Kamus Dark Web: Definisi untuk Semua Hal Di Dark Net

Computer on the table with router and magnifier and a letter A

Dark web penuh dengan jargon khusus dan percakapan yang bersifat teknis. Banyak orang di dark web yang menggunakan abreviasi atau kependekan yang tidak jelas bagi pemula. Maka dari itu, rangkuman singkat tentang terminologi yang sering digunakan di dark web kemungkinan besar akan berguna. Jika Anda ingin tahu lebih banyak, Anda dapat membaca artikel kami tentang dark web atau panduan kami tentang cara mengakses dark web.

2FA

2FA adalah kependekan daru two-factor-authentication. Ini merupakan cara yang lebih komprehensif untuk mengamankan sebuah akun. Dibanding hanya bergantung pada kata sandi Anda saja, 2FA mengharuskan Anda untuk melakukan idetifikasi diri untuk kedua kalinya sebelum dapat mengakses akun Anda. Sering kali ini dilakukan dengan kode yang akan dikirimkan ke smartphone Anda. Metode ini akan mempersulit pelaku kriminal yang ingin meretas akun Anda.

Alphabay

Alphabay dulunya merupakan situs pasar gelap terbesar setelah penutupan Silk Road. Saat Silk Road ditutup, mayoritas pembelinya berpindah ke Alphabay. Namun, setelah beberapa tahun, Alphabay juga ditutup oleh aparat hukum.

Blockchain

Blockchain merupakan teknologi yang mendukung bekerjanya Bitcoin. Hal ini berfungsi layaknya buku besar publik untuk memastikan kepatuhan dari pengguna. Secara teori, teknologi ini mengeliminasi kebutuhan pengguna akan bank-bank swasta.

Botnet

Sebuah botnet adalah jaringan perangkat yang telah terinfeksi virus. Oleh karena itu, peretas dapat mengoperasikan perangkat-perangkat yang terinfeksi tersebut secara sekaligus. Jaringan ini dapat digunakan dalam serangan DDoS dan terkadang dijual di dark web.

Bridges

Bridges adalah nodes yang dapat Anda gunakan untuk mengakses jaringan Tor meskipun jaringan ini dilarang oleh negara Anda. Bridge akan membuat seakan-akan Anda sedang masuk ke dalam jaringan dari lokasi yang berbeda. Oleh karena itu, batasan lokal tidak lagi berlaku untuk Anda. Beberapa orang juga menggunakan bridge sebagai cara mencegah penyedia layanan internet dari mengetahui bahwa mereka telah mengakses jaringan Tor. Jumlah bridge terbatas, maka penggunaan yang ilegal tidak disarankan. Khususnya karena orang-orang di beberapa negara membutuhkan program jenis ini untuk mendapatkan kebebasan online.

BTC

BTC adalah akronim yang diberikan untuk Bitcoins. Bitcoin masih menjadi cryptocurrency yang paling banyak digunakan dan sangat populer.

Clearnet

Sederhananya, clearnet adalah semua hal yang dapat Anda temukan di internet via mesin pencarian seperti Google. Semua hal ini adalah situs yang tersedia untuk publik dan tidak memerlukan registrasi apapun ataupun informasi log in. Namun, bukan berarti situs yang membutuhkan log in tidak masuk dalam bagian clearnet.

CP

CP adalah kependekan untuk Child Pornography. Sayangnya, dark web berisi sejumlah jaringan pedofil yang mana anggotanya dapat berbagi kontek-konten ilegal. Aparat hukum di seluruh dunia masih dalam proses mencoba untuk menutup jaringan seperti ini. Bahkan hacktivists seperti kelompok Anonymous telah melaksanakan beberapa aksi untuk melawan aktivitas ilegal ini. Namun, tetap saja masalahnya masih belum terselesaikan. Kadang-kadang, pelaku ditangap dan dihakimi. Akan tetapi, mayoritas dari komunitas ini masih terus ada.

Darknet

Darknet adalah sinonim dari dark web. Walaupun beberapa pendapat tentang definisi berbeda, kedua terminologi ini kebanyakan digunakan secara bergantian untuk arti yang sama.

Hidden Wiki

Hidden Wiki adalah halaman dark web yang terkenal. Jika baru pertama kali melihat halaman ini, mungkin sangat mirip dengan Wikipedia. Namun, di Hidden Wiki, Anda dapat menemukan tautan ke halaman dark web yang telah dikelompokkan sesuai kategori yang berbeda-beda. Ini memudahkan orang-orang saat menelusuri dark web. Jika Anda berkunjung ke Hidden Wiki, Anda perlu hati-hati akan tautan yang Anda klik karena belum pasti halaman apa yang akan keluar.

HS

HS adalah kependekan untuk ‘Hidden Services’. Jasa-jasa ini ditemukan tersembunyi di dark web karena mereka tidak melacak alamat IP dari penggunanya ataupun menyebar luaskan alamat IP-nya sendiri. Komunikasi diperbolehkan, hanya saja semua salurannya digelapkan atau disembunyikan.

LEA/LE

LEA dan LE adalah kependekan untuk ‘Law Enforcement Agencies/Law Enforcement’ (Agensi Aparat Hukum/Aparat Hukum). Akronim ini digunakan dalam ruang chat oleh pihak-pihak yang ingin menghindari aparat hukum. Agensi aparat hukum hadir dan aktif di pasar gelap serta mencoba untuk menangkap basah para pelaku kriminal. Maka ketahui hak-hak Anda dan jangan berbuat aktivitas yang ilegal. Tidak adanya yang ilegal terkait mempelajari dark web atau browsing di dark web.

Mystery Boxes

Mystery boxes (kotak misterius) dari dark web menjadi hal yang diminati di YouTube. YouTuber biasanya menjelaskan bahwa mereka telah membeli kotak misterius di dark web dan membukanya di depan kamera. Walaupun video ini terlihat menakutkan dan memicu adrenalin, kemungkinan besar video tersebut sepenuhnya palsu.

.Onion

.Onion adalah sebuah versi .com yang ada di dark web. AKhiran domain ini umumnya digunakan di dark web. Namanya diambil dari The Onion Router (Tor). Browser Tor digunakan untuk mengakses dark web.

OS (Live atau Host)

OS merupakan kependekan untuk Operating System (Sistem Operasi). Live OS mungkin adalah OS yang sementara dimuat dari perangkat lunak seperti VirtualBox. Host OS adalah sistem operasi yang mendukung komputer Anda, seperti Windows atau MacOS.

PGP

PGP adalah kependekan untuk ‘Pretty Good Privacy’. Metode cryptographic ini digunakan oleh ratusan ribuan orang setiap hari untuk berkomunikasi secara anonim dan aman.

Red Rooms

Red Rooms merupakan mitos yang umum dikenal dari Dark Web. Banyak orang yang mengatakan bahwa ada jenis situs tertentu di mana sejumlah orang membayar biaya untuk dapat mengakses livestream yang menayangkan penganiayaan seseorang. Untungnya, belum pernah ada laporan apapun terkait red room yang benar-benar terbukti.

Satoshi Nakamoto

Satoshi Nakamoto kemungkinan besar adalah pseudonim untuk pembuat dan perancang Bitcoin. Namun, ada kemungkinan bahwa terdapat beberapa orang yang berkolaborasi untuk membuat bitcoin.

Silk Road

Silk Road adalah ‘cerita sukses’ pertama di dark web. Seorang pria muda membuat pasar yang sepenuhnya bebas supaya orang-orang dapat bersaing. Namun, pasar ini ditutup pada tahun 2013 dan umumnya terkenal karena menjadi tempat narkoba dan senjata dijual.

Tails

Tails memiliki kepanjangan yaitu “The Amnesiac Incognito Live System” dan merupakan OS that dapat Anda muat dari USB drive supaya browsing dark web dilakukan secara anonim. Tidak ada informasi tentang aktivitas Anda yang tersimpan dalam komputer setelah Anda keluar dari sistem.

Tor

Tor adalah kependekan untuk The Onion Router. Ini merupakan protokol yang memungkinkan Anda untuk mengakses dark web. Browser Tor adalah browser yang paling banyak digunakan untuk mengunjungi dark web.

Vendor

Vendor adalah orang yang mencoba untuk menjual barang atau jasa di dark web, tepatnya di pasar tertentu.

VPN

VPN adalah kependekan untuk virtual private network. VPN digunakan untuk mengenkripsi data Anda dan melindungi privasi online Anda.

Whistleblower

Whistleblowers adalah seseorang yang membocorkan tindakan buruk atau kesalah dari sebuah perusahaan atau organisasi di dunia. Sering kali mereka mendapat informasi sensitif karena pernah bekejra untuk organisasi tersebut. Whistleblowers sering kali ingin tetap anonim karena, kalau tidak, mereka akan dipecat atau dituntut akibat informasi rahasia yang telah mereka sebarkan. Untuk alasan itu, banyak whistleblowers yang menggunakan dark web untuk berkomunikasi dengan jurnalis secara anonim.

Analis keamanan cyber
David adalah seorang analis keamanan cyber dan salah satu pendiri VPNoverview.com. Tertarik dengan fenomena “identitas digital”, dan khususnya peduli dengan hak atas privasi serta perlindungan data pribadi
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar