Seberapa Aman Aplikasi Facebook Messenger Kids untuk Anak Anda?

people in front of a smartphone icon
Klik di sini untuk lihat rangkuman
Seberapa Aman Aplikasi Facebook Messenger Kids untuk Anak Anda: Sebuah Rangkuman

Facebook merespon kekhawatiran terkait keamanan internet bagi anak-anak berumur 6-12 tahun dengan mengembangkan Messenger Kids, sebuah aplikasi video dan chat. Berbeda dari aplikasi messaging lainnya, orangtua punya kuasa dan pengawasan penuh atas aplikasi ini. Anda bisa menjaga keamanan anak Anda sebaik mungkin dengan memasang parental control dan secara rutin berbicara dengan anak Anda.

Berikut cara memasang parental control dan menjamin anak Anda lebih aman saat online:

  1. Pasang Sleep Mode untuk membatasi hari dan waktu kapan saja anak Anda bisa menggunakan aplikasinya.
  2. Gunakan kode empat kata opsional untuk friending.
  3. Atur daftar kontak menjadi private hanya untuk Anda dan anak Anda.
  4. Pasang friending menjadi “Only I can choose contacts”.
  5. Aktifkan notifikasi tautan yang bisa ditekan.
  6. Blokir, laporkan, atau hapus kontak atau konten yang tidak pantas.

Di atas itu semua, pastikan Anda secara terbuka berbicara dengan anak Anda tentang aktivitas online mereka. Saat Anda sadar akan perasaan dan hal yang mereka lalui, Anda bisa menjamin mereka lebih aman dan bahagia saat berada di Messenger Kids.

Ingin tahu lebih banyak tentang fitur-fitur keamanan di Messenger Kids? Baca artikel lengkap di bawah ini!

Anak-anak sangat ingin online. Sembilan dari sepuluh anak berumur enam sampai dua belas tahun punya akses ke smartphone atau tablet, menurut Facebook. Penjagaan keamanan anak-anak saat online sangat sulit untuk dilakukan oleh orangtua, hal ini direspon oleh beberapa perusahaan media dengan pembuatan aplikasi messaging khusus anak-anak, seperti Facebook Messenger Kids. Sejak aplikasi messaging ini dirilis pada tahun 2017, orangtua sudah banyak yang penasaran: seberapa aman Messenger Kids?

Aplikasi Facebook Messenger Kids unik di antara aplikasi video, chat dan media sosial lain untuk anak-anak. Layanannya memberi orangtua kuasa pengawasan penuh atas pengaturan dan konten aplikasinya. Parental control ini, saat digabungkan dengan komunikasi yang terbuka, menjadikan aplikasi ini salah satu yang paling aman untuk anak-anak kecil. Anak-anak dan orangtua bisa bekerjasama untuk menciptakan pengalaman online yang aman dan menyenangkan.

Cara Kerja Facebook Messenger Kids: Pendekatan yang Dipandu Orangtua

Messenger Kids adalah aplikasi video dan messaging yang berisi filter, sticker, dan emoji menarik, yang menghubungkan anak-anak dengan teman dan keluarga mereka. Orangtua memasang batasan, menyesuaikan fitur-fitur keamanan, dan mengawasi aktivitas mereka. Messenger Kids tidak seperti aplikasi messaging lainnya karena aplikasi ini dirancang supaya orangtua menuntun anak-anak mereka dalam pengalaman pertama mereka dengan aplikasi messaging. Aplikasi ini memberi akses penuh bagi orangtua ke semua fitur dan konten di dalam aplikasinya.

Hal lain yang membedakan Messenger Kids dari aplikasi messaging lainnya adalah akun anak Anda dibuat melalui akun Facebook Anda yang sudah ada. Mulai dari akun Anda, Parent Dashboard Anda melacak aktivitas anak Anda dan menyediakan fitur-fitur keamanan. Setelah Anda membuat akun, anak Anda bisa mengunduh aplikasinya ke smartphone atau tablet dan mulai chatting.

Facebook Messenger Kids: Account Dashboard

Ada tiga tab di Parent Dashboard: “Activity”, “Contacts”, dan “Controls”. Dalam tab-tab tersebut, Anda bisa mengawasi semua hal yang dilakukan anak Anda. Anda bisa memeriksa aktivitas terkini, melaporkan atau menghapus konten atau kontak apa pun yang tidak pantas, dan menyesuaikan fitur-fitur keamanannya. Dengan izin Anda, anak Anda bisa menambahkan teman dan anggota keluarga sebagai kontak, bergabung ke group chat, serta berbagi video dan foto. Anak Anda juga bisa memblokir atau melaporkan kontak atau konten.

Apa Facebook Messenger Kids Aman?

Facebook Messenger Kids adalah aplikasi berguna yang membantu anak-anak supaya terbiasa dengan pengalaman online di bawah pengawasan orangtua mereka. Namun, orangtua harus sadar akan potensi resikonya, cara Facebook menangani privasi anak Anda, dan pengaturan Messenger Kids yang dapat Anda ubah.

Resiko Penggunaan Messenger Kids

Meskipun aplikasi Messenger Kids memberi orangtua kuasa penuh, bukan berarti pengalaman online Anda atau anak Anda bebas dari resiko. Ada resiko dari penggunaan aplikasi messaging apa pun, termasuk Facebook Messenger Kids, seperti:

  • Cyberbullying dari kontak yang sudah disetujui, yang bisa menyebabkan keresahan dan depresi
  • Resiko kecanduan media sosial yang mempengaruhi kemampuan anak Anda untuk memperhatikan urusan rumah, sekolah, dan terlibat dalam aktivitas sosial lain
  • Kebocoran data akibat penjahat cyber yang mungkin menjual informasi Anda di dark web
  • Kekurangan dari aplikasi seperti glitch di tahun 2019 yang memungkinkan anak-anak untuk chat dengan kontak yang tidak disetujui
  • Pihak asing yang berpura-pura sebagai teman

Resiko-resiko ini ada pada aplikasi apa pun yang digunakan Anda dan anak Anda, termasuk Messenger Kids.

Messenger Kids punya kebijakan privasi yang ketat

Menurut kebijakan privasi mereka, Facebook Messenger Kids menggunakan penerapan kebijakan Facebook saat ini yang lebih ketat, khususnya terkait bullying, pornografi atau konten seksual, konten kekerasan atau grafik, dan yang mendukung kejahatan. Di Facebook, konten dalam kategori tersebut diberi label peringatan dan disembunyikan dari pengguna berumur 18 tahun ke bawah. Di Messenger Kids, Facebook mengambil langkah ekstra dan menghapus konten yang masuk dalam kategori itu. Konten ini tidak bisa ditarik atau diminta kembali.

Data apa yang dikumpulkan Facebook Messenger Kids?

facebook messenger kids logo

Aplikasi populer seperti Tiktok, Snapchat, dan Instagram mengharuskan pengguna untuk mendaftarkan akun. Pengguna paling tidak harus berumur 13 tahun sesuai dengan ketentuan Child’s Online Privacy and Protection Act (COPPA), yang membatasi jenis informasi yang dikumpulkan situs-situs komersil dari anak-anak di bawah umur 13 tahun. Facebook Messenger Kids melampaui COPPA karena orangtua menggunakan akun Facebook mereka sendiri untuk mendaftarkan anak mereka ke Messenger Kids. Ini berarti data dan aktivitas aplikasi anak Anda tetap akan dikumpulkan.

Pemahaman tentang kebijakan privasi untuk aplikasi apa pun yang keluarga Anda gunakan adalah langkah penting dalam melindungi informasi Anda.

Penting untuk mengetahui data yang dikumpulkan Messenger Kids supaya Anda bisa membuat keputusan yang bijak tentang jenis informasi yang Anda bagikan. Messenger Kids punya metode pengumpulan data mereka sendiri, termasuk pengumpulan:

  • Informasi registrasi yang Anda dan anak Anda sediakan, seperti nama, informasi login, gambar profil, jenis kelamin, dan tanggal lahir
  • Semua konten yang dibagikan dan diterima, seperti foto, video, dan pesan-pesan
  • Semua aktivitas di aplikasi, termasuk fitur-fitur yang digunakan, orang yang dihubungi, dan durasi aktivitas
  • Koneksi dan kontak, serta cara anak Anda berinteraksi dengan kontak-kontak tersebut
  • Informasi perangkat seperti alamat IP, sistem operasi, pengaturan dan pengenal perangkat, bahasa, dan zona waktu Anda

Meskipun tidak ada iklan atau pembelian di Messenger Kids, Facebook mungkin juga mengirim survey untuk diisi oleh anak Anda.

Facebook menyatakan bahwa mereka menggunakan informasi ini untuk meningkatkan aplikasinya, berkomunikasi dengan pengguna, serta mempromosikan keamanan. Namun dalam kasus kebocoran data (seperti yang terjadi pada tahun 2020 di mana data Facebook dari tahun 2019 dipublikasi secara online), informasi Anda mungkin tetap akan rentan.

Parental control dan fitur keamanan di Messenger Kids

smartphone with screen settings iconSebagai respon terhadap keluhan keamanan, Facebook mengembangkan dan terus menambahkan fitur-fitur yang memberi kuasa pada orangtua. Fitur-fitur ini membantu orangtua dalam memeriksa semua aktivitas konten yang telah dikirim atau diterima serta memasang pengaturan keamanan yang penting di dalam aplikasinya. Ini berarti:

  • Anak-anak tidak bisa menghapus sejarah pesan.
  • Anda bisa mengeluarkan anak Anda dari perangkat lain.
  • Orangtua bisa mengunduh catatan aktivitas.
  • Ada pilihan untuk memasang parental control.
  • Anda bisa melaporkan, memblokir, dan menghapus konten atau kontak yang tidak pantas.
  • Pengaturan memungkinkan adanya pengiriman notifikasi saat anak Anda melaporkan atau memblokir sebuah kontak atau konten.

Namun, kunci dari fitur-fitur keamanan ini adalah untuk secara aktif menggunakannya. Kami telah menjelaskan secara rinci cara menggunakan beberapa fitur keamanan yang disebutkan di atas supaya Anda bisa tetap terlibat dalam aktivitas aplikasi anak Anda.

Cara Menjaga Keamanan Anak Anda Saat Menggunakan Aplikasi Facebook Messenger Kids

Ada dua hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga keamanan anak saat mereka menggunakan Facebook Messenger Kids. Pertama, Anda perlu pastikan bahwa mereka bisa aman menggunakan aplikasinya dengan menyesuaikan pengaturan yang tepat. Kedua, Anda bisa mengawasi dan memblokir konten atau orang-orang saat diperlukan. Terakhir, Anda harus pastikan untuk membahas hal seputar ini dengan anak Anda, supaya mereka sadar akan resikonya dan tahu kapan dan bagaimana harus bersikap.

Pasang parental control yang tepat

Guna menjaga keamanan anak Anda, Anda sebaiknya menyediakan waktu untuk memeriksa fitur-fitur dan memasangnya menjadi pengaturan yang paling aman untuk anak Anda. Di Parent Dashboard, ada tab “Controls”. Pilih tab ini untuk mengubah fitur-fitur keamanan.

Facebook Messenger Kids: the Control Tab under Settings

Di sini, Anda bisa menyesuaikan beragam pilihan parental control. Kami sarankan Anda untuk membuat beberapa perubahan berikut ini:

  • Sleep mode: Aktifkan sleep mode untuk membatasi hari dan waktu di mana anak Anda bisa menggunakan aplikasinya. Hal ini bisa mengurangi resiko kecanduan dan membantu anak Anda dalam memahami batasan sehat penggunaan perangkat.
  • Sleep Mode in Facebook Messenger Kids
  • Kode Anak Anda: Gunakan kode empat kata yang opsional untuk membatasi pihak yang bisa meminta untuk terhubung dengan akun anak Anda.
  • Facebook Messenger Kids: How to Turn on Code
  • Tampilan Daftar Kontak: Pilih pemasangan daftar kontak menjadi private.
  • Screenshot: contact visibility control on Facebook Messenger Kids
  • Friending: Pasang pilihan pengawasan pertemanan menjadi “Only I can choose contacts” supaya hanya Anda yang bisa menambah atau menghapus kontak. Hal ini memungkinkan Anda untuk tahu secara pasti siapa yang berkomunikasi dengan anak Anda dan apakah orang tersebut berpotensi melakukan cyberbullying atau ancaman bahaya lain.
  • Facebook Messenger Kids: Contact list privacy controls
  • Tautan: Aktifkan notifikasi tautan yang bisa ditekan yang mengharuskan adanya verifikasi orangtua saat anak Anda mendapat kiriman tautan. Anda juga bisa mematikan tautan sepenuhnya supaya anak Anda tidak dapat mengirim atau menerima tautan. Facebook memblokir konten dari beberapa situs tapi pada intinya mereka tidak menguasai konten yang dikirim atau diterima oleh anak Anda.
  • Facebook Messenger Kids: Control Links

Awasi dan blokir konten atau orang-orang

Selain parental control, Anda juga punya pilihan untuk memblokir kontak-kontak dan menghapus konten.

  • Blokir sebuah kontak: tekan foto dari orang yang ingin Anda blokir untuk membuka box pesan. Di bagian atas chat, tekan foto kontaknya. Tekan “Block”. Jika ingin melaporkan sebuah kontak, tekan “Report” tepat di bawahnya. Pilih alasan seperti “This person is being mean,” “This person is making me feel weird,” “I don’t know this person,” atau “Something else”.
  • Screenshot how to block or report a contact on Facebook Messenger Kids
  • Guna menghapus konten yang tidak pantas, buka akun anak Anda, pilih tab “Activity”, klik pada gambarnya. Klik “Remove”. Gambar atau video akan dihapus dari thread anak Anda dan Parent Dashboard. Mohon diingat bahwa orang lain di dalam chat, dan orangtua mereka, tetap bisa melihat gambar atau video yang telah Anda hapus.

Facebook menyatakan bahwa tujual dari parental control sepenuhnya akan fitur-fitur keamanan adalah supaya orangtua bisa “mengajarkan, mencontohkan, dan membentuk pemahaman anak mereka tentang interaksi yang sopan, komunikasi yang baik, dan digital citizenship…” Mungkin lebih membantu untuk melihat Messenger Kids bukan hanya sebagai sebuah aplikasi, tapi sebagai alat untuk membantu Anda dan anak Anda dalam belajar bersama tentang keamanan online, dibanding membiarkan mereka jadi target “predator” media sosial di usia remaja.

Pertahankan komunikasi yang terbuka

Keamanan dari aplikasi ini mencakup lebih dari sekedar fitur-fiturnya saja. Ini juga soal cara orangtua berkomunikasi dengan anak mereka tentang keamanan online. Oleh karena adanya resiko bagi anak-anak seperti depresi dan keresahan, perlu adanya dialog terbuka dengan anak Anda tentang aktivitas online mereka untuk membantu mereka merasa nyaman dalam membagikan pengalaman mereka terkait isu-isu tersebut.

Jika ini pertama kalinya anak Anda menggunakan aplikasi messaging, ada banyak yang harus dipelajari. Ini adalah kesempatan untuk mengajarkan mereka kebiasaan baik, etiket saat online, cara mengenali perilaku yang tidak pantas, dan cara melaporkannya. Mulai dengan pertanyaan terbuka seperti:

parent talking to kid on couch

“Papa/Mama senang kamu suka aplikasinya! Apa ada sesuatu yang kamu engga suka? Mau cerita ke Papa/Mama?”

“Boleh tunjukkan Papa/Mama cara melaporkan hal yang mungkin kurang pantas ada di aplikasinya?”

“Ada waktunya Papa/Mama kurang senang dengan omongan atau perilaku orang lain. Kamu tahu kan kalau Papa/Mama akan tetap ada untuk kamu kalau perlu apa-apa?”

Percakapan seperti ini dengan anak Anda sering kali membantu Anda dan anak Anda untuk membangun kebiasaan komunikasi yang bijak seiring anak Anda bertumbuh kembang dengan teknologi.

Pengalaman Online yang Lebih Aman Dengan VPN

Tidak penting seberapa banyak Anda berkomunikasi, atau berapa banyak parental control yang Anda pasang, informasi, foto, atau video apa pun yang Anda bagikan di internet atau di dalam aplikasi membuat Anda dan anak Anda rentan saat online.

Untungnya, Anda bisa mengambil langkah-langkah untuk melindungi informasi kalian secara lebih baik saat online, seperti dengan menggunakan Virtual Private Network (VPN). Layanan VPN, seperti ExpressVPN, mengenkripsi data Anda dan mengarahkannya ulang melalui server mereka. Dengan VPN, jika data Anda diretas, datanya tidak bisa terbaca, atau bahkan dihubungkan dengan Anda secara pribadi. Selain itu, semua aktivitas online Anda, bahkan yang melampaui Facebook Messenger Kids, akan terlindungi dengan lebih baik dan Anda bisa lebih mempertahankan privasi online Anda.

Namun, selama Anda masih masuk di dalam Facebook, Facebook tetap bisa melihat aktivitas Anda dan menyimpan informasi tentang Anda, tapi mereka tidak bisa melihat alamat IP asli dan tahu lokasi Anda.

Facebook Messenger Kids: Media Sosial yang Aman

Pada intinya, Facebook Messenger Kids adalah kesempatan untuk masuk ke dalam dunia media sosial dengan anak Anda. Ini adalah alat yang mengajarkan mereka tentang pertemanan dan bukan saja tentang “friending” seseorang, cara mengenali dan melaporkan perilaku yang tidak pantas dan meningkatkan skill digital yang akan menguntungkan mereka ke depannya. Ada sebuah tingkat resiko dari penggunaan media sosial atau pembagian data Anda di mana pun di internet, tapi Anda dan anak Anda bisa memilih untuk menggunakan Messenger Kids seaman mungkin. Untuk informasi lebih lanjut tentang cara menjaga keamanan online anak Anda, lihat panduan definitif kami.

Apa Facebook Messenger Kids Aman? FAQ

Penasaran apakah aplikasi Facebook Messenger Kids aman bagi anak Anda? Cek bagian FAQ kami di bawah ini.

Messenger Kids belum tentu berbahaya. Namun, dengan berada di internet memang selalu mengundang adanya beberapa resiko, mulai dari data yang dikumpulkan tentang aktivitas Anda sampai dengan penyalahgunaan konten yang Anda unggah. Hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk menjaga keamanan anak Anda di Facebook Messenger Kids adalah membaca keseluruhan dari kebijakan privasinya, memasang parental control keamanan yang tepat di dalam aplikasi, dan memastikan adanya komunikasi yang terbuka dengan anak Anda. Anda bisa baca lebih lanjut tentang keamanan online bagi anak-anak Anda di panduan definitif dari VPNOverview.

Messenger Kids adalah aplikasi media sosial yang memberi orangtua kuasa dan kemampuan pengawasan penuh di dalam aplikasinya. Aplikasi ini aman dan mudah digunakan. Aplikasi lain yang dirancang untuk anak-anak adalah:

  • JusTalk Kids
  • Stars Messenger
  • Google Hangouts

Pastikan Anda memanfaatkan fitur-fitur keamanan ini, menentukan batasan dengan anak Anda, dan sering berkomunikasi dengan mereka tentang pengalamannya di aplikasi.

Ya, orangtua melihat semua pesan, gambar, dan video yang dikirim dan diterima oleh anak mereka. Orangtua juga bisa mengunduh semua konten yang dibagikan dan diterima di dalam Messenger Kids. Satu kekurangannya adalah video chat tidak direkam atau disimpan di aplikasi.

Ya. Jika Anda menilai sebuah gambar, video, atau kontak tidak aman atau tidak pantas bagi anak Anda, Anda bisa menghapusnya dari thread pesan anak Anda dan melaporkannya ke Facebook kapan saja dengan mengikuti tahap-tahap di bawah ini:

  1. Buka akun anak Anda.
  2. Pilih tab “Activity”.
  3. Klik pada gambar.
  4. Klik “Remove”.

Gambar atau video akan dihapus dari thread anak Anda dan Parent Dashboard. Orang lain di dalam chat, serta orangtua mereka, tetap bisa melihat gambar atau video yang Anda hapus.

International security coordinator
Marko has a Bachelor's degree in Computer and Information Sciences. He coordinates and manages VPNOverview.com's team of international VPN researchers and writers.
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar