Cara Mengakses Dark Web Dengan Aman dalam 15 tahap

Woman sitting behind her computer accessing the Dark Web
Klik di sini untuk tahu cara akses dark web dengan aman
Dapatkan akses ke dark web: utamakan keamanan

Dark web menarik bagi banyak orang. Untuk mendapat akses ke dark web Anda perlu menggunakan browser Tor. Ini merupakan browser yang bisa digunakan untuk browsing dan mengakses dark web secara anonim. Jika Anda ingin mengakses dark web, penting bagi Anda untuk melakukannya dengan aman. Untuk perlindungan dan privasi online tambahan, sangat disarankan bagi Anda untuk menggunakan koneksi VPN. Untuk memasang VPN, ikuti tahapan berikut ini:

  1. Langganan dengan penyedia VPN yang bagus
  2. Unduh aplikasi VPN di perangkat Anda
  3. Pilih sebuah server VPN di negara yang tidak memblokir browser Tor
  4. Buka browser Tor dan telusuri dark web dengan aman dan anonim

Kami menyarankan NordVPN. Ini merupakan penyedia VPN yang terpercaya dan cepat dengan standar privasi yang tinggi.

Bahkan dengan koneksi VPN Anda masih bisa tetap terancam di dark web. Anda tidak pernah 100% aman. Anda mungkin secara tidak sengaja memperlihatkan informasi pribadi atau menekan tautan yang salah. Jadi selalu hati-hati dan waspada akan penjahat cyber.

Ingin tahu informasi lebih banyak tentang cara mendapat akses ke dark web secara aman? Baca artikel lengkap kami di bawah ini untuk menemukan semuanya dan lebih banyak hal lagi.

Dark web adalah tempat yang misterius. Singkat kata, ini merupakan bagian dari internet yang tidak bisa Anda kunjungi dengan browser reguler. Sering kali terminologi ‘deep web’ digunakan sebagai pengganti untuk ‘dark web’. Namun, hal tersebut adalah bagian yang berbeda dari internet (tergantung dari negara tempat Anda berada). Singkatnya, internet itu seperti ini:

Jenis webPenjelasan singkat
Web permukaanWeb permukaan adalah internet ‘reguler’. Hal ini berisi semua situs yang dapat diakses via browser seperti Google Chrome, Microsoft Edge, Safari dan Mozilla Firefox melalui mesin pencarian biasa seperti Google dan Bing. Bayangkan situs-situs seperti Amazon, Wikipedia atau situs toko kue lokal Anda.
Deep webDeep web adalah bagian internet yang tertutup. Hal ini berisi file, jaringan perusahaan, dan halaman yang dapat Anda akses jika Anda sudah log in. Data ini tidak muncul di mesin pencarian. Bayangkan contohnya kotak masuk email Anda atau kotak pesan perusahaan Anda yang hanya bisa diakses oleh orang-orang yang bekerja di perusahaan tersebut. Hal ini merupakan bagian terbesar dari internet.

Terminologi deep web terkadang digunakan sebagai sinonim untuk dark web, meskipun kedua hal ini sebenarnya berbeda. Tetap saja terminologi ‘deep web’ yang digunakan di beberapa bahasa bukannya ‘dark web’.

Dark webDark web adalah bagian ‘tidak terlihat’ dari internet yang hanya bisa Anda kunjungi menggunakan sebuah browser spesial, seperti Tor. Tor adalah singkatan dari The Onion Router. Melalui browser Tor Anda bisa menelusuri internet, sama seperti Google Chrome, contohnya. Namun, perbedaannya adalah browser Tor juga memberi Anda akses ke situs-situs yang tidak tersedia di web reguler (web permukaan). Kumpulan situs ini dikenal sebagai dark web.

Dark web berisi semua jenis situs, sama seperti web permukaan. Meskipun dark web dikenal karena situs ‘ilegal’, situs-situs ini hanya sebagian kecil dari dark web.

Meskipun tidak terlalu sulit untuk mengakses dark web, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan keamanan online Anda. Dark web tidak diatur dan penjahat kriminal bisa bersembunyi di mana saja. Maka dari itu Anda perlu mencari informasi sendiri dan mengamankan sistem Anda sebelum masuk dark web. Artikel ini akan memberikan saran tentang cara mengakses dark web dengan aman.

Ingin tahu cara memasang browser Tor dan navigasi di dark web? Anda datang ke tempat yang tepat. Kami akan memberikan panduan tahap per tahap yang ekstensif dengan tautan dan tops untuk browsing situs-situs dark web seaman mungkin. Jika Anda menemukan terminologi-terminologi yang tidak dimengerti, lihat kamus dark web kami untuk mendapat penjelasan lebih lanjut.

Utamakan Keamanan! Gunakan VPN

Jika Anda ingin masuk dark web, kami sangat menyarankan Anda untuk menggunakan koneksi VPN. Penggunaan VPN akan memberi Anda privasi dan perlindungan online tambahan. Jaringan Tor memiliki beberapa kekurangan, dan VPN bisa melindungi privasi dan data Anda. Namun, lebih baik untuk tidak terhubung dengan VPN saat menggunakan mobile live OS. Anda akan membaca tentang hal ini lebih lanjut nanti.

VPN memastikan Anda lebih anonim, bebas, dan aman di web. Oleh karena VPN memungkinkan Anda untuk mengakses internet dengan alamat IP yang berbeda, perilaku online Anda tidak bisa dikaitkan dengan Anda. Mengingat dark web juga digunakan oleh penjahat dan peretas, ada baiknya untuk memastiakn bahwa tidak ada yang bisa melacak identitas Anda.

Ingin mencoba VPN yang cepat dan sederhana supaya Anda bisa browsing secara aman, bahkan di dark web? NordVPN adalah pilihan yang bagus dan tidak mahal. NordVPN memiliki kecepatan yang tinggi bahkan di situs .onion. Lihat ulasan lengkap kami tentang NordVPN untuk mengetahui lebih lanjut tentang penyedia ini atau unduh NordVPN di situs resmi mereka dengan menekan tombol di bawah ini.

NordVPN
Pilihan kami
Pilihan kami
Penawaran:
Hanya $3,29 per bulan untuk program langganan 2 tahun dengan garansi 30 hari uang kembali
Dari
$3.29
9.3
  • Perlindungan luar biasa dan jaringan server yang besar
  • Aplikasi yang bagus dan menyenangkan
  • Tidak ada log
Kunjungi NordVPN

Jika Anda lebih ingin mengetahui tentang penyedia VPN bagus yang lain, bisa lihat artikel kami tentang lima VPN terbaik. Untuk informasi lebih lanjut tentang tugas koneksi VPN dan cara kerjanya, klik di sini.

Cara Mengakses Dark Web

Jika Anda ingin mengakses dark web, penting untuk melakukannya dengan aman. Dark web tidak sama seperti web permukaan ‘normal’. Ada banyak jebakan yang tidak diduga. Untuk mengakses web, ikuti tahap-tahap di bawah ini:

  1. Unduh dan pasang browser Tor anonim dari situs resmi mereka.
  2. Nyalakan VPN Anda untuk keamanan online tambahan.
  3. Buka browser Tor.
  4. Pastikan browser Tor Anda tidak mengizinkan skrip apapun.
  5. Sesuaikan tingkat keamanan browser ke pengaturan “paling aman”.
  6. Buka situs dark web yang ingin Anda kunjungi. Anda bisa, contohnya, mengunjungi The Hidden Wiki (tautan hanya bekerja di browser Tor). Ini adalah halaman dengan tautan ke situs-situs dark web lain.

Jika Anda betul-betul ingin siap saat di dark web, Anda perlu lebih dari sekedar tahap-tahap sederhana ini. Penjelasan tambahan dan tips tentang cara masuk ke dark web secara anonim dan aman dapat ditemukan dalam panduan ekstensif kami di bawah ini. Kami akan memberi Anda tips untuk membantu Anda untuk tetap aman saat menggunakan Tor.

Catatan: Anda mungkin pernah mendengar bahwa penggunaan jaringan Tor (dengan VPN yang bagus untuk keamanan tambahan) bukan satu-satunya cara untuk mengakses dark web, hal ini benar. Namun, faktanya ini kurang lebih satu-satunya yang aman. Saat ini, pengguna juga dapat mengakses beberapa halaman dark web via browser standar mereka (seperti Google Chrome) melalui alat lain yang dikembangkan oleh Tor: Tor2web. Namun, bahkan Tor sendiri mengindikasikan bahwa cara ini jauh lebih berbahaya dibanding menggunakan browser Tor. Pada akhirnya, cara mengakses dark web ini mempermudah penjahat untuk menemukan identitas Anda atau bahkan menginfeksi PC Anda dengan hardware. Maka, kami menegaskan bahwa penggunaan browser Tor untuk mengakses dark web sangat penting!

LadySatu kata: ya. Dark web legal di sebagian besar dunia. Penggunaan browser Tor juga sepenuhnya legal. Namun, jika Anda menggunakan dark web untuk melanggar hukum, Anda tetap terlibat dalam aktivitas ilegal. Kami sangat menyarankan semua pembaca untuk bertindak secara bijaksana dan selalu menghindari aktivitas ilegal di dark web (ataupun di luarnya).

Dark web dan browser Tor adalah alat-alat untuk melindungi hak privasi Anda. Hal itu adalah niat browsernya dan cara seseorang seharusnya menggunakan alat tersebut, menurut kami. Hak privasi adalah hak asasi manusia yang sudah ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa. Hal ini sudah dinyatakan dalam artikel-artikel di bawah ini:

  • United Nations Declaration of Human Rights (UDHR) 1948, Artikel 1.
  • International Covenant on Civil and Political Rights (ICCPR) 1966, Artikel 17
  • American Convention on Human Rights, Artikel 11
  • American Declaration of the Rights and Duties of Man, Artikel 5
  • European Convention on Human Rights, Artikel 8

Lebih dari 130 negara yang merupakan bagian dari PBB memiliki deklarasi konstitusional tentang perlindungan privasi masyarakat mereka. Kemungkinannya, negara tempat Anda berada sekarang juga memiliki deklarasi tersebut. Tetap saja, peraturan lokal bisa sangat berbeda. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang hak privasi Anda dan penggunaan dark web di lokasi Anda, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan pakar peraturan negara Anda.

Panduan Lengkap Tahap per Tahap untuk Browsing Dark Web Secara Aman

Dark web bisa menjadi tempat yang cukup berbahaya jika Anda tidak melakukan upaya pencegahan yang tepat. Anda dapat relatif tetap aman dengan bantuan antivirus dan VPN yang bagus. Namun, jika Anda ingin sepenuhnya anonim dan melindungi perangkat Anda, maka perlu upaya yang lebih dari itu. Di bawah ini, Anda akan menemukan 15 tahapan yang dapat membantu Anda supaya mengakses dark web dengan aman. Namun, mohon diingat bahwa perubahan bisa terjadi dengan cepat dan peretas semakin hari pun semakin lihai.

  1. Pastikan Anda mengerti hal-hal dasar
  2. Gunakan mobile live OS (opsional)
  3. Gunakan VPN untuk mengenkripsi traffic internet Anda
  4. Unduh Tor dari situs resminya
  5. Lakukan upaya pencegahan untuk keamanan
  6. Ubah tingkat keamanan dan larang skrip di browser Tor
  7. Periksa jika terjadi kebocoran IP-, DNS-, atau WebRTC
  8. Kenali mitos umum tentang dark web
  9. Gunakan jasa anonim tambahan
  10. Hindari login, program langganan, dan pembayaran
  11. Tahu ke mana Anda akan pergi
  12. Gunakan cryptocurrency
  13. Tutup semuanya setelah Anda selesai
  14. Sadari bahwa Anda tidak pernah 100% aman
  15. Konsultasi di panduan online, blog, mesin pencarian, situs chat, dll

1. Pastikan Anda Mengerti Hal-Hal Dasar

Mungkin ini terdengar membosankan. Namun dark web adalah tempat yang kompleks dan banyak masalah yang dapat terjadi di sana. Tempat tersebut penuh dengan penipu, malware dan situs phishing. Terkadang lebih baik untuk belajar dengan cara langsung melakukan hal yang ingin dilakukan. Namun dengan dark web, metode ini bukanlah solusi yang terbaik. Lebih baik Anda tidak membuat komputer Anda terinfeksi malware atau kehilangan banyak uang karena belum mengerti cara kerja dark web. Ada banyak orang di dark web yang ingin memanfaatkan kelalaian tersebut.

Maka dari itu, penting untuk selalu tahu dengan pasti apa yang ingin Anda dapatkan di dark web sebelum mengunduh perangkat lunak atau browsing. Jika Anda tahu apa yang ingin dilakukan atau temukan di dark web, Anda dapat mempersiapkan semuanya secara lebih matang:

  • Jika Anda hanya ingin mencari hal yang menarik atau tidak biasa: Pastikan bahwa Anda tahu cara menelusuri dark web dengan aman.
  • Jika Anda mencoba untuk mendapat keuntungan melalui Bitcoin atau cryptocurrency lainnya: Pastikan bahwa Anda paham akan cara kerja cryptocurrency, arti blockchain, dan platform terandalkan apa yang dapat digunakan untuk menangani pengguna lain.
  • Sebagai seorang pelapor, penting untuk memastikan bahwa Anda sepenuhnya anonim. Upaya untuk membela kebenaran mungkin perlu mengorbankan pekerjaan Anda atau di beberapa negara kebebasan Anda. Dengan mencoba untuk tetap seanonim mungkin, Anda bisa mencegah tereksposnya identitas Anda.

2. Gunakan Live Mobile OS (opsional)

Anonimitas adalah hal terpenting untuk melindungi Anda di dark web. Bukan karena dark web adalah tempat yang ilegal (karena memang tidak ilegal), namun karena semakin anonim Anda – semakin aman juga Anda. Sayangnya, sistem operasi seperti Windows 10 tidak terlalu cocok untuk privasi di dark web. Windows melakukan hal berikut ini yang akhirnya tidak mendukung anonimitas Anda:

  • Data Anda terus-menerus disinkronkan: sejarah browser, situs terbuka, pengaturan aplikasi, dan hotspot Wi-Fi dilacak semuanya
  • Perangkat Anda secara otomatis terhubung ke ID iklan yang unik untuk pihak ketiga
  • Cortana mengumpulkan data seperti tombol yang telah Anda tekan, hasil pencarian, pesan audio melalui mikrofon, informasi kalender, playlist lagu, dan bahkan sejarah pembelanjaan online Anda
  • Microsoft dapat mengumpulkan semua jenis data pribadi: identitas dan kata sandi Anda, kebiasaan dan minat, data pengguna, kontak, dan lokasi

Jika sebuah peretas berhasil masuk ke dalam sistem Anda melalui dark web, semua informasi ini kemungkinan dapat dieksploitasi oleh peretas. Banyak dari pengaturan di Windows yang dengan mudah dapat dimatikan (meskipun tidak semuanya). Anda dapat melakukan hal ini dengan melalui bagian pengaturan di Windows atau menggunakan bagian dari perangkat lunak seperti W10Privacy.

Ide yang lebih baik dibanding mengakses dark web via Windows 10 adalah dengan menggunakan sistem operasi (OS) live mobile seperti Tails, Whonix, ZuesGuard, atau Qubes.

Tails, Whonix, ZeusGuard, atau Qubes

Tails logoTails (The Amnesiac Incognito Live System) adalah versi langsung dari Linux OS yang tidak akan meninggalkan jejak apapun terkait aktivitas Anda atau OS di komputer Anda. OS gratis ini dapat diunduh ke USB flash drive atau DVD. Anda tidak harus memasangnya di komputer Anda. Tinggal hubungkan USB flash drive atau masukkan DVD saat Anda ingin browsing tanpa meninggalkan jejak dan dapat memuat OS. Tails tidak bisa menyimpan cookies di hard drive Anda kecuali jika Anda secara pribadi memperbolehkannya.

Tails juga memiliki browser Tor yang sudah terlebih dahulu dipasang. Browser Tor sangat penting untuk mengakses dark web dan dengan memasang Tails di flash drive, Anda tidak perlu susah untuk memasang Tor lagi di PC atau laptop.

Alternatif untuk Tails

Alternatif selain Tails adalah Whonix, ZeusGuard (berbayar), dan Qubes OS. Ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Semuanya tergantung dari preferensi pribadi.

Whonix lebih mirip dengan Tails karena merupakan live OS yang bekerja di samping dari OS reguler Anda. Dalam bahasa lain, Anda dapat menggunakan Windows, Mac, atau Linux dan hanya menggunakan Tails atau Whonix sebagai sampingan.

Semua hal yang Anda lakukan di Whonix akan dikirim melalui Tor. Perbedaannya adalah Whonix bekerja sekaligus dengan OS reguler Anda melalui mesin virtual. Ini membuat proses log in dan log out dari dark web lebih cepat dan sederhana. Namun bisa juga dibilang hal ini membuat prosesnya lebih tidak aman. Halaman beranda mereka memiliki instruksi merinci.

Qubes OS adalah sistem operasi desktop untuk pengguna tunggal yang memiliki beberapa mesin virtual di dalamnya. Sistem operasi ini hanya memiliki sekitar 30 ribu pengguna. Bisa dibilang ini merupakan pilihan teraman untuk Anda karena OS-nya hanya terdiri dari beberapa mesin virtual yang berbeda. Edward Snowden, contohnya, menggunakan Qubec OS untuk melindungi anonimitasnya.

Live OS tidak mendukung bekerjanya VPNs

Namun penting untuk diingat, bahwa banyak live OS yang tidak mendukung bekerjanya VPN. Ini didasari atas alasan yang bagus. Jenis sistem operasi seperti ini bekerja di mesin virtual tersendiri, artinya sangat minim hal yang dapat dikaitkan dengan identitas Anda atau hal apapun di dalam komputer Anda.

Dalam kasus tersebut, kepemilikan program langganan VPN kemungkinan membuat Anda dapat dilacak dibanding saat hanya menggunakan jaringan Tor. Maka dari itu, VPN dalam hal ini memperkenalkan adanya node masuk atau keluar yang permanen. Artinya, secara ironis, VPN memperkenalkan metode baru untuk terlacak.

  • Maka, saat menggunakan live OS -> Gunakan Tor, bukan VPN (Anda bisa melewati tahapan 2 dan 3, lalu langsung ke tahapan 4)
  • Saat menggunakan WIndows, Mac, atau Linux -> Gunakan VPN lalu Tor (ikuti tahapan 2)

Tentunya, tidak semua orang nyaman untuk mengunduh dan menggunakan sistem operasi yang sepenuhnya baru. Jika Anda memilih untuk tidak mengakses dark web via Tails, pastikan untuk mengikuti tahapan-tahapan berikutnya ini.

3. Gunakan VPN untuk Mengenkripsi Traffic Internet Anda

VPN Internet NorwegianBahkan jika Anda menggunakan browser Tor, traffic Anda tetap dapat dikaitkan kembali ke Anda oleh siapapun yang memiliki waktu, sumber daya, dan pengetahuan yang cukup. Faktanya, telah ditemukan kelemahan dari browser Tor pada tahun 2017 karena beberapa kali membocorkan alamat IP asli.

Masalah ini khususnya serius untuk pengguna MacOS dan Linux. Namun jika para pengguna ini telah melakukan upaya pencegahan dengan cara memiliki VPN yang beroperasi di perangkat mereka, maka alamat IP mereka tidak akan terancam bocor.

Maka dari itu, sangat disarankan bahwa Anda menggunakan VPN dengan Tor saat browsing di dark web.

VPN mengenkripsi traffic internet Anda dan memastikan bahwa alamat IP Anda tersembunyi dari peretas atau pengawasan pemerintah, bahkan jika terjadi kebocoran di dalam browser Tor. Untuk informasi lebih lanjut tentang VPN, lihat penjelasan merinci kami.

Akan tetapi, mohon disadari bahwa tidak semua penyedia VPN benar-benar dapat diandalkan. Versi VPN gratis sering kali mengalami jasa yang lambat, batasan data, dan kebocoran yang mempengaruhi keamanan. Kami menyarankan Anda untuk menggunakan NordVPN sebagai VPN yang bagus dan bekerja secara baik dengan Tor.

NordVPN
Pilihan kami
Pilihan kami
Penawaran:
Hanya $3,29 per bulan untuk program langganan 2 tahun dengan garansi 30 hari uang kembali
Dari
$3.29
9.3
  • Perlindungan luar biasa dan jaringan server yang besar
  • Aplikasi yang bagus dan menyenangkan
  • Tidak ada log
Kunjungi NordVPN

Mohon diingat bahwa banyak live mobile OS seperti Tails yang tidak mendukung penggunaan VPN. Jika Anda menggunakan salah satu live mobile OS ini, Anda dapat melewati tahapan pemasangan VPN ini dan langsung ke bagian upaya keamanan tambahan.

4. Unduh Tor Dari Situs Resminya

Tor The Onion Router LogoMobile live OS seperti Tails dan Whonix sudah memiliki browser Tor yang terpasang sehingga Anda dapat melewati tahapan 5 jika Anda menggunakan OS ini. Untuk pengguna Windows, Mac, Linux, atau Android, tahapan ini tetap penting.

Browser Tor adalah target yang menarik untuk peretas dan agensi pemerintah. Versi palsu dari browser Tor telah dibuat untuk mencegat pengguna bahkan sebelum mereka dapat mengakses dark web atau untuk memantau aktivitas pengguna selama di dark web. Pendekatan yang kedua ini khususnya dilakukan oleh agensi pemerintah.

Maka dari itu, Anda harus selalu mengunduh browser Tor dari situs resminya: https://www.torproject.org/
Pastikan bahwa Anda selalu mengunduh versi terbaru dari browser dan tetap memperbaharuinya setiap waktu. Dengan begitu, Anda dapat memastikan bahwa Anda memiliki keamanan paling baru.

Apa itu sebenarnya Tor?

Tor adalah browser spesial yang bisa Anda gunakan untuk mengakses dark web. Sebagian besar browser, seperti Chrome dan Firefox, menyediakan akses ke semua situs yang diatur. Semua situs yang tidak diatur tidak bisa diakses melalui browser-browser ini.

Meskipun Tor dikenal karena memungkinkan orang-orang untuk mengunjungi dark web, sebagian besar pengguna mereka hanya menggunakan browser ini mengunjungi web permukaan (internet ‘normal’).

Maka penting untuk selalu mengunduh versi Tor yang tepat dari halaman web resmi mereka: https://www.torproject.org/.

Pastikan Anda selalu mengunduh versi terbaru dan selalu izinkan pembaharuan secepat mungkin setelah tersedia. Dengan begitu, Anda bisa memastikan bahwa Anda punya versi Tor yang paling aman.

alamat .onion

Dengan browser Tor Anda bisa mengakses situs apapun, selama Anda memiliki alamatnya. Banyak situs di dark web yang memiliki akhiran URL yaitu “.onion”. Jika Anda masukan alamat seperti itu di browser reguler, Anda tidak akan melihat apa-apa.

Tor memastikan bahwa pengguna dapat browsing seanonim mungkin. Semua permintaan Anda di dalam browser akan melalui sebuah jaringan komputer-komputer lain, dan mereka terus-menerus dibuka untuk sampai ke tempat tujuan. Permintaan browsing Anda melalui sebuah titik penjaga, beberapa titik singgah, dan akhirnya titik keluar untuk bisa mendapatkan apa yang Anda minta. Dengan begitu, ada kemungkinan bagi pihak lain untuk melacak perilaku browsing Anda.

How Does Tor Work - Network Nodes

5. Lakukan Upaya Pencegahan untuk Keamanan

Sebelum membuka browser Tor, Anda harus:

  • Menutup semua aplikasi yang tidak diperlukan di perangkat Anda, seperti Netflix, pengelola kata sandi.
  • Hentikan jasa-jasa yang tidak perlu, seperti OneDrive.
  • Tutup webcam Anda dengan selembar kecil kertas. Sangat mudah bagi pihak lain untuk mengakses webcam Anda, bahkan tanpa Anda sadari.
  • Gunakan program antivirus yang bagus dan sepenuhnya telah diperbaharui di perangkat Anda.
  • Pasang perangkat lunak anti-malware yang berkualitas bagus dan telah diperbaharui.
  • Matikan lokasi Anda di perangkat Anda. Lokasi Anda dapat ditemukan melalui alamat IP Anda dan juga perangkat yang Anda gunakan.
    • Di Windows 10, Anda dapat mematikan lokasi Anda melalui Pengaturan > Privasi > Lokasi > Matikan lokasi + hapus sejarah lokasi
    • Untuk macOS: Preferensi Sistem > panel Keamanan & Privasi > Privasi > hapus centang “Izinkan Layanan lokasi”
    • Untuk Tails atau live OS lainnya: Anda tidak harus khawatir akan kebocoran lokasi Anda.

Upaya keamanan yang dilakukan setelah membuka Tor

Dark web penuh dengan peretas yang akan mengambil kesempatan apapun untuk mengeksploitasi semua rincian yang mungkin tidak Anda hiraukan. Jika seorang peretas dari dark web berhasil meretas sistem Anda, semua aplikasi dan layanan yang Anda miliki di perangkat Anda akan rentan untuk diserang.

Pada dasarnya, cara terbaik untuk tetap aman di dark web adalah dengan memastikan bahwa pihak yang berpotensi meretas tidak memiliki informasi yang cukup tentang Anda. Artinya, sebaiknya Anda tidak browsing di dark web tanpa melindungi diri Anda atau memberikan informasi pribadi secara cuma-cuma. Jangan klik tautan mencurigakan apapun. Pastikan bahwa jejak virtual Anda yang tertinggal berjumlah sedikit mungkin. Semua upaya keamanan ini akan mengurangi kemungkinan Anda menjadi target.

Setelah Anda membuka browser Tor, jangan ubah ukuran layar browser Tor. Anehnya, cara ini akan membuat Anda lebih aman. Lebih dari itu, untuk tetap aman, jangan langsung mengetik di browser Tor. Pertama-tama ketik kata yang ingin Anda cari di notepad lalu salin ke browser. Metode pelacakan tingkat tinggi dapat mengenali keunikan cara Anda mengetik. Hal-hal ini mungkin kelihatan sepele, tapi mereka bisa membantu Anda supaya lebih anonim. Ini seperti permainan ‘Guess Who?’, semakin banyak yang mereka ketahui tentang Anda, semakin mudah untuk mengenali Anda. Perbedaannya dengan ‘Guess Who?’ adalah mereka tidak perlu melihat penampilan Anda, tapi ukuran layar, bahasa, dan cara Anda mengetik (di samping hal lainnya).

Juga tidak ada salahnya untuk memeriksa kondisi browser Tor Anda (atau browser sehari-hari yang Anda gunakan saat Anda tidak berada di dark web) supaya dapat dipastikan tetap aman dari pelacakan. Cover Your Tracks memungkinkan Anda untuk memeriksa hal ini hanya dengan satu klik saja untuk melihat jika browser Anda terlindungi dari: pelacak iklan, pelacak transparan, “acceptable advertisements” dan juga fingerprint digital Anda.

6. Ubah Tingkat Keamanan dan Larang Skrip di Browser Tor

Anda bisa mengubah tingkat keamanan Tor ke ‘Safer’ atau ‘Safest’. Secara alami, pengaturan paling tinggi adalah yang paling aman. Sayangnya, pengaturan ini secara signifikan akan memperlambat koneksi internet Anda dan menyebabkan beberapa situs tidak berfungsi secara penuh. Pengaturan keamanan tertinggi akan melarang beberapa format video dan audio, beberapa font, dan ikon tidak akan tampil secara benar, JavaScript dimatikan, dan beberapa gambar tidak akan tampil dengan tepat, beserta hal lainnya.

Mengubah tingkat keamanan Tor

Untuk mengubah tingkat keamanan, ikuti tahapan berikut:

  1. Buka browser Tor.
  2. Klik pada ikon tameng kecil di sudut kanan atas browser.
    Tor NoScript shield
  3. Klik “Advanced Security Settings”.
  4. Gulir ke bawah di bagian “Security”, jika Anda belum sampai ke bagian ini.
  5. Sekarang pilih “Safer” atau “Safest”.

Pilihan “Safer” hanya melarang JavaScript di situs-situs yang tidak terlindungi oleh “https”. “Safest” melarang JavaScript di semua situs. Pilihan-pilihan ini juga meningkatkan keamanan Anda dengan beberapa cara lain, yang bisa Anda baca selengkapnya di menu yang akan Anda temukan di tahap 4 dan 5.

Mematikan skrip di Tor

Anda juga bisa secara manual mematikan skrip di Tor, tanpa mengubah tingkat keamanan umum Tor. Ini mungkin pilihan yang bagus bagi orang-orang yang ingin tingkat kuasa lebih besar akan browser Tor. Berikut cara mematikan skrip secara manual di Tor:

  1. Buka alamat ini dengan browser Tor Anda: “about:config”.
  2. Klik tombol “I accept the risk”.
  3. Sekarang ketik hal berikut ini di mesin pencarian pada halaman yang muncul: “xpinstall.signatures.required”.
  4. Klik dua kali di teks tersebut.
  5. Cek jika “value” sekarang ada tulisan “falls” dan “status” sudah menjadi “modified”. Jika ya, Anda sudah berhasil memastikan JavaScript.

Penting untuk mengubah pengaturan ini karena situs sering kali mengijinkan skrip tanpa memberitahu Anda terlebih dahulu. Hal ini khususnya berbahaya di dark web seperti situs-situs .onion yang tidak teregulasi dan ada banyak malware yang dapat menyerang. Dengan memblokir skrip, Anda mengurangi kemungkinan komputer Anda terkena virus. Namun, bahkan dengan memblokir skrip, Anda tidak sepenuhnya terlindungi dari semua jenis bahaya yang dapat menyerang. Kewaspadaan tetap harus dipertahankan saat sedang browsing di dark web.

Jika Anda ingin mematikan skrip untuk penggunaan harian di browser lain, Anda dapat melakukannya melalui extension.

Kedua extension ini akan memungkinkan Anda untuk memutuskan situs apa saja yang dapat menggunakan JavaScript. Mohon untuk diingat: kedua extension ini dapat mematikan semua jenis fungsi reguler web dengan cara melarang JavaScript.

7. Periksa Jika Ada Kebocoran IP, DNS, atau WebRTC

Ada kemungkinan bahwa bahkan setelah semua upaya keamanan di atas, Anda masih mengalami kebocoran IP atau DNS. Artinya melalui sejenis bug atau kebocoran, alamat IP Anda tetap bisa dilacak oleh pihak ketiga.

WebRTC terinkorporasi di dalam mayoritas browser untuk memungkinkan bentuk komunikasi langsung seperti panggilan suara atau video. Ini memungkinkan Anda untuk berbicara langsung dari browser Anda dengan menggunakan webcam, mikrofon atau headset Anda.
Masalahnya adalah kebanyakan dari panggilan suara tersebut terkirim melalui koneksi peer-to-peer, yang meminta alamat IP Anda. Maka, contohnya jika Anda berada di Google Chrome dan WebRTC sedang bekerja, alamat IP Anda akan terlihat bahkan saat Anda menggunakan VPN.

Permasalahan ini khususnya terlihat di Google Chrome. Untuk menghindari fitur ini, Anda dapat memasang extension Chrome.

Untuk memeriksa jika koneksi Anda benar-benar anonim, kunjungi situs di bawah ini:

Di dalam halaman ini, Anda dapat melihat jika alamat IP Anda dapat dilacak. Semua situs ini pada dasarnya melakukan hal yang sama. Di bagian atas halaman, alamat IP Anda akan terlihat dan di bawahnya adalah lokasi Anda. Jika VPN Anda bekerja dengan optimal, alamat asli dan alamat IP Anda tidak akan terlihat di manapun dalam halaman tersebut.

8. Kenali Mitos Umum tentang Dark Web

Ada banyak mitos tentang dark web. Dengan mengenali mitos-mitos tersebut, Anda akan memiliki pemahaman lebih baik akan apa yang perlu Anda ketahui serta harapkan dari dark web. Kemungkinan Anda menjadi korban dari peretas ataupun penipu pun lebih kecil setelah mengenali mitos-mitos dark web. Berikut ini merupakan beberapa mitos paling umum yang dapat ditemukan:

MITOSKEBENARAN
Semua kejahatan cyber terjadi di darkSebagian besar kejahatan cyber terjadi di web reguler. Phishing dan penipuan lebih lazim terjadi di web permukaan dibanding dark web.
Dark web tempat yang besarDibanding dengan deep web, dark web relatif kecil. Sekitar 250.000 sampai 400.000 situs yang ada di dark web. Diperkirakan oleh beberapa sumber bahwa web permukaan reguler berisi lebih dari 5 milyar halaman, sehingga jumlahnya 12.000 lebih banyak dibanding dark web.
Dark web hanya untuk mereka yang penggila teknologiJika Anda melakukan upaya pencegahan yang tepat, siapapun dapat mengakses dark web dengan aman. Browser Tor, VPN, dan Tails atau live OS lainnya tersedia untuk siapapun dan tidak terlalu sulit digunakan oleh pemula.
Dark web itu ilegalDark web sendiri itu tidak ilegal. Namun browser Tor yang Anda butuhkan untuk mengakses dark web menggunakan enkripsi kuat yang ilegal dalam beberapa negara. Dengan begitu, dark web secara tidak langsung menjadi ilegal di beberapa negara. Negara-negara ini cenderung memiliki restriksi internet yang lebih banyak. Negara-negaranya adalah Cina, Rusia, Belarus, Turki, Irak, dan Korea Utara.
Apapun yang Anda lakukan di dark web itu ilegalDark web tidak ilegal, begitu pun dengan aktivitas yang terjadi di dalamnya. Tidak semua aktivitasnya ilegal. Penentuan ilegal atau tidaknya sebuah aktivitas di dark web bergantung pada negara tempat Anda mengakses dark web. Untuk memperjelas, terapkan logika ini: jika sesuatu itu ilegal di negara Anda, maka juga akan ilegal untuk melakukan hal yang sama di dark web. Maka dari itu, jika penjualan narkoba itu ilegal secara offline, maka juga ilegal saat dilakukan di dark web. Jika bingung, selalu pastikan dahulu apa yang legal di negara Anda.

9. Gunakan Jasa Anonim Tambahan

Bahkan jika Anda masuk ke dark web secara anonim sepenuhnya, masih ada kemungkinan untuk secara tidak sengaja memberikan informasi pribadi Anda dengan menggunakan beberapa jasa online seperti mesin pencarian, extension, file-sharing, messenger, email, dll.

Beberapa jasa online menggunakan cookies, pelacak, dan skrip untuk mengumpulkan data spesisik tentang Anda Maka dari itu, lebih baik untuk menggunakan jasa online alternatif yang menghargai privasi Anda. Di bawah ini, Anda dapat menemukan sejumlah jasa yang bagus untuk melindungi privasi Anda.

Mesin pencarian private

DuckDuckGo Logo SmallUntuk mesin pencarian private yang bagus, Anda dapat menggunakan mesin pencarian DuckDuckGo dibanding Google. Di saat sebagian besar mesin pencarian lainnya tidak bekerja di dark web, DuckDuckGo tetap dapat bekerja. Berbeda dari sebagian besar mesin pencarian, DuckDuckGo juga menunjukkan alamat-alamat yang diakhiri dengan “.onion”.

Alamat onion dari mesin pencarian ini: https://3g2upl4pq6kufc4m.onion/

DuckDuckGo menggunakan jaringan Tor. Hal ini mempersulit orang-orang yang ingin melacak pencarian Anda.

Alternatif mesin pencarian yang akan bekerja di dark web adalah:

Penggunaan mesin pencarian private adalah langkah yang bagus untuk memiliki pengalaman internet yang lebih private.

Kata sandi yang aman

Laptop With PasswordKata sandi yang aman bahkan lebih penting lagi di dark web dibanding di web reguler (permukaan). Jika Anda tidak ingin pusing memikirkan kata sandi yang cukup kuat setiap kami dan menyimpannya dengan aman, maka Anda dapat menggunakan pengelola kata sandi yang bagus. Dua opsi bagus yang ada adalah Bitwarden dan LessPass. Keduanya gratis dan open source. Opsi terbaiknya adalah untuk memuat layanan ini via situs mereka.

Enkripsi file

Jika Anda ingin mengunduh atau mengunggah file di dark web, ada baiknya untuk mengenkripsinya terlebih dahulu. Alat enkripsi yang dapat diandalkan, gratis, dan open source adalah PeaZip. Alat ini mendukung 181 tipe file yang berbeda-beda. Sayangnya, PeaZip tidak tersedia untuk pengguna macOS. Alternatif untuk pengguna Mac adalah Keka.

Pengunggahan/sharing secara anonim

Jika Anda ingin berbagi file secara anonim, maka OnionShare adalah opsi yang sangat bagus. Alat ini tersedia untuk Windows, macOS, dan Ubuntu. Dropbox dan perangkat lunak file-sharing lainnya terkenal karena tidak menghargai privasi data pengguna. Dengan OnionShare, Anda dapat berbagi file dalam ukuran apapun melalui server web.

Jasa office anonim

Jika Anda mencari alternatif dari Google Docs dengan tingkat keamanan yang lebih bagus, coba cek Etherpad. Perangkat lunak ini sepenuhnya open source dan Anda bahkan tidak perlu akun untuk menggunakannya. Lebih dari itu, Anda bahkan tidak perlu akun untuk menggunakannya. Pilihan lainnya adalah Cryptpad. Anda dapat menggunakannya untuk menulis teks, membuat spreadsheet, atau membuat presentasi. Hanya orang yang diberikan kunci akses yang dapat mengakses file.

Video calling (VoIP)

Untuk panggilan (video), ada sejumlah jasa bagus yang tersedia seperti Linphone atau Mumble. Linphone gratis dan open source, dapat digunakan untuk Windows, macOS, IOS, Android, dan GNU/Linux. Perang lunak ini memiliki enkripsi end-to-end.

Mumble sedikit lebih berbeda. Jasa ini dirancang secara khusus untuk gaming, tidak menyimpan catatan apapun dan juga tidak merekam percakapan apapun. Namun, tidak memiliki enkripsi end-to-end. Perangkat lunak ini tersedia untuk Windows, macOS X, IOS, dan Ubuntu.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak, lihat daftar layanan video calling terbaik pilihan kami.

Mengirim pesan anonim

Ricochet atau Signal menyediakan cara yang lebih untuk pengiriman pesan dibanding aplikasi messaging standar Anda. Opsi bagus lainnya adalah TorChat. Aplikasi ini merupakan bagian dari Tor dan memungkinkan Anda untuk chat dengan siapapun yang juga menggunakan aplikasi ini. Anda tidak perlu mendaftar. TorChat secara otomatis memberikan Anda ID angka yang harus Anda kirim ke orang yang ingin Anda hubungi. Anda dapat melakukan ini dengan cara memberi tahu langsung orang tersebut (tatap muka) atau dengan mengirimkan ID angka melalui email terenkripsi (lihat tahapan setelah ini). Hal ini akan memungkinkan tingkat anonimitas yang bagus saat chatting dan Anda umumnya tidak bisa mendapat hal ini di tempat lain.

Mengirim email dengan aman dan anonim

Jasa email online yang banyak dipuji adalah ProtonMail. Akun email mereka memiliki enkripsi end-to-end standar. Email yang terkirim melalui Gmail atau Hotmail umumnya mudah dicegat dan/atau dibuka. Jasa email terenkripsi menjadi opsi yang lebih aman. Jasa ini cenderung memiliki batasan data yang lebih ketat. Maka jika Anda berencana untuk hanya menggunakan akun email terenkripsi, maka Anda mungkin sebaiknya membuat lebih dari satu. Berikut daftar penyedia email terenkripsi.

Adapun kemungkinan untuk membuat alamat email sementara (namanya burner). Keuntungan dari hal ini adalah Anda dapat membuat akun online di situs apapun, mengkonfirmasi pendaftaran Anda dan tidak perlu khawatir karena kotak surat Anda tidak akan dipenuhi email-email dari situs tersebut. Beberapa penyedia alamat email sementara yang terkenal adalah TempMail dan Guerrillamail.

Jika Anda ingin berganti ke alamat email yang berbeda untuk browsing dark web Anda, paling tidak pastikan bahwa akun email standar Anda memiliki perlindungan tambahan melalui PGP (pretty good privacy). Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan jasa tambahan di akun email reguler Anda seperti Mailvelope. Jasa ini bekerja dengan penyedia seperti Gmail atau Hotmail, dan masih banyak lagi. Mohon diingat bahwa opsi kurang aman dibanding alamat email sementara atau alamat email terenkripsi. Banyak informasi tentang Anda yang dapat diambil melalui alamat email reguler Anda.

10. Hindari Login, Plugin, Program Langganan, dan Pembayaran

Jika Anda ingin browsing di dark web secara aman, anonimitas adalah opsi terbaik Anda. Saat Anda memilih untuk log in ke akun pengguna atau bank tertentu, anonimitas Anda akan terancam.

Bukan ide yang bagus untuk log in ke akun bank Anda saat berada di dark web. Setelah Anda masuk ke akun pengguna, setiap aktivitas di situs tersebut dapat dikaitkan ke profil pengguna, baik saat menggunakan Tor ataupun tidak. Maka, hal terbaik adalah untuk tidak log in ke profil atau akun apapun selama menelusuri dark web.

Namun, beberapa situs meminta Anda untuk memiliki akun supaya mendapatkan akses. Dalam kasus seperti ini, Anda dapat membuat alamat email yang dapat dibuang dan acak, lalu membuat akun yang sama sekali tidak bisa dikaitkan ke profil pribadi Anda dan menggunakan akun tersebut untuk browsing di situs.

Dengan membuat akun pengguna yang tidak dapat dikaitkan ke diri Anda, artinya Anda tidak boleh menggunakan nama, tanggal lahir, hobi, kesukaan, lokasi Anda, dll. Semakin acak dan anonim akun tersebut, semakin bagus.

Mayoritas orang menggunakan paling tidak beberapa plugin di browser mereka. Banyak dari plugin tersebut yang dapat mengumpulkan informasi pribadi dan sensitif tentang Anda, lokasi Anda, dan aktivitas Anda saat online. Maka dari itu, lebih baik untuk tidak mengaktifkan plugin saat sedang browsing di dark web.

11. Tahu Ke Mana Anda Akan Pergi

Dark web tidak dilengkapi dengan index pencarian reguler seperti Google. Anda harus tahu ke mana Anda akan pergi sebelum mengunjungi dark web. Artinya harus sudah memiliki URL spesifik untuk mengunjungi halaman-halaman yang tepat. Sebaiknya jangan langsung mengunjungi situs-situs tanpa tahu URL terlebih dahulu, karena mudah untuk sampai pada halaman-halaman yang berbahaya untuk Anda. Dark web menampun beberapa bagian internet yang sangat tidak bagus, seperti situs pornografi anak.

Supaya mampu memiliki beberapa pemahaman tentang navigasi dark web, ada situs panduan yang dapat membantu Anda untuk mencari hal yang Anda inginkan. Salah satu yang paling umum dikunjungi oleh banyak pemula adalah “The Hidden Wiki”.

Tempat bagus lainnya untuk membantu Anda dalam menelusuri dark web adalah:

The Hidden Wiki

Untuk mengunjungi the Hidden Wiki, salin alamat berikut di Tor: http://zqktlwiuavvvqqt4ybvgvi7tyo4hjl5xgfuvpdf6otjiycgwqbym2qad.onion/wiki/index.php/Main_Page.

The Hidden Wiki memberi Anda akses ke sejumlah mesin pencarian dan halaman untuk dikunjungi di dark web. Seperti yang bisa dilihat, navigasi di dark web bisa jadi cukup mudah.

Mohon diingat bahwa dark web kurang diatur jika dibandingkan dengan internet ‘normal’. Maka lebih mudah untuk secara tidak sengaja mengunjungi situs-situs mencurigakan. Disarankan untuk selalu berhati-hati.

The Hidden Wiki mungkin terlihat seperti halaman Wikipedia normal, tapi tentunya bukan. Meskipun berisi tautan ke halaman-halaman yang sah, ada pun tautan ke situs-situs dengan konten ilegal. Jadi gunakan akal Anda saat menggunakan the Hidden Wiki.

12. Gunakan Cryptocurrency

bitcoinDark web berisi sejumlah pasar (yang paling terkenal namun sudah tidak beroperasi adalah Silk Road). Banyak dari pasar tersebut menjual barang-barang yang ilegal di negara Anda. Anda sebaiknya selalu berhati-hati dan memahami peraturan di negara Anda sebelum membeli sesuatu di dark web.

Namun, tidak semua barang yang dijual di dark web itu ilegal. Dan adapun kemungkinan bahwa Anda ingin membeli sesuatu secara legal, namun secara anonim juga. Tidak semua hal yang Anda beli harus diketahui oleh publik.

Semua transaksi keuangan di dark web dilakukan melalui cryptocurrency dibanding proses transfer bank biasa atau kartu kredit. Hal ini diupayakan untuk memastikan anonimitas Anda dan pihak penjual.

Bitcoin cenderung menjadi nama pertama yang dipikirkan orang-orang saat mendengar cryptocurrency. Nama ini terkenal dan sering kali dianggap aman, dapat diandalkan, dan juga anonim. Namun, tidak sepenuhnya benar.

Bitcoin memiliki sejumlah masalah privasi seperti penggunaan kembali alamat, nodes yang terhubung, cookies pelacak, dan blockchain analytics. Artinya, ada kemungkinan bagi pihak lain untuk menghubungkan informasi pribadi Anda dengan transaksi tertentu yang telah Anda lakukan. Maka, opsi yang lebih baik adalah dengan menggunakan koin yang menghargai privasi pengguna. Dua jasa paling terkenalnya adalah Monero dan Zcash, namun adapun beberapa opsi lainnya. Gambaran luas mengenai jasa ini dapat ditemukan di sini.

Sebelum Anda membeli apapun di dark web, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda memahami peraturan di negara Anda dan cara kerja cryptocurrency.

13. Tutup Semuanya Setelah Anda Selesai

Setelah Anda selesai browsing di dark web, pastikan untuk menutup semua jendela browser Anda dan konten terkait lainnya. Jika Anda menggunakan Tails, matikan sistem operasinya dan gunakan kembali OS reguler Anda. Untuk lebih aman: reboot ulang perangkat Anda.

14. Sadari Bahwa Anda Tidak Pernah 100% Aman

Bahkan jika Anda sudah mengikuti semua tahapan sebelumnya, Anda tidak bisa dipastikan akan sepenuhnya aman di dark web. Anda dapat secara tidak sengaja memberikan informasi pribadi Anda atau menekan tautan yang sudah terkorupsi. Peretas selalu mencari cara baru untuk melampaui sistem dan pengaturan keamanan. Tahapan-tahapan sebelumnya pun tidak menjamin keamanan sepenuhnya dari hardware yang sudah terinfeksi. Jika hardware komputer Anda terinfeksi oleh beberapa jenis malware, penggunaan internet apapun sudah pasti akan terpengaruh dan terancam.

Singkatnya, ada banyak cara untuk meningkatkan keamanan Anda di dark web, tapi tidak semuanya bebas dari kemungkinan kesalahan manusia.

15. Konsultasi di Panduan Online, Blog, Mesin Pencarian, Situs Chat, dll.

Menelusuri dark web dengan aman bisa menjadi hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Maka dari itu, kami telah mengumpulkan beberapa hal yang dapat Anda gunakan untuk membantu Anda selama browsing. Anda tidak harus mengikuti panduan ini saja. Mohon untuk diingat, situs-situs di bawah ini masih ada kemungkinan berisi hal-hal yang mencurigakan atau bahkan malware. Tidak ada hal di dark web yang sepenuhnya aman. Jangan percaya dengan siapapun, gunakan logika Anda, dan semua resiko ditanggung sendiri jika memilih untuk mengakses.

Tipe situsTautan
Forum
  • The Hub: http://thehub5himseelprs44xzgfrb4obgujkqwy5tzbsh5yttebqhaau23yd.onion/
Mesin pencarian
  • DuckDuckGo: https://3g2upl4pq6kufc4m.onion/
Blog
  • Tor Metrics: http://rougmnvswfsmd4dq.onion/
Situs berita
  • New York Times: https://www.nytimes3xbfgragh.onion/
  • Privacy News: https://privacyintyqcroe.onion/
  • ProPublica: https://p53lf57qovyuvwsc6xnrppyply3vtqm7l6pcobkmyqsiofyeznfu5uqd.onion/

Kesan Akhir

Dengan panduan ini, Anda bisa tetap relatif aman saat mengunjungi dark web. Namun, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dark web tetap rumit. Butuh upaya yang banyak untuk mengakses dark dan setelah Anda masuk ke dalamnya, Anda kemungkinan tidak dapat mengunjungi banyak situs. Kami menyarankan Anda untuk membaca lebih banyak hal tentang dark web sebelum mencoba untuk mengakses bagian internet ini. Terakhir, jika Anda tidak yakin apa yang sebaiknya dilakukan di dark web, lebih baik tetap menggunakan situs-situs di web permukaan saja.

Akses ke Dark Web: tanya jawab

Apa Anda membutuhkan jawaban cepat atas pertanyaan Anda? Di bawah ini terdapat beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan terkait Dark Web dan cara mengaksesnya.

Untuk mengunjungi situs di Dark Web, Anda perlu menggunakan browser Tor. Ini merupakan browser yang memungkinkan Anda untuk mengunjungi URL Dark Web khusus. Namun, jika Anda ingin tetap aman di dark web maka juga dibutuhkan VPN.

Anda dapat mengunduh browser Tor seperti browser lainnya dari sebuah situs. Untuk browser Tor, situsnya adalah www.torproject.org.

Sebuah situs Dark Web adalah situs yang memiliki extension .onion di URL-nya. Ini hanya dapat diakses melalui browser Tor. Di media, mereka sering menggambar situs-situs Dark Web sebagai situs yang menampun aktivitas dan hal ilegal, namun tidak selal begitu kenyataannya.

Sebagian besar situs dark web memiliki extension .onion di URL-nya. URL ini sering kali merupakan kombinasi aneh akan huruf dan angka. Untuk alasa itu, banyak orang yang emnggunakan the Hidden Wiki atau mesin pencarian DuckDuckGo untuk browsing dark web.

The Hidden Wiki adalah halaman wiki dengan beberapa tautan ke situs Dark Web. Di sini Anda bisa menemukan beberapa tautan ke situs dark web.

DuckDuckGo adalah sebuah mesin pencarian (seperti Google). DuckDuckGo tidak mencatat penggunaan Anda dan dapat memperlihatkan situs .onion pada hasil pencariannya.

Analis keamanan cyber
David adalah seorang analis keamanan cyber dan salah satu pendiri VPNoverview.com. Tertarik dengan fenomena “identitas digital”, dan khususnya peduli dengan hak atas privasi serta perlindungan data pribadi
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar