Settings” untuk mengecualikan konten dewasa. Matikan “Adult content” supaya konten NSFW tidak akan muncul di feed atau hasil pencarian anak remaja Anda.

Screenshot Reddit Feed Settings Adult Content

  1. Gulir ke bawah sampai bagian “Chat and Messaging” dan pastikan bahwa di samping “Who can send you chat requests” dan “Who can send you private messages” ada tulisan “Nobody”. Sekarang, pihak asing tidak bisa mengirim permintaan atau pesan pribadi (PM).

Screenshot Reddit Chat and Messaging Settings

3. Gunakan aplikasi keamanan keluarga

Terakhir, aplikasi keamanan keluarga seperti Bark, menggunakan parental control untuk memblokir anak remaja supaya tidak menggunakan Reddit sampai mereka sudah siap atau membatasi anak remaja supaya menggunakan internet selama batas waktu tertentu. Bark bisa mengawasi pengajuan, komentar, dan pesan pribadi anak Anda selama berada di Reddit. Namun, parental control Bark tidak bisa melacak pesan-pesan langsung, yang memberi celah dalam kemampuan Anda untuk mengawasi aktivitas.

4. Gunakan VPN untuk keamanan online yang lebih tinggi

Cara lain untuk menjaga anak remaja Anda supaya lebih aman saat online adalah dengan menggunakan VPN atau layanan virtual private network. Saat Anda masuk ke internet, aktivitas Anda dilacak, dan situs menciptakan sejenis profil online berisi semua hal yang mereka ketahui tentang Anda. Kelihatannya bagus saat Anda melihat iklan khusus loafers pink suede yang Anda sukai, tapi informasi tersebut juga dibagikan dengan pihak ketiga yang tidak memiliki izin.

VPN bekerja sebagai perantara yang aman antara Anda dan seluruh internet. Data yang dikirim dari dan ke VPN dienkripsi, sehingga koneksi Anda tidak diretas atau dimata-matai. Jika keamanan merupakan sebuah prioritas bagi Anda, VPN adalah salah satu alat terbaik yang bisa Anda gunakan untuk melindungi diri dan keluarga Anda saat online.

Penting untuk diingat bahwa VPN tidak membuat seluruh akun Reddit anak Anda langsung menjadi anonim. Mereka menggunakan akun tersebut, sehingga hal yang mereka lakukan dengan akun tersebut akan dilacak, bahkan dengan VPN. Namun, Reddit tidak bisa mencatat alamat IP mereka. Ini artinya akun tidak bisa dikaitkan dengan diri anak Anda – jika anak remaja Anda membuat profil anonim dan menggunakan email anonim saat mereka mendaftar.

Terus Waspada!

Saat ini, situs-situs media sosial seperti Reddit mempermudah Anda untuk membagikan banyak informasi pribadi tanpa Anda sadari. Penting untuk melindungi privasi dan keberadaan anak remaja Anda dengan lebih waspada dan proaktif.

Mulai dengan bicara ke mereka tentang resiko internet dan ancaman bahaya challenge online, seperti Reddit 50/50 Challenge, yang menjadikan Reddit platform yang tidak aman. Setelah itu, ubah pengaturan privasi di Reddit, pasang aplikasi keamanan keluarga dan pertimbangkan penggunaan VPN. Internet adalah tempat yang lucu dan membantu, tapi juga bisa jadi berbahaya dan licik. Ingatkan anak Anda untuk berpikir secara kritis dan skeptis tentang semua hal yang mereka lihat di internet. Skill mereka akan menjaga keamanan mereka sekarang dan selamanya.

Untuk panduan merinci tentang keamanan online anak-anak, baca Panduan Definitif kami.

Keamanan Reddit untuk Anak-Anak dengan Remaja: FAQ

Jika Anda sedang mencari informasi lebih lanjut tentang keamanan Reddit, baca bagian FAQ kami.

Reddit dirancang untuk orang dewasa, bukan anak-anak. Konten dibagikan dalam bentuk tautan, foto, video, dan unggahan teks berisi beragam informasi mulai dari meme lucu sampai tantangan menakutkan dan misinformasi yang berbahaya. Resiko untuk anak-anak termasuk:

  • Dihubungi oleh predator
  • Melihat konten dewasa dan yang tidak pantas
  • Terlibat dalam group chat dengan orang asing
  • Membaca misinformasi
  • Kebocoran informasi pribadi
  • Menemukan challenge online yang berbahaya dan tidak pantas

Pengguna Reddit harus menerapkan tingkat pemahaman digital dan rasa skeptis yang cukup saat menggunakan situsnya. Baca lebih lanjut tentang keamanan Reddit untuk anak-anak di dalam artikel kami.

Ya, konten Reddit dimoderasi dengan tiga cara:

  • Administrator bertanggung jawab untuk menjalankan situs, mengkomunikasikan perubahan apa pun yang terjadi terhadap situs, dan “menerapkan peraturan dan kebijakan konten Reddit”. Admin punya otoritas sepenuhnya.
  • Moderator atau “mods”, adalah sukarelawan, bukan dipekerjakan oleh Reddit, mereka memilih diri sendiri atau dipilih komunitas. Mods bisa mengubah tampilan subreddit, menentukan jenis konten yang diizinkan di dalam thread, menghapus unggahan, melakukan mute, atau melarang pengguna dari subreddit.
  • Alat otomatis seperti AutoModerator berbasis pada algoritme yang mengenali, menyaring, dan menghapus konten yang melanggar kebijakan Reddit seperti pornografi anak, atau CSAM.

Namun, ada ruang untuk dilakukan peningkatan dalam aspek bias, subjektivitas, akurasi, dan akuntabilitas.

Sebagai seorang orangtua, Anda bisa menjaga keamanan anak Anda saat mereka tengah menggunakan Reddit dengan melakukan beberapa hal:

  • Bicara secara terbuka dengan anak Anda tentang pemahaman digital.
  • Pasang pengaturan privasi yang tepat di Reddit.
  • Pasang aplikasi keamanan keluarga untuk mengawasi dan memberitahukan aktivitas berbahaya apa pun.

Artikel lengkap kami akan menjelaskan semua hal tentang keamanan anak-anak di Reddit.

International security coordinator
Marko has a Bachelor's degree in Computer and Information Sciences. He coordinates and manages VPNOverview.com's team of international VPN researchers and writers.
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar