Pemasangan VPN di Roku: Panduan Tahap per Tahap

Two people watching Roku on their TV with a VPN icon next to it
Klik di sini untuk melihat rangkuman artikel ini
Cara Pasang VPN di Roku Tahap per Tahap

Pemasangan VPN di perangkat Roku Anda dapat memberikan banyak manfaat, termasuk peningkatan keamanan, anonimitas, dan kemampuan untuk membuka blokir yang dibatasi secara regional. Namun, Roku tidak mendukung VPN di perangkat lunaknya, jadi Anda perlu memasang VPN di router jika ingin mengubah alamat IP Anda saat menggunakan Roku. Berikut caranya:

  1. Pastikan router Anda cocok dengan DD-WRT. Ini merupakan firmware spesial yang memungkinkan Anda untuk pasang perangkat lunak baru.
  2. Tambah DD-WRT ke router Anda.
  3. Flash firmware baru di router Anda.
  4. Pasang VPN Anda di interface DD-WRT.
  5. Hubungkan server baru melalui interface VPN Anda.
  6. Daftar untuk membuat akun Roku saat terhubung dengan VPN.

Jika router tidak mendukung DD-WRT, Anda bisa selalu menjadikan Mac atau PC Anda sebagai router virtual. Sedang mencari VPN bagus untuk digunakan di Roku? Kami sarankan ExpressVPN untuk proses pemasangan termudah:

Baca artikel lengkap kami di bawah ini untuk melihat instruksi lengkap cara memasang VPN di Roku.

Roku LogoRoku adalah alat yang sempurna untuk memperluas kemungkinan streaming Anda dan harganya bisa semurah $30 untuk satu perangkat. Colok ke TV Anda, terhubung ke internet, dan Anda bisa streaming konten dari semua platform langganan Anda. Namun, jika ingin benar-benar memanfaatkan alat ini, Anda perlu VPN (Virtual Private Network).

Roku tidak akan memberi akses ke semua film dan acara TV yang ditawarkan oleh platform streaming. Beberapa konten akan terkunci akibat batasan geografis. Dengan VPN, Anda bisa mengubah IP Anda dan membuat platform streaming berpikir bahwa Anda sedang browsing dari negara lain, sehingga konten yang sebelumnya tidak dapat Anda akses bisa terbuka.

Namun, Anda tidak bisa memasang VPN langsung di Roku, sehingga Anda perlu:

  1. Tambahkan firmware baru di router Anda.
  2. Pasang VPN di firmware baru tersebut.
  3. Hubungkan Roku ke router.

Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan panduan lengkapnya. Namun ada hal penting yang perlu diingat: jangan daftar akun Roku sebelum Anda memasang VPN, karena Roku akan mengingat IP asli Anda.

1. Pasang DD-WRT di Router Anda

DD-WRT adalah firmware open source berbasis Linux yang memberi lebih banyak pilihan di router Anda. Dalam kasus kami, DD-WRT menawarkan banyak bantuan untuk memasang VPN di router. Berikut cara memasangnya:

  1. Pastikan router fisik Anda cocok dengan DD-WRT. Cek daftar router ini yang mendukung DD-WRT. Jika router Anda tidak terdaftar, gulir ke bawah di halaman artikel ini dan langsung ke bagian di mana kami menjelaskan cara untuk menjadikan PC atau Mac Anda sebagai router virtual.
  2. Jika Anda menemukan router di daftarnya, unduh file .bin yang cocok dengan hardware Anda.
  3. Baca instruksi yang sesuai dengan hardware untuk bisa flash firmware baru di router Anda.

Router

2. Pasang VPN di DD-WRT

Untuk memasang VPN di firmware baru, Anda perlu log in ke router dan menyalakan VPN yang sudah Anda beli. Prosesnya sederhana:

  1. Salin IP router Anda dan tempel di bar pencarian browser.
  2. Buka “Setup”, pilih “Basic Setup”, lalu “Network Address Server Settings”.
  3. Isi alamat server DNS milik VPN pilihan Anda. Anda bisa menemukannya di situs VPN-nya.
  4. Matikan IPv6.
  5. Buka “Services” dan pilih “VPN”. Lihat foto di bawah ini. Mohon diingat bahwa interface Anda mungkin terlihat sedikit berbeda dari kami, tergantung dari router Anda..
  6. Install OpenVPN on Router Screenshot
  7. Izinkan OpenVPN client dan klik “Start OpenVPN client”.
  8. Masukkan data dari penyedia VPN Anda, yang termasuk:
    • email Anda
    • kata sandi akun VPN Anda
    • alamat server yang ingin Anda gunakan
    • tipe protokol VPN pilihan Anda
  9. Tempel konten kunci sertifikat Anda di tempat yang sudah tersedia.
  10. Terapkan pengaturannya.

3. Terhubung ke Server Melalui Interface VPN Anda

Setelah memasang router untuk bekerja dengan VPN pilihan, Anda bisa menggunakan interface VPN tersebut untuk terhubung ke server apapun yang Anda inginkan. Kami menyarankan server AS atau Inggris untuk Roku, karena sebagian besar platform streaming punya hak lisensi untuk membagikan semua konten mereka di kawasan-kawasan tersebut.

Namun, pastikan Anda tidak mendaftar Roku sebelum Anda memasang VPN. Jika Anda membuat akun dengan IP dari Jerman, contohnya, Roku akan mengira bahwa Anda sedang di Jerman, meskipun IP Anda menunjukkan hal yang lain. Maka dari itu Anda sebaiknya baru mendaftar untuk akun Roku setelah Anda berhasil memasang VPN di router. Anda tetap bisa mengganti negara di VPN Anda, gunakan akun Roku yang baru untuk setiap negara yang ingin Anda gunakan saat mendaftar.

Pemasangan VPN untuk Roku di Router Virtual

Bagaimana jika router fisik Anda tidak cocok dengan firmware DD-WRT? Maka Anda bisa menjadikan komputer Anda sebagai router virtual dan tetap memastikan VPN bekerja di Roku. Berikut alternatif-alternatif yang Anda miliki.

Pasang VPN di Roku via router virtual di Windows

Virtual router

Jika, atas dasar alasan apapun, Anda tidak bisa memasang VPN di router fisik, Anda bisa membuat router virtual di PC Windows Anda. Dengan begitu, VPN bisa jauh lebih mudah untuk digunakan. Hal yang perlu Anda lakukan adalah menghubungkan perangkat Roku Anda ke PC dibanding ke router asli Anda.

Sebelum mulai, Anda perlu pastikan bahwa PC Anda mendukung transmisi Wi-Fi. Ikuti tahapan berikut untuk memeriksanya:

  1. Tekan kunci “Windows” dan “S” secara bersamaan. Ini akan membuka bar pencarian.
  2. Ketik “cmd” untuk mencari Command Prompt dan tekan.
  3. Di Command Prompt, ketik: “netsh wlan show drivers”. Tekan enter dan Anda akan melihat konfigurasi network drivers Anda.
  4. Pastikan bahwa setelah tulisan “Hosted network supported” ada tulisan “yes”. Tampilannya harus seperti ini.:

Virtual router possible

Jika bisa membuat jaringan di PC Anda, langkah berikutnya adalah memasang VPN di PC tersebut. Langsung unduh perangkat lunak dari situs VPN setelah Anda berlangganan dengan layanan mereka. Lalu Anda bisa masuk ke akun Anda. Setelah VPN Anda nyala dan bekerja, Anda perlu:

  1. Cari “Open Network Internet Settings” di taskbar Windows dan buka pengaturan dashboard.
  2. Klik “Change adapter settings”.
  3. Cari koneksi VPN. Seharusnya namanya sesuai dengan VPN yang Anda gunakan.
  4. Klik kanan dan pilih “Properties”.
  5. Klik Sharing tab.
  6. Izinkan opsi untuk “Allow other network users to connect through this computer’s internet connection”.
  7. Simpan pengaturannya.

Hal ini akan mengubah PC Anda menjadi router virtual. Setelah itu, Anda perlu membuka interface Roku dari TV Anda dan terhubung ke router virtual yang sudah dibuat. Namanya seharusnya tergantung pada nomor seri PC Anda atau nama akun Windows Anda.

Setelah berhasil terhubung ke internet, buat akun Roku yang baru dan nikmati pengalaman streaming Anda. Anda akan menggunakan perangkat Roku dari server yang sudah Anda pilih pada interface VPN di PC Anda.

Pasang VPN di Roku via router virtual di Mac

Penggunaan Mac sebagai router virtual sedikit lebih rumit dibanding PC berbasis Windows, tapi tetap bisa dilakukan. Berikut langkah yang harus diikuti:

  1. Buka “System Preferences” dan klik “Network”.
  2. Klik tombol tambah di sudut kiri bawah jendela yang terbuka.
  3. Tambahkan koneksi VPN baru dengan memilih interface VPN, Tipe VPN “L2TP over IPSec”, dan nama penyedia VPN Anda. Setelah memasukkan hal tersebut, tekan “Create”.
  4. Buka rincian dari koneksi baru ini. Izinkan default configuration, tambahkan alamat server situs VPN Anda, dan tempel username VPN tersebut di bawah “account name”. Jangan lupa untuk cek box “Show VPN status in menu bar”.
  5. Buka “Authentication Settings”, tentukan kata sandi untuk koneksi ini, lalu masukkan kata sandi penyedia VPN Anda.
  6. Buka “Advanced options” dan izinkan “Send all traffic over VPN connection” sebelum menekan “Apply”.

Setelah memasang rincian dasar koneksi ini dari layar Network, seperti kata sandi dan nama koneksi, Anda bisa menggunakannya untuk menghubungkan Roku Anda ke internet. Langsung cari router virtual yang sudah Anda buat saat ingin melakukan hal itu.

Pasang akun Roku Anda hanya setelah berhasil terhubung ke router virtual Mac Anda dan pastikan koneksinya bekerja di server VPN pilihan Anda.

VPN Apa yang Sebaiknya Digunakan Dengan Roku?

VPN terbaik untuk digunakan dengan Roku adalah ExpressVPN. ExpressVPN bekerja sangat baik untuk streaming, berkat kecepatan koneksinya yang stabil, ragam servernya, dan fitur-fitur streaming khusus miliknya. Lebih dari itu, ExpressVPN sangat ramah konsumen dan sangat mudah dipasang di router, karena menggunakan OpenVPN. Anda bahkan bisa mencari panduan khusus tentang cara pemasangan ExpressVPN di router pada situs ExpressVPN. Dalam semua aspek, VPN ini yang terbaik untuk digunakan dengan Roku.

ExpressVPN
Penawaran:
Dapatkan diskon langganan tahunan + garansi 30 hari uang kembali!
Dari
$6.67
8.9
  • VPN yang mudah digunakan
  • Cocok untuk browsing, pengunduhan, dan streaming secara anonim (contohnya Netflix)
  • 3000+ server di 94 negara
Kunjungi ExpressVPN

Di sisi lain, ExpressVPN cukup mahal, paling tidak jika dibandingkan dengan pesaing seperti Surfshark dan CyberGhost. Jika Anda merasa VPN lain mungkin lebih cocok dengan kebutuhan Anda, pastikan untuk melihat daftar VPN terbaik pilihan kami.

Kesan Akhir

Pemasangan VPN di Roku adalah cara yang pasti untuk meningkatkan pengalaman streaming Anda. Anda bisa membuka blokir konten apapun dari negara pilihan Anda di layanan streaming apapun. Dalam bahasa lain, Anda bisa memanfaatkan program langganan dan perangkat Anda semaksimal mungkin dengan bantuan VPN.

Namun, penting untuk diingat, bahwa Anda membutuhkan program langganan layanan streaming sebelum bisa mengaksesnya dengan VPN. Dalam banyak kasus, VPN bisa membantu Anda dalam mengakses layanan streaming yang tidak (belum) tersedia di negara Anda, seperti Peacock dan Hulu. Namun di beberapa kasus, mengubah IP Anda mungkin tidak cukup untuk bisa berlangganan dengan layanan asing. Disney+, contohnya, hanya mengizinkan metode pembayaran dari negara-negara tempat layanannya tersedia, sehingga perlu membayar dengan metode spesifik, seperti gift card Google Play. Baca artikel di bagian streaming untuk tahu lebih lanjut.

Pemasangan VPN di Roku: FAQ

Pemasangan VPN di Roku adalah proses yang rumit. Instruksi lengkap kami pada artikel lengkap di atas akan memandu langkah Anda. Jika masih punya pertanyaan, mungkin jawaban di bawah ini akan membantu.

Untuk memasang VPN di Roku, Anda perlu mengubah router Anda dengan firmware DD-WRT, lalu pasang VPN di router. Setelah itu, saat Anda terhubung ke internet menggunakan perangkat Roku, IP Anda akan berubah sesuai dengan server yang Anda pilih di interface VPN.

Jika router Anda tidak mendukung firmware DD-WRT, Anda bisa menjadikan Mac atau PC Anda sebagai router virtual, lalu ikuti prosedur yang sama. Untuk tahu lebih banyak, baca artikel lengkap kami tentang pemasangan VPN di Roku.

VPN terbaik untuk Roku adalah ExpressVPN, sebagian besar berkat tingkat kemudahan pemasangannya di router. Namun, ExpressVPN juga pilihan yang luar biasa karena punya fitur-fitur streaming khusus, kecepatan koneksi yang bisa diandalkan, dan ragam server yang banyak.

Untuk memasang VPN di router, Anda pertama-tama perlu pastikan bahwa router Anda sesuai dengan DD-WRT. Jika sesuai, Anda bisa tambahkan DD-WRT ke router tersebut, flash firmware yang baru, lalu pasang VPN pilihan Anda melalui interface DD-WRT. Tapi pastikan bahwa VPN yang Anda pilih sesuai dengan protokol OpenVPN, karena itu yang digunakan oleh DD-WRT.

International security coordinator
Marko has a Bachelor's degree in Computer and Information Sciences. He coordinates and manages VPNOverview.com's team of international VPN researchers and writers.
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar