Memasang VPN di iPhone atau iPad Anda (iOS)

Three hands holding up different iPhones and iPads
Klik di sini untuk melihat rangkuman singkat dari artikel ini
Apakah Anda ingin memasang VPN di iPhone/iOS secara cepat dan murah?

Ingin dengan cepat memasang VPN di iPhone/iPad Anda? Baca panduan ringkas tahap per tahap kami di bawah ini. Jika Anda belum memilih VPN, kami menyarankan ExpressVPN. Menurut kami, VPN ini yang terbaik untuk iPhone/iOS.

  1. Kunjungi situs ExpressVPN dan beli program langganan jasa VPN mereka.
  2. Unduh aplikasi ExpressVPN dari situs mereka atau App Store.
  3. Log in dengan akun Anda.
  4. Pilih server VPN yang diinginkan.
  5. Nyalakan VPN untuk mengamankan koneksi Anda!

Ingin melihat cara lain untuk memasang VPN di iPhone/iOS? Baca artikel di bawah ini.

Jaman sekarang, kita semakin sering menggunakan smartphone. Seperti halnya komputer desktop atau laptop, semakin penting bagi smartphone Anda untuk bisa browsing internet secara aman dan anonim. VPN dapat menyediakan Anda tingkat keamanan dan anonimitas yang lebih tinggi. Saat menggunakan VPN, data yang Anda kirim dan terima terenkripsi dan dirute ulang melalui sebuah server eksternal. Hal ini sangat meningkatkan tingkat keamanan data serta anonimitas Anda.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan, tahap per tahap, cara memasang koneksi VPN untuk iPhone atau iPad Anda.

Memasang VPN untuk iPhone dan iPad

Memasang VPN untuk iPhone serupa dengan cara memasang VPN untuk iPad. Namun, ada beberapa perbedaan kecil. Maka dari itu, kami memutuskan untuk memisah panduan tahap per tahap ini. Pertama, Anda akan menemukan instruksi untuk memasang VPN di iPhone Anda lalu setelahnya panduan untuk iPad Anda. Tentunya Anda akan dapat memasang VPN di perangkat Anda dengan bantuan panduan ini.

VPN Turned on Screenshot

Memasang VPN menggunakan aplikasi untuk iPhone

Mayoritas dari VPN saat ini memiliki aplikasi yang dirancang untuk iOS dan mudah untuk dipasang. Proses pemasangan VPN seharusnya tidak berbeda dari aplikasi lainnya di App Store. Di bawah ini, terdapat panduan tahap per tahap terkait cara membeli program langganan VPN dan memasang aplikasinya di iPhone Anda:

  1. Buat akun di situs penyedia VPN yang telah Anda pilih.
  2. Unduh aplikasi VPN dari situs penyedia VPN pilihan Anda atau buka App Store dan pilih aplikasi VPN dari penyedia VPN pilihan untuk diunduh dan dipasang.
  3. Log in dengan akun yang sudah Anda buat.
  4. Aplikasi VPN telah dipasang dan Anda sudah log in. Sekarang Anda berada di halaman beranda aplikasi. Di sini, Anda dapat memilih berbagai opsi dan menyesuaikan pengaturan, tergantung dari penyedia VPN yang dipilih.
  5. Jika perlu, sesuaikan server dengan lokasi yang Anda inginkan lalu nyalakan VPN. Biasanya, hal ini dilakukan dengan menekan tombol yang tersedia. Anda akan melihat sebuah icon yang jelas diletakkan di layar iPhone Anda, menandakan bahwa VPN sudah aktif.

Pasang VPN Smartphone Grafik

Memasang VPN menggunakan aplikasi untuk iPad

Semua VPN untuk iPad yang kami sarankan memiliki aplikasi yang mudah untuk dipasang. Anda dapat dengan mudah mengunduhnya dari App Store dan menggunakannya seperti layaknya aplikasi lain. Untuk menggunakan aplikasi VPN, Anda akan membutuhkan sebuah akun dengan penyedia VPN yang sudah Anda pilih. Proses lengkapnya seperti ini:

  1. Buah akun dengan penyedia VPN pilihan Anda melalui situs mereka.
  2. Siapkan iPad Anda, buka App Store dan cari aplikasi penyedia VPN pilihan Anda (atau gunakan tautan yang tersedia di situs VPN pilihan).
  3. Unduh dan pasang aplikasi tersebut.
  4. Buka aplikasi.
  5. Sering kali Anda perlu log in ke aplikasi untuk menggunakan jasa VPN. Gunakan akun yang sudah Anda buat sebelumnya.
  6. Aplikasi VPN sekarang sudah aktif, namun untuk mengamankan koneksi maka Anda terlebih dahulu harus mengaktifkan VPN-nya. Mayoritas aplikasi VPN memiliki tombol khusus untuk melakukan hal ini.
  7. Saat VPN sudah dinyalakan, Anda akan melihat sebuah icon di atas layar iPad. Anda dapat menggunakan aplikasi VPN untuk terhubung ke server di lokasi yang berbeda. Pastikan bahwa Anda telah mengaktifkan VPN kembali (jika proses ini tidak terjadi secara otomatis dalam penggunaan selanjutnya).

Memasang VPN di iPhone tanpa menggunakan aplikasi

Installing VPN on iPhone Without AppAnda juga dapat memilih cara lain yaitu dengan mengubah pengaturan jaringan Anda untuk memasang VPN di iPhone Anda. Cara kerjanya sebagai berikut:

  1. Di iPhone Anda, buka ‘Pengaturan’.
  2. Pilih ‘Umum’.
  3. Gulir ke bawah sampai pada pilihan ‘VPN’.
  4. Tekan ‘Tambahkan konfigurasi VPN…’
  5. Masukan rincian penyedia VPN pilihan Anda di sini. Rincian ini sering kali tersedia di situs penyedia VPN (umumnya di halaman akun Anda saat log in di situs).
  6. Tekan ‘Selesai’ dan pengaturan Anda akan tersimpan.
  7. Aktifkan VPN dengan menekan tombol di samping profil VPN yang sudah Anda buat. VPN sekarang sudah dinyalakan (ditandai dengan adanya icon ‘VPN’ di bagian atas layar iPhone).

Memasang VPN di iPad tanpa menggunakan aplikasi

Jika Anda tidak ingin mengunduh aplikasi VPN, Anda juga dapat mengubah pengaturan jaringan Anda untuk memasang VPN di iPad. Anda dapat melakukannya seperti ini:

  1. Buka ‘Pengaturan’ di iPad Anda
  2. Pilih ‘Umum’
  3. Gulir ke bawah sampai pada pilihan ‘VPN’
  4. Tekan ‘Tambahkan konfigurasi VPN…’
  5. Anda akan diarahkan ke sebuah layar di mana Anda harus mengisi data tertentu terait penyedia VPN pilihan Anda. Informasi ini dapat ditemukan di situs VPN pilihan.
  6. Tekan ‘Selesai’.
  7. Nyalakan VPN dengan menekan tombol untuk profil VPN pilihan. Anda akan melihat icon VPN di bagian atas layar iPad Anda.

VPN Icon Screenshot

Memasang VPN via router atau router virtual untuk iPhone atau iPad

RouterJika Anda menggunakan VPN untuk lebih dari satu perangkat, maka ada gunanya untuk memasang VPN di router Anda dibanding di setiap perangkat yang Anda miliki. Hal ini dapat dilakukan dengan menyesuaikan firmware dari router Anda. Namun, Anda sebaiknya terlebih dahulu memeriksa jika router Anda cocok. Menyesuaikan firmware dari router Anda memiliki beberapa resiko, maka penting untuk tetap mengikuti sebuah panduan tahap per tahap dalam melakukannya.

Anda juga dapat memasang VPN di perangkat Anda dengan cara memasangnya di PC atau Mac Anda dan menggunakannya sebagai hotspot WiFi. Setiap perangkat yang terhubung ke hotspot tersebut akan dilindungi oleh VPN.

VPN apa yang terbaik untuk iOS?

3 VPN terbaik untuk iPhone, iPad dan iOS dijelaskan dalam artikel lain. Kami saat ini menganggap ExpressVPN sebagai VPN terbaik untuk iOS. ExpressVPN cepat, menyediakan keamanan yang luar biasa, dan memiliki interface yang mudah untuk digunakan sehingga menurut kami cocok untuk iOS. Jika Anda tertarik dengan ExpressVPN, Anda dapat melihat beberapa fitur utamanya di sini:

ExpressVPN
Penawaran:
Dapatkan diskon langganan tahunan + garansi 30 hari uang kembali!
Dari
$6.67
8.9
  • VPN yang mudah digunakan
  • Cocok untuk browsing, pengunduhan, dan streaming secara anonim (contohnya Netflix)
  • 3000+ server di 94 negara
Kunjungi ExpressVPN

Mengapa sebaiknya menggunakan VPN di iPhone atau iPad?

Semua orang memiliki alasan yang berbeda-beda untuk menggunakan VPN. Beberapa alasan utama yang sering ditemukan adalah:

Memasang VPN di iOS: Setting up a VPN on iOS: Tanya Jawab

Jika Anda ingin jawaban cepat atas pertanyaan Anda terkait pemasangan VPN di iPhone dan iPad, periksa jika pertanyaan Anda dan jawabannya ada di bawah ini. Jika tidak, mohon tinggalkan komentar dan kami akan membantu Anda secepat mungkin.

Ada dua cara untuk memasang VPN di iPhone atau iPad Anda. Mohon untuk diingat bahwa Anda terlebih dahulu membutuhkan sebuah akun dengan penyedia VPN yang dipilih.

  • Dengan mengunduh aplikasi VPN dari App Store atau dengan mengunduh aplikasi dari situs penyedia VPN;
  • Setelah membuat akun VPN, tambahkan VPN ke iPhone/iPad Anda dengan menggunakan fitur pengaturan.

Jika Anda telah memasang VPN via aplikasi VPN, Anda tinggal membukanya, log in dan menekan tombol yang mengaktifkan VPN. Jika Anda memasang VPN via fitur pengaturan iPhone atau iPad, maka Anda dapat mengaktifkannya dengan menekan tombol di samping tulisan ‘VPN’ dalam menu pengaturan.

Ada banyak penyedia VPN bagus untuk iOS. Semuanya akan melindungi koneksi internet dan memberikan Anda kemungkinan yang lebih banyak saat online. Saat ini, VPN terbaik untuk iOS adalah:

  1. ExpressVPN
  2. CyberGhost
  3. Surfshark
Analis keamanan cyber
David adalah seorang analis keamanan cyber dan salah satu pendiri VPNoverview.com. Tertarik dengan fenomena “identitas digital”, dan khususnya peduli dengan hak atas privasi serta perlindungan data pribadi
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar