VPN Terbaik untuk Cina: Melewati firewall Cina

Klik di sini untuk melihat rangkuman artikel ini
Ringkasan: VPN terbaik untuk Cina

Online di cina menjadi sebuah pengalaman berbeda dibandingkan online di belahan dunia lainnya. Pemerintahan Cina memblokir banyak situs yang membuat hampir mustahil bagi orang di dalam negaranya untuk akses situs tersebut.

Akan tetapi, beberapa VPN membuat anda untuk melewati firewall Cina ini. Berikut, adalah tiga VPN terbaik yang anda bisa gunakan di Cina agar anda dapat mengakses ke YouTube, Netflix, Facebook, Twitter, Discord dan masih banyak situs dan platform lainnya.

  1. ExpressVPN (memiliki server ‘siluman’ khusus)
  2. NordVPN (menggunakan server penggaburan)
  3. VyprVPN (menggembangkan teknologi bunglon)

Apakah anda ingin mengetahui lebih tentang Cina, pembatasan online dan banyak cara VPN dapat membantu anda? Baca artikel lengkap dibawah untuk mengetahui lebih.

Cina adalah sebuah negara dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat akhir ini. Dengan sangat cepat, Cina menjadi salah satu negara adidaya. Sayangnya, Cina juga adalah negara dimana internet gratis tidak tersedia sebagaimana seperti di Barat. Siapapun yang bepergian ke Cina akan sadar bahwa situs seperti Gmail, Facebook dan YouTube tidak tersedia disana. Sangat disayangkan karena akan membuat takut turis Barat, bisnis dan ekspatriat. Terlebih lagi, warganya tidak memiliki akses terhadap informasi diluar sana.

Beruntung, ada cara untuk melewati firewall Cina. Solusinya simpel: menggunakan VPN. VPN adalah sebuah perangkat lunak yang menjaga koneksi internet dan menghubungkan anda dengan internet melalui server dari negara lain. Pada akhirnya, menjadi firewall Cina tidak “mendeteksi” bahwa anda mencoba mengakses salah satu situs yang diblokir di Cina. Lanjut membaca untuk mengetahui bagaimana ini bekerja dan VPN apa saja yang terbaik digunakan di Cina.

Tiga VPN terbaik untuk Cina

Ada VPN yang memiliki fitur spesial yang dapat membuat anda untuk melewati firewall Cina tanpa terdeteksi. Anda dapat memasang VPN ini pada smartphone atau tablet anda maka anda dapat menggunakannya bebas di Cina. Berikut, anda akan melihat ringkasan atas pemberi layanan VPN untuk Cina. Mau tau lebih? Coba cek alat perbandingan VPN kita.

ExpressVPN untuk Cina

ExpressVPN bukanlah servis VPN yang paling murah akan tetapi salah satu yang terbaik untuk di Cina. Mereka menggunakan server siluman di Hong Kong yang didesain khusus untuk melewati firewall. ExpressVPN juga memiliki banyak server dekat Cina – sebagai contoh Jepang, Malaysia dan Thailand – untuk koneksi internet cepat, bebas sensor.

ExpressVPN menggunakan sakelar pembunuh untuk keleluasaan pribadi pelanggannya. Ini menghentikan semua aplikasi internet seketika VPN terputus. Ini artinya tidak ada informasi yang terekspos melalui koneksi tidak aman.

Servis VPN juga memberikan perlindungan kebocoran DNS, perlindungan kebocoran WebRTC dan enkripsi OpenVPN dengan kerahasiaan ke depan yang sempurna untuk enkripsi informasi anda dan menjadi kerahasiaan anda. Ini mungkin terdengar sedikit teknis akan tetapi intinya adalah anda dapat tetap aman dan anonim bahkan pada saat di Cina.

ExpressVPN
Penawaran:
Dapatkan diskon langganan tahunan + garansi 30 hari uang kembali!
Dari
$6.67
8.9
  • VPN yang mudah digunakan
  • Cocok untuk browsing, pengunduhan, dan streaming secara anonim (contohnya Netflix)
  • 3000+ server di 94 negara
Kunjungi ExpressVPN

NordVPN untuk Cina

NordVPN menggunakan metode lain untuk melewati firewall yang dinamakan ‘Obfsproxy VPN technology’. Ini adalah teknologi sama yang kokoh pada Tor untuk melewati rintangan. Dengan servis ini, anda tidak perlu khawatir tentang kerahasiaan anda.

NordVPN juga menggunakan sakelar pembunuh dan memberikan perlindungan kebocoran DNS. NordVPN memiliki enkripsi OpenVPN dengan kerahasiaan ke depan yang sempurna. Meski demikian, anda harus terhubung melalui server NordVPN spesial karena anda harus menggunakan Obfsproxy.

Salah satu keuntungan dari NordVPN adalah memberikan penggunanya di Cina yaitu alamat IP tersendiri. Ini adalah alamat IP unik yang hanya digunakan oleh satu orang pada satu waktu. Sebaliknya, alamat IP pada VPN normal dibagi dengan banyak pengguna pada satu waktu. Ini artinya pengguna VPN dengan alamat IP tersendiri lebih sulit untuk dideteksi dan lebih susah untuk diblokir oleh blokiran VPN dari pemerintah Cina.

NordVPN
Pilihan kami
Pilihan kami
Penawaran:
Hanya $3,29 per bulan untuk program langganan 2 tahun dengan garansi 30 hari uang kembali
Dari
$3.29
9.3
  • Perlindungan luar biasa dan jaringan server yang besar
  • Aplikasi yang bagus dan menyenangkan
  • Tidak ada log
Kunjungi NordVPN

VyprVPN untuk Cina

VyprVPN menggunakan seleksi port dan teknologi siluman yang dinamakan ‘Chameleon’. Teknologi ini didesain khusus untuk melewati firewall. Ini membuat enkripsi lalu lintas VPN terlihat seperti lalu lintas internet umumnya.

Yang paling menonjol dari servis VPN ini adalah memiliki kontrol penuh pada infrastruktur sepenuhnya. Tidak ada tangan ketiga yang menambah kecepat dan kerahasiaan. Kekurangannya adalah disimpannya koneksi log (ketika anda terhubung ke VPN) dan P2P (melakukan Torrent) dilarang.

Kunjungi VyprVPN

Firewall besar Cina: Mengapa Cina memblokir banyak situs?

China with Lock

Firewall besar Cina, atau juga dikenal ‘Golden Shield’ adalah sistem sensor internet terbesar di dunia. Tidak semua bagian dari internet yang anda mudah akses di Amerika dan di belahan dunia dapat anda akses di Cina. Google, Facebook, Twitter, YouTube dan banyak situs lain diblokir. Tapi kenapa?

Pemerintah Cina memiliki beberapa alasan untuk memblokir situs tersebut. Terkadang adanya alasan “menjaga” warganya atau menjaga perusahaan Cina terhadap kompetisi asing. Ditambah, sensor juga digunakan untuk membagikan atau memblokir ideologi tertentu di Cina.

Dengan memblokir situs tertentu, pemerintah Cina mencoba untuk menjaga warganya dari konten yang dianggap berbahaya atau tidak senonoh. Terlebih lagi, ini artinya perusahaan Cina juga terjaga dari kompetisi dari luar negeri. Sebagai contoh, warga hanya dapat mengakses Facebook versi Cina (WeChat), mereka diharuskan menggunakannya dibandingkan ada kompetisi dari luar Cina. Ini membuat lebih mudah bagi pemerintah untuk melihat data dari perusahaan Cina dan warganya.

Bagaimana cara kerja aparat sensor Cina?

Firewall besar Cina terdiri dari berbagai macam teknologi. Ini termasuk memblokir alamat IP situs dan juga memfilter Domain Name System (DNS), URL dan paket. Cina juga secara aktif memblokir VPN. Akan tetapi, layanan VPN tertentu yang tiga disebut diatas, menemukan cara untuk melewati ini.

Cina adalah negara yang besar, maka tidak mungkin pemerintahnya dapat menjaga segala aktifitas internet warganya secaranya detail. Hasilnya, firewallnya bisa sangat inkonsisten: situs yang diblokir di satu provinsi mungkin bisa akses di provinsi lain.

Ini artinya firewall yang besar itu tidak aman secara keseluruhan. Ini menjadi sebuah permainan kejar-kejaran antara situs yang diblokir dan otoritas Cina. Pertama, seseorang menemukan lubang pada firewall, kemudian Cina menutup lubangnya dan berulang siklusnya. Meskipun demikian, menjadi semakin sulit untuk warga Cina mendapatkan akses internet gratis.

Situs apa saja yang diblokir di Cina?

Menjadi ribet baik untuk warga Cina dan pengunjung asing tidak memiliki akses gratis dan versi komplit dari internet.

Tabel dibawah menunjukkan ringkasan atas situs terkenal yang diblokir di Cina. Kita tidak menyebut semua situs yang diblokir (daftarnya akan terlalu panjang), tapi kita memberikan anda beberapa yang terkenal dan dikenal sebagai situs yang diblokir.

Situs Yang DiblokirDiblokir Sejak
Chinese Wikipedia (sebagian)Mei 2015
DiscordJuli 2018
DropboxJuni 2014
DuckDuckGoSeptember 2014
FacebookJuli 2009
FlickrJuli 2014
Google (Maps, Docs, Gmail etc.)Mei 2014
HBOJuni 2018
InstagramSeptember 2014
Microsoft OneDriveJuli 2014
NetflixTidak diketahui
PinterestMaret 2017
PornhubMei 2012
RedditAugustus 2018
SlideShareTidak diketahui
The Pirate BayFebruari 2012
TinderTidak diketahui
Torproject2008
Twitch.tvSeptember 2018
TwitterJuni 2009
VimeoOktober 2009
WhatsAppSeptember 2017
YouTubeMaret 2009

Gmail, Facebook dan YouTube di Cina

VPN adalah solusi simpel dan cukup terkenal untuk menanggulangi sensor internet Cina. Dengan VPN, anda bisa dengan mudah melewati rintangan karena menghubungkan anda dengan internet melalui server yang berlokasi di luar Cina. Lalu lintas internet dapat dialihkan melalui Jerman, sebagai contohnya.

Firewall Cina hanya dapat melihat bahwa anda terhubung dengan server Jerman, dan tidak melihat bahwa anda terhubung dengan Google. Server ini diizinkan, maka terciptalah koneksinya. Cina tidak tahu bahwa anda sebenarnya menggunakan Google melalui server luar. Sulit untuk mengerti bagaimana tepatnya VPN bekerja akan tetapi biasanya begini cara kerjanya:

Akses YouTube dari Cina tanpa VPN

Cina Bahasa Tidak Ada Akses

Tanpa VPN, firewall Cina melihat bahwa anda mencoba untuk mengakses sebuah situs yang sudah diblokir. Anda akan mendapatkan pesan menyatakan bahwa situs yang anda coba kunjungi tidak dapat diakses.

Akses YouTube dari Cina dengan VPN

VPN Cina Bahasa Akses

Dengan VPN, data anda akan terenkripsi dan firewall Cina hanya akan melihat bahwa anda ingin terhubung dengan sebuah server di negara lain. Firewall Cina tidak mengenali ini sebagai situs yang diblokir dan akan membolehkan koneksinya. Situs yang anda kunjungi maka akan dapat diakses.

Karena Cina memblokir VPN, anda mungkin berpikir apakah VPN ilegal di Cina. Ini menjadi area abu-abu. Untuk saat ini, tidak ada kasus yang dilaporkan perihal seseorang menggunakan VPN, tapi Cina mencoba untuk membuat sulit bagi seseorang menggunakan VPN. Situs VPN diblokir dan perangkat lunak VPN untuk Android dan iOS tidak tersedia pada App Stores. Pada tahun 2015, koneksi telepon para pengguna VPN di Xinjiang diputus. Koneksi ini tidak dikembalikan sampai perangkat lunak VPN dihapus. Akan tetapi, ini hanyalah satu kali saja.

Sebagai orang asing, anda akan menemui sedikit masalah jika anda menggunakan VPN di Cina. Meskipun VPN tidak diakui oleh negara saat ini di Cina, tidak ada hal yang dilakukan perihal ini. Secara singkat: Tidak ada yang perlu dikhawatirkan untuk saat ini, akan tetapi adalah ide bagus untuk tetap mengetahui perkembangan berita penggunaan VPN di Cina.

Memasang VPN untuk Cina

Anda sebenarnya tidak memerlukan pengetahuan teknis untuk memasang VPN. Anda dapat memasang VPN cuma dengan mengunduh sebuah file dan menjalankannya. Ini bekerja sama dengan memasang Spotify, sebagai contohnya. Memasang VPN di desktop dengan panduan rinci ini:

Pasang VPN Desktop Grafik

  1. Pergi ke situs dari layanan VPN pilihan anda, pilih langganannya dan ciptakan akun.
  2. Unduh file penginstal VPN dari sistem operasi atau daftar pada situs dan unduh file instalasi dari halaman akun.
  3. Jalankan panduan instalasi dari file terunduh.
  4. Buka aplikasi VPN dan daftar dengan informasi akun.
  5. Apabila dibutuhkan, sesuaikan pengaturan dan pilih server. Ingat bahwa layanan VPN memiliki berbagai cara untuk memastikan keberhasilan koneksi di Cina. Anda mungkin perlu tahapan detail yang harus dilakukan.
  6. Nyalakan VPN. Terkadang ada tombol jelas atau tekan nyala pada perangkat lunak VPN. Ketika VPN sudah terhubung, anda dapat menikmati internet bebas sensor di Cina.

Pada Android atau iOS, ini bekerja cukup mirip akan tetapi anda bisa dengan mengunduh perangkat lunak dari App Store atau Google Play. Ini cukup berguna bahwa anda tidak perlu memiliki akun yang berbeda pada tiap perangkat. Anda bisa instal VPN anda pada beberapa perangkat anda dan anda hanya memerlukan satu akun dan langganan untuk daftar.

Butuh diingat: Beberapa situs layanan VPN diblokir di Cina. Ini artinya anda tidak dapat mengunduh dan instal VPN ketika sudah berada di Cina. Maka dari itu, selalu pastikan untuk instal VPN sebelum anda berangkat ke Cina. Ada kemungkinan kesulitan untuk mengakhiri langganan VPN dari Cina.

Alternatif warga Cina untuk situs Barat

Mungkin anda tidak ingin menggunakan VPN atau anda penasaran tentang alternatif warga Cina terhadap situs Barat. Cina memiliki rekanan sendiri untuk hampir semua situs barat yang terkenal. Mereka memiliki mesin pencari sendiri, situs video dan sosial media. Cukup menarik untuk mengetahuinya. Mungkin anda dapat terhubung lebih baik dengan penduduk lokal dengan menggunakan situs tersebut.

WeChat sangat terkenal di Cina. Mereka digunakan hampir untuk segalanya dan anda akan sangat ketinggalan apabila anda tinggal di Cina dan tidak menggunakannya. Bagaimanapun juga, tabel menunjukkan beberapa situs Barat terkenal dan layanan bersama mitra Cina mereka. Tidak selalu perihal larangan. Terkadang ada alasan lain mengapa situs bekerja baik-baik saja di Barat tapi tidak di Cina (seperti kompetisi, aturan dan lainnya)

SITUS ATAU LAYANAN UMUMAlternatif Cina
FacebookWeChat*, QQ
GoogleBing, Google.cn (tidak selalu bekerja), Baidu
Google MapsGoogle.cn, Baidu Maps, Open Street Map, Mapquest
News sites Quartz, Asia Times, China Daily, The Diplomat, South China Morning Post
Online shopping websitesTaobao, Tmall
PinterestWoxihuan
Resteraunt review sites Dianping
TinderTantan
TwitterWeibo
UberDiDi, Mobike (untuk sepeda)
YouTubeYouko Tudou, Bilibili

*Membandingkan WeChat (Weixin) dengan Facebook tentu tidak begitu adil. WeChat jauh lebih besar dan digunakan untuk banyak keperluan. Ini menjadi platform super besar yang terdiri dari Instagram, Facebook, WhatsApp, Uber, Apple Pay dan lainnya. Anda bisa bertanya, panggil taksi, bayar di restoran, dan lainnya. Warga Cina menggunakannya untuk hampir apa saja dan maka dari itu, sangat direkomendasi untuk anda melihatnya dan menggunakannya apabila anda akan tinggal di Cina dalam jangka waktu lama.

Ada beberapa situs dan layanan Cina yang kita tidak memiliki alternatif lainnya. Satu contoh adalah Douban. Douban adalah kombinasi dari IMDb, Spotify, SoundCloud dan Myspace. Ini menjadi titik temu bagi para pecinta seni mulai dari film dan musik.

Kesimpulan

Menggunakan internet di Cina mungkin menjadi pengalaman yang berbeda dengan online di negara lain. Dikarenakan sensor dari pemerintahan, banyak situs dan aplikasi terkenal seperti Facebook dan Google diblokir. Akan tetapi, dengan VPN yang tepat, maka anda bisa mendapatkan akses kepada situs yang diblokir. Kita merekomendasikan ExpressVPN, NordVPN dan VyprVPN, karena layanan VPN tersebut bagus dalam menjamin pengalaman internet gratis bahkan di Cina.

Cina memiliki banyak alternatif lokal untuk situs yang diblokir, yang patut untuk dicoba. WeChat (jaringan sosial paling terkenal di Cina) sangatlah populer sebagai contoh. Apakah anda akan berpergian ke Cina untuk jangka waktu yang cukup lama? Kalau begitu, pastikan untuk instal VPN yang bagus dan dapat diandalkan pada perangkat anda, tapi cobalah untuk bersenang-senang dengan mencoba alternatif lokal lainnya pada situs yang diblokir.

VPN terbaik untuk Cina: melewati firewall Cina - Pertanyaan yang sering ditanyakan

Apakah anda memiliki pertanyaan untuk melewati firewall Cina dengan menggunakan VPN yang tepat? Lihatlah Pertanyaan yang sering ditanyakan dibawah!

Untungnya, ada cara mudah untuk menyelesaikan ini: menggunakan VPN. Dengan VPN, anda bisa memandu penggunaan lalu lintas data anda keluar dari cina dengan menggunakan server dari luar negeri (seperti dari Amerika sebagai contoh) sebelum terhubung dengan halaman yang anda ingin kunjungi. Firewall Cina ini tidak dapat mendeteksi seorang pengguna yang berlokasi di Cina yang ingin mengunjungi situs yang diblokir, artinya anda dapat mengakses seperti normal bagai seperti di negara lain.

Pemerintah Cina memblokir sejumlah besar situs dan aplikasi termasuk Gmail, Facebook, Whatsapp, Google dan versi Cina Wikipedia. Daftar lengkap tentang apa saja situs dan aplikasi yang diblokir bisa anda lihat disini.

Ada beberapa alasan untuk ini, tapi ada tiga kemungkinan terbesar untuk hal ini: Pertama, pemerintah Cina ingin “menjaga” warganya dari ide dan pesan yang mereka anggap berbahaya. Kedua, memblokir situs belanja asing adalah cara efisien untuk menjaga perusahan Cina dari persaingan asing. Terakhir, memonitor situs dan aplikasi Cina akan lebih mudah dibandingkan memonitor situs asing.

Apakah anda ingin mengetahui cara melewati firewall Cina dan mendapatkan akses kepada layanan yang diblokir seperti Gmail dan Facebook? Coba lihat artikel ini.

VPN yang terbaik untuk digunakan di Cina adalah ExpressVPN. Pemberi layanan ini memberikan server yang cepat, stabil dan teknologi spesial untuk melewati firewall besar Cina tanpa terdeteksi. Dengan cara ini, anda bisa mendapatkan internet gratis tanpa sensor. Pelajari lebih tentang ExpressVPN dengan membaca ulasan lengkap kita.

Analis keamanan cyber
David adalah seorang analis keamanan cyber dan salah satu pendiri VPNoverview.com. Tertarik dengan fenomena “identitas digital”, dan khususnya peduli dengan hak atas privasi serta perlindungan data pribadi
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar