Memilih VPN Terbaik Untuk Perangkat Android Anda

VPN shield icon in a trophy with smartphone and Android logo
Lihat rangkuman artikel ini
VPN Terbaik untuk Android: Rangkuman Singkat

Ada beberapa VPN bagus yang dapat Anda gunakan untuk perangkat Android Anda. Terdapat beberapa keuntungan yang akan didapatkan jika Anda menggunakan VPN di smartphone atau tablet Anda. Browsing internet secara aman, menjaga anonimitas online Anda, dan melampaui sensor internet dapat dilakukan dengan bantuan VPN. 3 VPN terbaik untuk Android versi kami adalah sebagai berikut:

  1. Surfshark
  2. ExpressVPN
  3. PIA

Jika Anda ingin mulai menggunakan VPN berkualitas bagus untuk perangkat Android Anda yang juga dapat bekerja dengan sistem operasi lainnya, maka kami menyarankan Surfshark.

Jika Anda penasaran tentang penyedia VPN lainnya yang juga dapat bekerja dengan Android, baca artikel kami selengkapnya di bawah ini.

Jika Anda mempunyai smartphone atau tablet Android, Anda mungkin sebaiknya mempertimbangkan kemungkinan penggunaan VPN. VPN memungkinkan Anda untuk dapat melindungi koneksi Anda di jaringan Wi-Fi publik secara lebih baik, dan bahkan mampu membantu Anda untuk streaming Netflix Amerika dari manapun di dunia. Entah mengapa, banyak sekali VPN yang ditawarkan untuk Android. Hal ini pun mempersulit Anda saat ingin menentukan pilihan VPN terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa VPN Android lamban, dan lainnya terbilang cepat namun tidak aman, adapun beberapa yang bahkan bukan VPN dan hanyalah proxy. Di artikel ini, kami akan membantu Anda untuk memilih VPN Android terbaik untuk situasi Anda.

Apa yang harus diperhatikan saat memilih VPN Android terbaik?

Jika Anda ingin penyedia VPN yang luar biasa untuk Android, maka pastikan bahwa Anda memilih VPN yang cepat dan aman dengan lokasi server yang tepat. Semuanya tergantung kepada kebutuhan Anda, beberapa VPN bisa saja lebih cocok dibanding yang lainnya. Apakah Anda gemar streaming? Maka carilah VPN yang cepat. Apakah Anda ingin supaya informasi Anda tetap aman? Maka carilah VPN yang aman. Apakah Anda ingin membuka blokir sebuah situs tertentu dari negara lain? Coba periksa jika VPN yang Anda ingin pilih memiliki server di negara tersebut. Selebihnya, adapun manfaat untuk mencari VPN yang memiliki aplikasi untuk Android.

Di saat memilih VPN, sangatlah berguna untuk memperhatikan fitur-fitur penting dari VPN. Dalam menentukan 3 VPN Android terbaik versi kami, adapun aspek-aspek di bawah ini yang telah dijadikan pertimbangan:

  • Keamanan dan privasi: kami umumnya melihat kebijakan pencatatan dan protokol enkripsi dari sebuah VPN. Dalam aspek privasi, penting bagi sebuah penyedia VPN untuk tidak menyimpan catatan apapun. Jika terjadi sebaliknya, maka informasi Anda akan disimpan oleh perusahaan VPN dan Anda pastinya tidak ingin hal ini terjadi saat sedang menggunakan VPN. Protokol enkripsi VPN sering kali menentukan tingkat kerumitan sebuah file yang telah dienkripsi saat ingin diretas. Mayoritas dari VPN menggunakan OpenVPN, namun ada beberapa yang tidak. Kami menyarankan Anda untuk memilih sebuah penyedia VPN yang menggunakan OpenVPN.
  • Kecepatan: kecepatan dapat menjadi hal yang sangat penting untuk VPN, khususnya saat streaming, proses pengunduhan, dan juga penggunaan sehari-hari. VPN dapat sedikit mengurangi kecepatan koneksi Anda. Dengan beberapa VPN, Anda tidak akan menyadarinya sedangkan melambatnya kecepatan akan sangat mudah untuk disadari saat menggunakan VPN lainnya. Kami hanya menyarankan VPN yang tingkat pengaruhnya terhadap kecepatan Anda sangat kecil.
  • Kemudahan penggunaan: beberapa VPN membutuhkan pengetahuan teknikal, sedangkan lainnya tidak. Dalam memilih penyedia VPN Android terbaik, kami telah fokus melihat VPN yang cocok dengan semua orang. Artinya, semua VPN di daftar 3 VPN Android terbaik versi kami dapat dengan mudah digunakan oleh kaum muda ataupun kaum yang lebih tua.
  • Server: jika Anda menggunakan VPN untuk membuka blokir situs, ketersediaan server yang beragam akan sangat membantu. Contohnya, jika Anda menggunakan VPN yang hanya memiliki server di Prancis, Anda tidak akan dapat menggunakannya untuk membuka blokir Netflix Amerika. Lebih dari itu, semakin dekat server yang Anda gunakan dengan lokasi asli Anda, maka semakin kecil pula pengaruh VPN tersebut terhadap kecepatan koneksi Anda.
  • Fitur tambahan: VPN terkadang menawarkan opsi tambahan yang memudahkan penggunanya untuk menelusuri internet secara aman dan melakukan streaming secara lebih cepat. Terkadang opsi tambahan tersedia dalam bentuk tombol mati daya, adapun opsi lain seperti IP dedicated. Meskipun aspek ini biasanya merupakan faktor yang kurang penting, ada baiknya untuk tetap memperhatikan hal ini jika Anda memiliki kebutuhan VPN yang khusus.
  • Harga: selain dari kualitas jasa VPN yang sebenarnya, Anda sebaiknya juga memastikan bahwa program langganan VPN yang dipilih sudah sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Kemungkinan besar, Anda menginginkan VPN berkualitas bagus tanpa harus membayar terlalu mahal. Maka dari itu, kami telah mempertimbangkan harga sebagai salah satu aspek penentu dari daftar top 3 kami.

VPN terbaik untuk Android: top 3 versi kami

Sesuai dengan kriteria yang di atas, kami telah memilih tiga penyedia VPN di bawah ini yang kami yakini sebagai VPN terbaik untuk Android pada saat ini:

1. Surfshark

Surfshark merupakan salah saru VPN terbaik dengan harga yang sangat terjangkau. Server-nya cepat, dan Anda memiliki beragam pilihan lokasi server di banyak negara, sehingga VPN ini mudah untuk digunakan. VPN ini tergolong sangat murah untuk kualitas bagus yang ditawarkannya. Artinya, Anda dapat streaming menggunakan perangkat Android Anda dengan modal biaya yang sangat kecil tanpa masalah apapun. Hal ini berguna jika Anda menonton banyak film atau serial di smartphone atau tablet Android Anda.

Surfshark
Penawaran:
Internet aman dan anonim hanya dengan modal $2,30 per bulan
Dari
$2.30
9.0
  • Sangat ramah konsumen serta bisa bekerja dengan Netflix dan torrent
  • Garansi 30 hari uang kembali. Tanpa syarat tambahan!
  • Harga murah dengan banyak pilihan tambahan
Kunjungi Surfshark

2. ExpressVPN

ExpressVPN adalah VPN yang luar biasa untuk Android. VPN ini sangat cepat dan memiliki banyak server, selain itu aplikasinya sangat mudah untuk dipasang di perangkat-perangkat Android. Aplikasi ExpressVPN secara otomatis melihat bahasa yang digunakan di perangkat Anda dan menyesuaikan aplikasinya sesuai dengan bahasa tersebut. Selain dari kecepatannya yang tinggi, ExpressVPN juga memiliki sistem enkripsi yang sangat bagus. Anda tidak akan salah memilih ExpressVPN. Dibandingkan dengan Surfshark, menurut kami ExpressVPN memiliki kualitas yang sedikit lebih baik, namun lebih mahal. Oleh karena itu, dalam pertimbangan kami, ExpressVPN menduduki posisi kedua dari daftar kami.

ExpressVPN
Penawaran:
Dapatkan diskon langganan tahunan + garansi 30 hari uang kembali!
Dari
$6.67
8.9
  • VPN yang mudah digunakan
  • Cocok untuk browsing, pengunduhan, dan streaming secara anonim (contohnya Netflix)
  • 3000+ server di 94 negara
Kunjungi ExpressVPN

3. Private Internet Access – PIA

Private Internet Access (PIA) adalah VPN alternatif yang sangat bagus untuk pengguna jika menginginkan VPN yang sangat aman dan berbasis privasi. PIA utamanya fokus dalam aspek keamanan online dan tetap mempertahankan kecepatan yang luar biasa. PIA sedikit lebih lamban dibanding ExpressVPN dan sedikit lebih mahal dibanding Surfshark, namun VPN ini tetap menjadi pilihan yang baik untuk Android. Kami khususnya menyukai aspek keamanan dan enkripsi dari penyedia ini.

PIA
Penawaran:
PIA selalu memiliki harga terjangkau dengan garansi 30 hari uang kembali.
Dari
$2.69
8.5
  • Fokus kuat terhadap privasi dan keamanan
  • Harga terjangkau
  • Server cepat nan stabil
Kunjungi PIA

VPN gratis vs bayar untuk Android

Di samping jasa VPN bayar, Anda pun memiliki pilihan untuk menggunakan VPN gratis. Meskipun terdapat beberapa jasa VPN gratis yang bagus, mayoritas dari VPN gratis tidak cocok untuk jenis penggunaan jangka panjang. Banyak jasa VPN gratis yang memiliki batasan kecepatan, batasan jumlah data yang dapat Anda gunakan per bulannya, atau batasan lokasi server. Sering kali batasan data membuat Anda tidak dapat menonton film sekaligus. VPN gratis yang tidak memiliki batasan data atau yang dilengkapi dengan kuota batasan yang tinggi sering kali menjadi lamban dan tidak aman. Oleh karena itu, kami biasanya menyarankan untuk tetap memilih jasa VPN bayar.

Aplikasi VPN gratis untuk Android yang sebenarnya bukan VPN asli

Jika berbicara tentang aplikasi VPN gratis untuk Android, ada baiknya untuk secara singkat membahas mengenai proxy. Sering kali hal ini merupakan aplikasi yang gratis dan dipasarkan sebagai VPN. Namun, biasanya, aplikasi ini ternyata adalah proxy: jasa yang mengubah alamat IP Anda namun tidak mengenkripsi data Anda. Contohnya adalah Hola. Jasa ini memasarkan dirinya sebagai sebuah VPN, namun hanya mampu untuk mengubah alamat IP Anda supaya terlihat seperti pengguna Hola lainnya. Jika Anda menggunakan Hola, koneksi Anda juga dapat digunakan oleh pengguna Hola lainnya. Hal ini sangatlah tidak aman karena orang lain dapat menggunakan koneksi Anda untuk tujuan-tujuan yang tidak dapat Anda pastikan.

Mengapa VPN dibutuhkan untuk Android?

Semua orang mempunyai alasan yang berbeda-beda untuk menggunakan VPN. Alasan yang paling umum adalah sebagai berikut:

AlasanPenjelasan
KeamananOleh karena traffic internet Anda dienkripsi menggunakan VPN, pihak lain tidak dapat mengakses data Anda. Contohnya, peretas, pemerintah, dan penyedia internet tidak dapat melihat aktivitas Anda saat online. Hal ini khususnya penting untuk perangkat Android karena Anda akan sering terhubung ke jaringan Wi-Fi publik dengan smartphone atau tablet Anda.
PrivasiBerkat VPN, alamat IP Anda tersembunyi dan Anda akan mendapat alamat IP lainnya dari salah satu server VPN. Alhasil, aktivitas online Anda tidak akan bisa dilacak kembali ke perangkat Anda ataupun pribadi Anda sendiri. Keuntungan ini sering kali berguna saat sedang mengunduh torrent untuk menghindari denda. Privasi dan legislasi adalah alasan mengapa jurnalis, yang tinggal di negara-negara dengan banyak sensor, menggunakan VPN untuk menyuarakan pendapatnya melalui forum-forum anonim.
Membuka blokirBeberapa situs dan jasa memblokir konten mereka berdasarkan dengan lokasi Anda. Contohnya, Netflix memiliki penawaran film dan serial yang lebih banyak di Amerika dibanding di negara-negara lainnya. Dengan bantuan VPN, Anda dapat melampaui blokir geografis seperti ini untuk menonton film dan serial dari negara lainnya. Ini juga alasannya mengapa VPN sering digunakan di Cina, di mana situs seperti YouTube dan Facebook diblokir.

Cara memasang VPN di Android

Ada beberapa cara untuk memasang VPN di sebuah perangkat Android. Cara termudah adalah melalui aplikasi dari Play Store:

  1. Langganan dengan penyedia VPN pilihan Anda;
  2. Unduh aplikasi VPN dari Play Store;
  3. Buka aplikasinya;
  4. Sesuaikan pengaturan jika diperlukan;
  5. Nyalakan VPN (perangkat Android Anda mungkin akan meminta Anda untuk mengubah konfigurasi koneksi VPN di bagian ‘networking’ (jaringan), izinkan proses ini).

Kesimpulan: VPN untuk Android terbaik, top 3 versi kami

Berdasarkan kriteria yang kami jelaskan sebelumnya, kami menyarankan VPN di bawah ini untuk perangkat Android:

  1. Surfshark
  2. ExpressVPN
  3. PIA

Semua penyedia ini memiliki perangkat lunak Android yang sangat bagus dan juga terjangkau dalam aspek harga, serta memiliki kecepatan dan keamanan yang baik. Surfshark adalah VPN premium dengan harga paling terjangkau, ExpressVPN memiliki kualitas yang sedikit lebih bagus dibanding dua VPN lainnya namun juga lebih mahal, dan PIA membutuhkan beberapa langkah tambahan dalam aspek keamanan. Jika ketiga VPN ini tidak menarik untuk Anda, Anda dapat melihat cuplikan dari semua VPN yang telah kami ulas:

Lihat VPN yang telah diulas

Jurnalis seputar teknologi
Nathan adalah seorang jurnalis dengan pengalaman pelatihan internasional dan tertarik dengan upaya pencegahan cybercrime, khususnya jika melibatkan kelompok yang riskan menjadi korban. Di VPNoverview.com, Nathan melakukan riset perihal keamanan cyber, sensor internet, dan privasi online.
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar