Memasang VPN di MacOS

VPN shield and settings icon next to a mac showing MacOS (Big Sur)
Klik di sini untuk melihat rangkuman artikel
Memasang VPN di MacOS: panduan singkat

Penggunaan VPN di MacOS selalu merupakan ide yang bagus. Terkadang Anda tidak bisa menggunakan perangkat lunak yang telah disediakan penyedia VPN, sehingga Anda perlu memasang koneksinya sendiri. Dalam situasi seperti itu, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Pastikan bahwa Anda memiliki informasi login yang tepat. Masih mencari penyedia VPN? Kami menyarankan ExpressVPN:

2. Buka Preferensi Sisten dan pilih ‘Network’/‘Jaringan’.

3. Tambahkan koneksi VPN dengan menekan ‘+’ di sudut kiri bawah. Isi informasi login yang tepat dan pilih ‘Apply’.

4. Pilih koneksi VPN dari daftar yang ada dan klik ‘Connect’/ ‘Hubungkan’.

Ingin tahu cara memasang VPN di Mac dengan perangkat lunak VPN atau tahu tentang lebih banyak informasi? Cari tahu selengkapnya dengan membaca artikel di bawah ini.

Jika Anda benar-benar ingin tetap aman saat online dan memastikan bahwa pelaku kriminal cyber tidak dapat mengakses data pribadi Anda, maka VPN adalah jawabannya. Koneksi aman ini akan membantu Anda untuk tetap aman selama browsing. Banyak pengguna Mac yang lebih memilih untuk memasang VPN mereka sendiri di MacOS tanpa memasang perangkat lunak lagi. Untungnya, hal ini juga mudah untuk dilakukan. Untuk memasang VPN secara manual, kami telah membuat panduan tahap per tahap yang dapat Anda ikuti.

Catatan: Sebelum memasang VPN di MacOS, Anda akan membutuhkan program langganan VPN dan informasi login yang sesuai. Jika Anda belum memilih VPN, cek daftar VPN terbaik untuk MacOS atau gulir ke bawah untuk melihat VPN yang menurut kami terbaik untuk MacOS.

Cara memasang VPN di MacOS

Jika Anda ingin memasang VPN di Mac, Anda perlu masuk ke dalam perangkat Anda sebagai administrator, sehingga memiliki hak untuk mengubah pengaturan jaringan dan keamanan. Jika Anda tidak memiliki hak tersebut, hubungi administrator utama komputer Anda.

Opsional: Tergantung dari VPN, Anda mungkin perlu mengunduh sertifikat keamanan untuk keychain login Anda. Hal ini merupakan ‘tempat penyimpanan aman’, di mana Anda bisa menyimpan informasi login dan data rahasia lainnya. Informasi terkait sertifikat dapat ditemukan di situs resmi penyedia VPN Anda.

Jika penyedia menggunakan sertifikat, tekan kanan pada sertifikat di keychain Anda dan klik ‘Get Info’. Pastikan bahwa pengaturan sertifikat Anda terlihat seperti ini:

VPN setup MacOS certificate settings

Tahap 1: Buka pengaturan VPN Anda

Sekarang Anda sudah siap untuk memasang VPN di MacOS. Pertama, Anda perlu membuka Preferensi Sistem. Anda bisa menemukan bagian ini di dalam menu yang terbuka saat Anda menekan logo Apple di sudut kiri bawah layar. Klik ‘System Preferences’, lalu ke icon ‘Network’, seperti yang terlihat di bawah ini:

MacOS system preferences

Tahap 2: Tambahkan koneksi VPN

Saat menu ‘Network’ terbuka, klik icon kecil ‘+’ yang berada di bawah daftar koneksi jaringan.

Network settings MacOS + icon

Hal tersebut akan membuka pop-up box di mana Anda bisa memasukkan informasi VPN Anda:

VPN type popup box

  1. Pilih VPN dari menu ‘Interface’.
  2. Pilih tipe protokol VPN yang Anda inginkan di kotak kedua. Pilihan yang ditawarkan tergantung dari pengaturan firewall dan router Anda. Umumnya, protokol IKEv2 paling aman untuk digunakan saat memasang VPN via pengaturan Mac.
  3. Pilih nama untuk koneksi VPN Anda dan masukan infonya ke kotak ‘Service Name’. Anda bisa memilih nama apapun yang diinginkan, seperti nama penyedia VPN atau tipe koneksinya. Selama namanya bisa Anda kenali, tidak ada masalah.

Klik di tombol ‘Create’, dan Anda sudah siap untuk masuk ke langkah berikutnya.

Tahap 3: Memasang VPN di MacOS

Sekarang Anda sudah menambahkan koneksi VPN, yang diperlukan adalah untuk masuk ke dalam jasa VPN tersebut. Setelah menekan ‘Create’, Anda akan diarahkan ke menu lain. Akan ada beberapa informasi yang diminta, seperti: Alamat Server, Remote ID, dan Local ID.

VPN setup server address remote ID

Isi kotak-kotak menggunakan tahapan di bawah ini:

  1. Alamat server Anda sering kali dapat ditemukan di rincian akun penyedia VPN Anda. Alamat ini merupakan server VPN yang ingin Anda gunakan. Jika tidak bisa menemukannya, hubungi layanan pelanggan jasa VPN pilihan Anda.
  2. Gunakan nama penyedia VPN Anda sebagai ID eksternal, atau masukan alamat server saja. Tergantung dari penyedia VPN, salah satu dari pilihan tersebut dapat dilakukan.
  3. Pengisian local ID opsional, maka Anda bisa membiarkannya kosong jika mau.
  4. Klik tombol “Authentication Settings…”.

Tahap 4: Buktikan akun dan hubungkan

Setelah memasukan informasi tentang koneksi Anda, informasi login juga perlu dimasukan untuk mengakses jasa VPN. Dengan menekan “Authentication Settings”, Anda akan diarahkan ke layar berikut ini:

Setting up VPN account details

Pilih “Username” dari menu-nya, lalu isi informasi login yang sudah Anda dapatkan saat membuat akun VPN.

Setelah mengisi username dan kata sandi, Anda dapat memilih pilihan ‘Show VPN status in menu bar’ di bagian bawah layar. Hal ini akan membuat icon status VPN muncul di bagian atas layar Anda, sehingga akan lebih mudah bagi Anda saat sedang mengubah pengaturan. Ini sangat berguna jika Anda ingin terhubung ke jaringan VPN dengan cepat atau sewaktu-waktu mengganti jasa VPN.

Terakhir, buat koneksi VPN, klik ‘Connect’. Anda sekarang sudah berhasil memasang VPN di MacOS!

Apa VPN terbaik untuk MacOS?

Jika Anda ingin menggunakan VPN di komputer Mac, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Tidak semua VPN sesuai untuk komputer Mac. Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan faktor-faktor seperti kesesuaian VPN dengan produk Apple, kecepatan, dan pilihan tambahan yang ditawarkan oleh VPN. ExpressVPN adalah pilih terbaik saat kami menguji VPN untuk Mac. Selain kecepatan koneksi yang tinggi, penyedia ini memiliki jaringan berisi lebih dari 3000 server di 94 negara.

ExpressVPN adalah jasa yang sangat ramah konsumen, artinya semua orang bisa menggunakannya. Anda tidak membutuhkan pengalaman teknis yang banyak untuk bisa menggunakan VPN ini. Lebih dari itu, layanan pelanggan ExpressVPN sangat membantu. Maka dari itu, ExpressVPN sering kali menjadi pilihan terbaik untuk penggunaan VPN secara umum.

ExpressVPN
Penawaran:
Dapatkan diskon langganan tahunan + garansi 30 hari uang kembali!
Dari
$6.67
8.9
  • VPN yang mudah digunakan
  • Cocok untuk browsing, pengunduhan, dan streaming secara anonim (contohnya Netflix)
  • 3000+ server di 94 negara
Kunjungi ExpressVPN

Ingin mengetahui lebih banyak tentang penyedia VPN lainnya? Pastikan untuk melihat daftar top 5 penyedia VPN terbaik pilihan kami saat ini!

Pemasangan VPN di MacOS menggunakan perangkat lunak VPN

Pemasangan VPN melalui pengaturan sistem operasi Anda tidak selalu menjadi cara yang terbaik. Jika Anda menggunakan penyedia VPN berbayar, seperti ExpressVPN, kami sangat menyarankan Anda untuk menggunakan perangkat lunak resmi mereka. Perangkat lunak ini mendukung lebih banyak protokol VPN dan menggunakan server DNS guna mencegah kebocoran DNS. Lebih dari itu, sering kali aplikasinya memiliki tombol mati daya, yang akan secara otomatis memutuskan koneksi saat terjadi kegagalan server VPN. Singkat kata, Anda secara umum akan lebih aman saat menggunakan perangkat lunak VPN dibanding pengaturan koneksi di MacOS.

Pemasangan perangkat lunak VPN di MacOS dapat dilakukan seperti ini:

Pasang VPN Desktop Grafik

  1. Langganan dengan penyedia VPN dan buatlah akun.
  2. Unduh perangkat lunak VPN dari situs resmi mereka.
  3. Pasang perangkat lunak dengan mengikuti panduan yang tersedia di aplikasi.
  4. Log in ke perangkat lunak dengan akun Anda. Hal ini sering kali hanya berupa proses pengisian username dan kata sandi yang sudah Anda buat di langkah 1.
  5. Opsional: pilih server VPN yang diinginkan. Tergantung dari aktivitas yang Anda ingin lakukan, Anda dapat memilih lokasi server yang sesuai. Inging menonton Netflix Amerika? Maka pilih server di Amerika. Jika berada di luar negeri dan ingin menonton tayangan lokal, pilih server di negara asal Anda. Terakhir, jika ingin browsing internet secara aman, pilih server yang paling dekat dengan Anda untuk mendapatkan koneksi teraman.
  6. Nyalakan VPN. Bagi mayoritas perangkat lunak VPN, hal ini dapat dilakukan dengan satu klik. Jika belum memilih lokasi server, perangkat lunak secara otomatis akan memilih server terdekat atau tercepat untuk Anda.

Mengapa sebaiknya menggunakan VPN di MacOS?

Ada banyak alasan mengapa orang-orang memutuskan untuk mulai menggunakan VPN. Berikut beberapa alasan yang paling umum:

  • Data Anda akan terenkripsi, memberikan perlindungan tambahan dari peretas dan penjahat cyber (begitu pun pihak lain yang ingin mengawasi Anda, seperti pemerintah dan bisnis);
  • Anda dapat menggunakan jaringan umum secara aman;
  • Lokasi dan alamat IP Anda akan tetap tersembunyi;
  • Anda dapat mengunduh torrent dan file lainnya secara anonim;
  • Lebih mudah dalam melampaui blokir geografis di media sosial dan jasa streaming (seperti Netflix);
  • Anda bisa melampaui sensor di negara-negara tertentu;
  • Batasan kecepatan yang ditetapkan oleh penyedia layanan internet tidak lagi berlaku untuk Anda;
  • Anda mungkin bisa mendapatkan akses ke jasa yang biasanya hanya dapat digunakan dalam jaringan perusahaan atau institusi. Hal ini khususnya berguna saat sedang bekerja dari rumah.

Singkat kata, pemasangan VPN di Mac adalah ide yang bagus. Anda mungkin menggunakan perangkat ini untuk hampir semua kegiatan Anda di internet setiap hari. Dengan VPN, privasi dan kebebasan Anda saat online akan langsung bertambah.

Kesan Akhir

Beberapa pengguna MacOS mungkin memilih untuk memasang VPN mereka secara manual. Artikel ini menjelaskan cara untuk melakukannya per tahap. Penggunaan metode ini umumnya tidak diperlukan, karena mayoritas VPN premium menawarkan perangkat lunak yang akan memasang koneksi untuk Anda secara otomatis. Maka kami menyarankan Anda untuk menggunakan perangkat lunak VPN yang sering kali lebih sederhana dan aman. VPN yang akan bekerja dengan sempurna bagaimana pun cara Anda memasangnya di Mac adalah ExpressVPN.

Memasang VPN di Mac - Tanya Jawab

Jika Anda membutuhkan jawaban akan pertanyaan Anda, kami mungkin bisa membantu Anda. Klik salah satu pertanyaan di bawah ini untuk melihat jawabannya.

Cara termudah untuk memasang VPN adalah dengan memasang perangkat lunak dari VPN. Selama VPN tersebut sesuai dengan MacOS, kami menyarankan cara ini. Bisa juga memasang VPN secara manual dengan mengubah preferensi sistem di Mac Anda. Pemasangan VPN di MacOS dengan cara ini dapat berguna saat Anda ingin mengubah pengaturan VPN-nya sendiri atau saat tidak puas dengan perangkat lunak yang disediakan oleh penyedia VPN Anda.

VPN memiliki sejumlah keuntungan. Koneksi aman ini akan melindungi data online Anda, lalu Anda juga dapat mengakses jaringan tertentu (termasuk jaringan perusahaan Anda saat bekerja dari rumah) dan privasi Anda dapat dipertahankan. Lebih dari itu, VPN juga meningkatkan kebebasan Anda saat berada di internet. Singkat kata, VPN di Mac akan memberikan Anda lebih banyak privasi, keamanan, dan pilihan di internet.

Saat memilih VPN untuk Mac, Anda perlu melihat apakah jasanya sesuai dengan produk Apple, apakah akan membuat koneksi Anda lamban, dan pilihan apa yang ditawarkan. Kami telah menguji banyak VPN dan menyimpulkan bahwa ExpressVPN saat ini adalah salah satu VPN terbaik untuk Mac.

Analis keamanan cyber
David adalah seorang analis keamanan cyber dan salah satu pendiri VPNoverview.com. Tertarik dengan fenomena “identitas digital”, dan khususnya peduli dengan hak atas privasi serta perlindungan data pribadi
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar