Situs di Dark Web yang Layak Dikunjungi

Browser window icon, laptop with onion link icon and submarine icon on a table
Buru-buru? Klik di sini untuk membaca rangkumannya.
Situs Terbaik di Dark Web: Rangkuman Singkat

Sulit untuk memperkirakan berapa banyak situs yang ada di dark web, tapi banyak orang setuju akan adanya beberapa situs dark web yang layak dikunjungi. Menurut riset kami, berikut daftarnya:

  • HiddenWiki – Gambaran luas yang berguna dan berisi banyak tautan ke situs dark web yang relevan
  • DuckDuckGo – Mesin pencarian unggulan di dark web
  • Ahmia – Mesin pencarian di dark web yang memungkinkan pencarian yang sangat merinci
  • Daniel – Gambaran luas lain berisi tautan dark web yang praktis
  • ProPublica – Platform jurnalisme
  • SecureDrop – Surga bagi whistleblower
  • Keybase – Berbagi file dengan aman di dark web

Tapi ingat: browsing di dark web bisa jadi menyenangkan, tapi bisa juga jadi hal yang berbahaya. Jika Anda tidak hati-hati dan tidak melakukan upaya keamanan yang tepat, Anda beresiko memberi komputer Anda infeksi malware atau spyware.

Ini alasan mengapa penting bagi Anda untuk menggunakan antivirus dan koneksi VPN yang solid saat browsing dark web. VPN yang bagus dan terjangkau yang bisa mengamankan data dan identitas Anda adalah Surfshark.

Jika ingin mencari tahu lebih banyak tentang situs-situs ini, dan pilihan top kami yang lain untuk situs terbaik di dark web, artikel ini tepat bagi Anda.

Dark web merupakan salah satu bagian misterius internet yang sebagian besar orang bisa dikunjungi hanya melalui browser Tor. Tautan onion (situs dengan akhiran ‘.onion’) menyajikan layanan tersembunyi yang tidak dapat diakses melalui browser biasa (kecuali Anda melakukan penyesuaian sendiri). Namun, browser Tor memungkinkan Anda untuk mengunjungi beberapa layanan tersebut sambil memberi juga lapisan anonimitas untuk Anda.

Saat dark web ada di dalam berita, sering kali dikaitkan dengan beberapa aktivitas ilegal. Terdapat banyak cerita tentang ‘’pasar gelap’’ di mana Anda bisa membeli segala produk ilegal seperti obat-obatan terlarang, senjata tajam, bahkan passport palsu. Meskipun hal tersebut ada benarnya, tapi sering kali, cerita-cerita itu terlalu dibesar-besarkan, tidak benar, dan berlebihan.

Biasanya, hal lebih positif yang dapat Anda temukan di dark web tidak disebutkan. Artikel ini dibuat untuk menunjukkan sisi lain dari dark web. Kami bahkan menyediakan situs dark web terbaru beserta tautan mereka supaya Anda bisa melihatnya sendiri.

Kami menyuguhkan sebuah daftar situs yang dapat dikunjungi ketika Anda penasaran tentang dark web, tapi ingin mengunjunginya secara aman. Beberapa situs dalam daftar ini cukup serius dan bermanfaat, sementara situs yang lain cukup konyol. Selamat mencoba! Bingung cara mengakses dark web? Cek panduan kami untuk mengakses dark web!


Peringatan: Mengakses Dark Web? Utamakan Keamanan!

Jika Anda menelusuri dark web, ada baiknya untuk mengambil upaya keamanan. Mengingat dark web tidak diatur, ada peningkatan kemungkinan resiko infeksi malware dan penjahat cyber yang berusaha mengambil data Anda. Pastikan Anda memiliki dan sudah memasang perangkat lunak antivirus dan selalu gunakan VPN.VPN mengenkripsi dan mengamankan semua traffic internet Anda. Layanannya melindungi privasi online dan menjaga Anda dari jenis kejahatan cyber tertentu.

Untuk memulai, Anda bisa mencoba Surfshark. Dengan beberapa dolar saja per bulan, Surfshark melindungi semua data internet Anda dengan enkripsi tingkat tinggi, sehingga jauh lebih sulit bagi pihak lain untuk mencegat data Anda. Selain itu, Anda menjadi anonim saat menggunakan Surfshark, karena alamat IP Anda akan tersembunyi. Hal ini mencegah pihak pemerintah, penyedia layanan internet (ISP), dan peretas yang ingin melacak aktivitas online Anda. Surfshark menawarkan garansi 30 hari uang kembali, sehingga Anda bisa mencobanya dengan bebas. Setelah mempunyai Surfshark, Anda bisa menelusuri tautan dark web secara lebih aman.

Surfshark
Penawaran:
Internet aman dan anonim hanya dengan modal $2,30 per bulan
Dari
$2.30
9.0
  • Sangat ramah konsumen serta bisa bekerja dengan Netflix dan torrent
  • Garansi 30 hari uang kembali. Tanpa syarat tambahan!
  • Harga murah dengan banyak pilihan tambahan
Kunjungi Surfshark

Meskipun dark web tidak memiliki mesin pencarian apa pun seperti Google, tetapi tetap bisa menelusurinya melalui mesin pencarian dan petunjuk – jika Anda paham di mana tempatnya. Sejumlah situs di bawah ini mungkin akan membantu Anda. Ingat bahwa Anda perlu membuka tautan onion ini di Browser Tor supaya bisa bekerja.

1. Hidden Wiki

Dark Web Hidden Wiki homepage
Tautan ke Hidden Wiki: Akses Hidden Wiki

Hidden Wiki merupakan Wikipedia versi dark web di mana Anda bisa menemukan tautan untuk beragam situs di dark web. Seperti yang mungkin Anda sadari dalam artikel ini, banyak tautan onion yang terlihat tidak masuk akal, karena mereka berisi kumpulan banyak angka dan huruf acak. Ini mempersulit Anda untuk menemukan situs yang sedang dicari. Hidden Wiki akan membantu pencarian untuk Anda Selain itu, mereka menyediakan halaman informatif tentang banyak topik yang mungkin menarik untuk dibaca.

Tetap aman dan anonim di Hidden Wiki dengan Surfshark VPN

Tapi, hati-hati. Pastikan Anda tidak mengklik tautan yang tidak ingin Anda lihat, karena Hidden Wiki bukan sekadar situs indeks legal. Faktanya, terdapat banyak situs “Hidden Wiki” yang ada di luar sana. Hidden Wiki dulunya dikenal sebagai host, atau setidaknya tempat indeks, beberapa situs pedofilia dan telah menjadi target serangan cyber oleh FBI dan Anonymous. Maka jangan kaget jika Anda melihat beragam versi Hidden Wiki “Resmi” atau “Bebas Sensor”. Namun, cara terbaiknya adalah untuk menghindari situs-situs palsu tersebut. Sebagian besar situs Hidden Wiki sampai saat ini menyediakan tautan untuk beberapa bagian dark web yang tidak ingin Anda kunjungi. Cara terbaik untuk menanganinya adalah dengan hanya menelusuri kategori yang relatif bebas dari bahaya.


2. DuckDuckGo

Screenshot of Onion link page DuckDuckGo
Tautan ke DuckDuckGo: https://duckduckgogg42xjoc72x3sjasowoarfbgcmvfimaftt6twagswzczad.onion/

DuckDuckGo merupakan mesin pencarian yang juga tersedia di web permukaan. Berbeda dengan mesin pencarian lainnya, DuckDuckGo tidak mengumpulkan dan membagi informasi pribadi Anda. Mesin pencarian ini ideal jika Anda ingin lebih anonim di web.

DuckDuckGo bisa digunakan di dark web, karena layanannya juga menunjukkan tautan .onion. Sebagian besar mesin pencarian biasa tidak mengindeks situs .onion. Dengan demikian, mesin pencarian reguler tidak akan mengarahkan Anda di dark web, sedangkan DuckDuckGo memungkinkan Anda untuk mengunjungi situs dark web.


3. Ahmia

Screenshot of Onion link page Ahmia
Tautan ke Ahmia: http://juhanurmihxlp77nkq76byazcldy2hlmovfu2epvl5ankdibsot4csyd.onion/

Ahmia adalah mesin pencarian lain yang bisa Anda gunakan di dark web. Layanan ini bertujuan untuk menyediakan Tor Anonimity Network bagi pengguna dengan mesin pencarian yang kuat dan kokoh untuk membantu menemukan beragam situs berguna di dark web. Selain itu, Ahmia juga bisa digunakan untuk melihat statistika, insight, dan berita seputar jaringan Tor.


4. Daniel

Screenshot of Onion link page Daniel
Tautan ke Daniel: http://danielas3rtn54uwmofdo3x2bsdifr47huasnmbgqzfrec5ubupvtpid.onion/

Daniel adalah sumber daya yang bagus untuk membantu Anda dalam menelusuri beragam tautan dark web dan browser Tor secara umum. Situs Daniel punya 7000 tautan onion yang dikelompokkan untuk mempermudah browsing. Selain itu, situsnya punya fungsi sendiri yang sangat berguna untuk memberi tahu Anda status online situs tertentu. Ini sangat berguna, karena artinya Anda tidak perlu klik dan memuat setiap tautan dark web yang terdaftar untuk memeriksa statusnya. Khususnya karena ada kemungkinan durasi muatan yang lama dari browser Tor, fitur ini bagus.


Bagian 2: Menjelajahi Dark Web

Dark web penuh dengan situs-situs mengejutkan. Salah satunya adalah Facebook. Meskipun kami tidak menyarankan Anda untuk masuk ke Facebook untuk segala jenis perlindungan online, akan tetapi tidak disangka bahwa media sosial ini punya peranan besar di dark web. Di dark web, Anda juga bisa temukan beragam versi dan mirror dari outlet dan platform berita yang digunakan whistleblower dan pihak lain untuk berbagi informasi secara aman. Terakhir, banyak jenis situs lain yang juga bisa Anda temukan di dark web seperti layaknya di web permukaan, seperti situs Bitcoin, Q&A, situs dengan metriks, dll.

5. Facebook

Screenshot of Onion link page Facebook
Tautan Onion ke mirror Facebook: http://facebookwkhpilnemxj7asaniu7vnjjbiltxjqhye3mhbshg7kx5tfyd.onion/

Ini adalah situs mirror dari Facebook yang asli. Dengan membuat akun Facebook di dark web, Anda bisa coba untuk melakukannya secara anonim sepenuhnya. Namun, butuh banyak usaha, karena seperti yang kita ketahui, Facebook suka mengumpulkan semua data sebanyak mungkin.

Hal yang lebih penting lagi, versi mirror jaringan sosial ini adalah cara untuk melampaui sensor pemerintah. Beberapa rezim menyensor media sosial atau membuatnya sama sekali tidak dapat diakses oleh masyarakat. Mereka melakukannya untuk menghapus bentuk perlawanan apa pun. Dengan menggunakan versi dark web dari Facebook, orang-orang bisa berusaha untuk tetap anonim dan berpendapat secara bebas.


6. Bitcoin dan cryptocurrency lain

Screenshot of Onion link page Hidden Wallet
Tautan ke HiddenWallet: http://d46a7ehxj6d6f2cf4hi3b424uzywno24c7qtnvdvwsah5qpogewoeqid.onion/

Meskipun Bitcoin baru saja populer di kalangan masyarakat umum, akan tetapi Bitcoin sebenarnya telah menjadi mata uang di dark web selama bertahun-tahun. Hal tersebut tidak mengherankan karena ada banyak situs cryptocurrency di dark web. Pada situs seperti HiddenWallet, Anda dapat mengelola cryptocurrency, serta menjual dan membelinya.


7. Mirror Tor BBC

Screenshot of Tor Mirror page BBC
Tautan dark web ke mirror resmi BBC: https://www.bbcnewsd73hkzno2ini43t4gblxvycyac5aw4gnv7t2rccijh7745uqd.onion/

Beberapa negara dan pemerintahan melakukan sensor online yang ketat dan memblokir akses ke situs berita asing. Situs BBC merupakan contoh utama dari sumber berita yang tidak dapat diakses di beberapa negara opresif. Setidaknya pada web permukaan. Maka hadir Tor.

BBC telah membuat mirror Tor spesial untuk situs berita, yang tersedia di dark web. Tujuannya tak lain untuk membuat orang secara anonim dapat mengakses situs BBC tanpa gangguan, terlepas lokasi tempat mereka tinggal. Ini berarti layanannya tidak fokus pada Inggris saja, melainkan mencakup berita dari seluruh penjuru dunia.


8. ProPublica

Screenshot of Onion link page ProPublica
Tautan ke ProPublica: http://p53lf57qovyuvwsc6xnrppyply3vtqm7l6pcobkmyqsiofyeznfu5uqd.onion/

ProPublica adalah outlet jurnalisme investigatif di web permukaan yang juga tersedia di dark web. Dengan begitu, pengunjung situs bisa tetap anonim jika mereka mau. Hal ini berguna bagi orang-orang yang tinggal di bawah rezim opresif, contohnya. Pada dasarnya, ProPublica tidak segan-segan meliput topik-topik kontroversial, seperti perbudakan anak dan politisi yang korup. ProPublica menerbitkan liputan berita dalam bahasa Inggris dan Spanyol.


9. Tor Metrics

Screenshot of Onion link page Tor Metrics
Tautan ke Tor Metrics: http://hctxrvjzfpvmzh2jllqhgvvkoepxb4kfzdjm6h7egcwlumggtktiftid.onion/

Di Tor Metrics, Anda dapat temukan informasi lebih lanjut mengenai Tor Project. Jika tertarik tentang privasi dan cara kerja Tor Project, situs ini dapat memberikan beberapa pengetahuan. Terlebih, jika Anda sedang riset Tor dan dark web untuk sebuah proyek sekolah, situs ini dapat membantu Anda dengan data statistik. Di antara hal lainnya, Anda dapat melihat jumlah orang yang menggunakan browser Tor dan situs .onion. Statistik pengguna Tor juga bisa memberi indikasi yang baik mengenai aktivitas yang ada pada dark web, jumlah layanan tersembunyi yang tersedia dan dari mana sebagian besar pengguna dark web berasal.

Beberapa fakta yang menyenangkan:

  • Hanya sekitar 6% pengguna Tor yang menggunakan browser untuk mengakses dark web
  • Beberapa pengguna Tor yang paling aktif berasal dari negara-negara yang populasinya relatif sedikit, seperti Jerman atau Belanda
  • Browser Tor sendiri telah diunduh sekitar setengah juta kali di tahun 2019

10. Hidden Answers

Screenshot of Onion link page Hidden Answers
Tautan ke Hidden Answers: http://pbqttnffb5sh6ckgnz4f5by55w25gd6tuw5f5qcctmnyk62eyhgx6rad.onion/

Hidden Answer dapat digambarkan sebagai versi dark web dari Reddit atau Quora. Anda dapat mengajukan pertanyaan apa pun sesuka hati, tanpa ada penyensoran. Orang lain di dalam komunitasnya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda. Hal ini juga menarik  meskipun Anda hanya melihat-lihat saja di platformnya. Tapi ingat bahwa bagian internet ini tidak disaring dan Anda mungkin akan melihat percakapan yang sebenarnya tidak ingin Anda lihat.

Tempat ini juga bagus untuk mengajukan pertanyaan mengenai dark web, jika Anda masih awam dengan tempat tersebut. Namun, ini merupakan pilihan yang lebih aman untuk mengunjungi beberapa subreddit untuk mencari jawaban atas pertanyaan spesifik perihal dark web.


11. SecureDrop

Screenshot of Onion link page SecureDrop
Tautan ke Hidden Answers: http://sdolvtfhatvsysc6l34d65ymdwxcujausv7k5jk4cy5ttzhjoi6fzvyd.onion/

SecureDrop merupakan tempat di mana para pelapor pelanggaran (whistleblower) dan wartawan dapat bertemu. Dark web adalah satu-satunya cara bagi whistleblower untuk berbagi informasi mereka dan memastikan bahwa mereka tidak akan terlacak. Para whistleblower sering kali punya informasi fatal terkait perusahaan atau bahkan pemerintah dan mereka berusaha untuk membagikannya kepada wartawan. Jika mereka melakukannya di web permukaan, besar kemungkinan mereka untuk dilacak, dan dalam beberapa kasus, dihukum. SecureDrop merupakan situs .onion yang melindungi privasi para whistleblower dan wartawan di seluruh belahan dunia. Banyak penerbit dan organisasi berita yang telah menyadari kekuatan para whistleblower anonim di dark web dan mereka membuat URL SecureDrop mereka sendiri. Beberapa contoh SecureDrop ternama adalah:


Bagian 3: Tautan Onion ke Layanan E-mail Dark Web

Terdapat banyak penyedia email di luar sana selain Outlook dan Gmail. Banyak yang juga bisa ditemukan di dark web. Lihat beberapa layanan luar biasa yang tersedia secara gratis di bawah ini.

12. ProtonMail

Dark Web ProtonMail screenshot homepage
Tautan ke ProtonMail: http://protonmailrmez3lotccipshtkleegetolb73fuirgj7r4o4vfu7ozyd.onion

ProtonMail merupakan layanan email terenkripsi Swiss yang terbaik di antara para klien email di luar sana. Mereka menggunakan enkripsi end-to-end dan tidak menyimpan log apapun. Selain itu, Anda tidak perlu memberi informasi pribadi ketika Anda membuat akun. Ingat bahwa ProtonMail juga punya versi untuk di web permukaan.

ProtonMail sendiri menyatakan bahwa penggunaan Tor untuk mengakses (versi dark web dari) ProtonMail akan memberi keuntungan keamanan dan keuntungan lain terkait aspek kebebasan. Pada dasarnya, penggunaan Tor – cara yang paling umum dan aman untuk mengakses dark web – lebih jauh mempersulit pihak eksternal yang ingin melihat situs atau layanan (surat) yang Anda kunjungi. Selain itu, jika ProtonMail, atas dasar alasan apa pun, diblokir di negara tempat Anda berada, Tor kemungkinan bisa membantu Anda untuk melampaui blokir tersebut.


13. CTemplar

CTemplar screenshot with logo
Tautan ke CTemplar: http://ctemplarpizuduxk3fkwrieizstx33kg5chlvrh37nz73pv5smsvl6ad.onion/

CTemplar adalah sebuah rangkaian layanan email lengkap yang tersedia di jaringan TOR. Seperti layaknya ProtonMail. CTemplar menggunakan enkripsi end-to-end untuk melindungi email Anda. Layanan email ini tidak mengambil data pengguna apapun dan semua informasi yang dikirim ke servernya akan langsung dihapus. Lebih dari itu, CTemplar berbasis di Islandia, sebuah yurisdiksi yang ramah privasi. Penggunaan layanan CTemplar via Browser Tor menambahkan lapisan anonimitas tambahan dan menjadikan komunikasi Anda semakin lebih aman.


14. Elude

Screenshot of Onion link page Elude
Tautan ke Elude: http://eludemailxhnqzfmxehy3bk5guyhlxbunfyhkcksv4gvx6d3wcf6smad.onion/

Elude adalah client email lain yang bertujuan untuk menyimpan email Anda supaya aman dari pihak lain. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima email anonim via email. Tidak ada informasi yang dibutuhkan untuk membuat akun Elude. Layanan ini sepenuhnya gratis dan memberikan pilihan yang bagus bagi pengguna yang ingin membagi informasi sensitif dan rahasia melalui email. Kemudahan penggunaannya menjadikan layanan ini pilihan yang bagus.


15. Riseup

Screenshot of Onion link page Rise Up
Tautan ke Riseup: http://vww6ybal4bd7szmgncyruucpgfkqahzddi37ktceo3ah7ngmcopnpyyd.onion/

Riseup adalah situs dark web yang menyediakan pilihan email dan chat aman. Faktanya, platform ini dibuat supaya orang-orang dan kelompok yang sedang bekerja untuk perubahan sosial dan pembebasan dapat berkomunikasi secara aman dengan satu sama lain. Sampai saat ini, Riseup memastikan bahwa tidak ada sejarah komunikasi yang disimpan dan platformnya terlindungi dari serangan berbahaya dan intervensi pemerintah.

Satu-satunya kekurangan dari klien ini adalah Anda membutuhkan kode undangan untuk membuat akun Riseup. Dalam bahasa lain, Anda perlu mengenal seseorang yang sudah menggunakan platform ini untuk bisa masuk. Namun, tanpa kode tersebut, Anda tetap bisa browsing di bagian keamanan Riseup, yang menawarkan banyak tips tentang cara meningkatkan keamanan informasi sehari-hari Anda.


16. Keybase

Screenshot of Keybase website
Tautan ke Keybase: http://keybase5wmilwokqirssclfnsqrjdsi7jdir5wy7y7iu3tanwmtp6oid.onion/

Meskipun secara teknis ini bukan layanan email, Keybase adalah cara yang bagus untuk berbagi informasi yang Anda temukan di jaringan Tor secara aman dengan teman dan kontak lain. Alat ini sederhana namun efektif dan bekerja seperti layaknya aplikasi messaging populer lainnya, seperti WhatsApp dan Signal.

Hal bagus tentang Keybase adalah servernya bahkan tidak tahu tentang hal yang Anda salin dan tempel. Pada dasarnya, data Anda terenkripsi di browser Anda sebelum sampai ke server Keybase. Anda juga bisa melindungi pesan Anda dengan kata sandi dan pilih durasi untuk jangka waktu kedaluwarsa pesan Anda. Dengan begitu, alat komunikasi ini menawarkan tingkat keamanan dan anonimitas yang baik.


Bagian 4: Beragam Tautan Dark Web yang Berbahaya

Kami akan meyimpulkan beberapa tautan onion menarik yang tidak masuk ke dalam tiga kategori di atas.

17. Comic Book Library

Screenshot of Onion link page Comic Book Library
Tautan Onion ke Comic Book Library: http://nv3x2jozywh63fkohn5mwp2d73vasusjixn3im3ueof52fmbjsigw6ad.onion/

Apakah Anda pecinta komik? Di Comic Book Library, Anda dapat mengunduh ribuan buku komik, mulai dari judul yang sangat umum sampai judul yang sangat langka. Tapi hati-hati terhadap segala bentuk pelanggaran hak cipta saat Anda mengakses komik melalui Comic Book Library.


18. Imperial Library

Screenshot of Onion link page Imperial Library
Tautan ke Imperial Library: http://kx5thpx2olielkihfyo4jgjqfb7zx7wxr3sd4xzt26ochei4m6f7tayd.onion/

Imperial Library, seperti layaknya Comic Book Library, menyimpan beragam buku digital. Dalam kasus Imperial Library, ini melampaui sekedar buku komik saja: Anda bisa menemukan segala jenis konten di situsnya. Saat artikel ini ditulis, ada lebih dari 400.000 buku di koleksi online mereka. Sekali lagi, hati-hati akan pelanggaran hak cipta.


19. Deep Web Radio

Screenshot of Onion link page Deep Web Radio
Tautan ke Deep Web Radio: http://anonyradixhkgh5myfrkarggfnmdzzhhcgoy2v66uf7sml27to5n2tid.onion/

Sedang mencari beberapa musik untuk menemani Anda saat menelusuri tautan dark web di artikel ini?. Anda beruntung, karena dark web punya stasiun radio digital tersendiri. Dengan Deep Web Radio, Anda dapat memilih semua jenis aliran musik untuk didengar melalui Tor. Saat kami periksa, kami bisa memilih di antara sebelas saluran berbeda dan tentunya dengan aliran musik yang berbeda dengan yang sedang diputar.


20. Tunnels

Screenshot of Onion link page Tunnels VT
Tautan ke blog tentang sistem tunneling VT (Virginia Tech): http://bvten5svsltfpxrxl72ukqxixwo2m5ek5svmcxgrmkta4tbmiemuibid.onion/

Tautan onion terakhir yang akan kami sebutkan cukup berbeda dibanding tautan lain dalam daftar ini. Ini adalah situs-situs yang menggambarkan “petualangan” penjelajah urban yang menelusuri sistem terowongan universitas-universitas terbesar di Amerika. Cara mengakses terowongan ini berbahaya dan ilegal. Ini kemungkinan besar alasan mengapa para penjelajah membuat blog mereka di dark web, dibanding di web permukaan.


Peringatan

Rasa ingin tahu adalah suatu hal yang bagus, akan tetapi perlu diingat bahwa hal ini juga berbahaya! Mungkin menarik untuk melihat dark web, tapi hal tersebut juga berpotensi menjadi berbahaya. Sebelum Anda sadari, Anda mungkin sudah menekan tautan berbahaya dan komputer Anda mungkin terinfeksi malware. Atas dasar alasan ini, kami sarankan Anda untuk tidak mengunjungi bagian internet ini jika tidak punya alasan yang baik untuk melakukannya.

Jika Anda ingin menjelajah, pastikan Anda melakukan beberapa upaya keamanan untuk melindungi diri dari serangan online apa pun.


Upaya Keamanan

VPN shield

Mengunjungi dark web bukan hal yang bebas resiko, oleh karena itu kami sarankan Anda untuk mengambil langkah-langkah berikut untuk melindungi diri sendiri dan perangkat Anda.

Pertama-tama, Anda perlu perangkat lunak anti-malware yang bagus. Untuk mencegah perangkat Anda supaya tidak terinfeksi virus atau spyware, Anda perlu memasang program antivirus yang bagus. Jenis perangkat lunak ini penting, bahkan jika Anda hanya browsing di web permukaan.

Kedua, seperti yang sudah kami sebutkan di awal artikel ini, Anda perlu mencari VPN yang bagus. VPN (Virtual Private Network) merupakan perangkat lunak yang mengenkripsi semua traffic internet dan menyembunyikan alamat IP asli Anda. Jika Anda menggunakan VPN, tidak ada yang bisa melihat saat Anda tengah mengunjungi dark web. Selain itu, peretas di dark web tidak bisa melacak aktivitas Anda dan mengaitkannya ke alamat IP pribadi Anda. Beberapa penyedia VPN bagus yang tersedia adalah Surfshark, NordVPN, and IPVanish.

Lihat Penyedia VPN Terbaik

Terakhir, penting untuk selalu menggunakan akal sehat kita saat sedang browsing. Jangan klik tautan apa pun yang tidak Anda percayai dan jangan isi informasi pribadi apa pun pada halaman di dark web.


Kesan Akhir

Dark web terdengar misterius dan bahkan mungkin menakutkan, tetapi beberapa situs .onion sebenarnya sangat biasa. Bagi para pengguna internet biasa, tidak ada alasan yang bagus untuk menjelajah ke sana. Tetapi, jika ingin mencoba, Anda mungkin ingin mengunjungi salah satu dari banyak situs yang disebutkan di atas. Mereka relatif merupakan platform yang aman dan tidak berbahaya, meskipun selalu ada resiko menemukan hal yang berbahaya atau tidak diinginkan saat Anda berada di dark web.

Ingat bahwa ada banyak bisnis yang kurang sehat di dark web, jadi hati-hati dan jangan klik tautan apa pun yang tidak Anda percayai. Gunakan akal sehat Anda dan selamat menikmati pengalaman menelusuri tautan dark web di atas atau yang lainnya!

Situs Dark Web yang Layak Dikunjungi - FAQ

Punya pertanyaan spesifik tentang situs dark web? Lihat bagian FAQ kami di bawah ini. Jika Anda tidak bisa menemukan hal yang Anda cari, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bagian bawah!

Mengunjungi situs dark web tidak termasuk ilegal! Berbeda dari yang banyak dipercaya orang-orang, tidak semua situs di dark web berisi pengguna yang menjual narkoba dan senjata.

Ada banyak ragam situs di dark web, mulai dari layanan email yang aman, outlet berita, perpustakaan online dan banyak hal lain. Tentunya, ada tempat-tempat mencurigakan juga, tapi asalkan Anda menggunakan akal sehat maka Anda bisa dengan mudah menghindari masalah (hukum) di dark web.

Untungnya browser Tor, yang akan Anda gunakan untuk mengunjungi dark, sudah punya beberapa fitur keamanan dan privasi sendiri. Pada dasarnya, layanan ini menawarkan enkripsi di setiap titik yang dilalui traffic Anda – paling tidak ada tiga titik. Selain itu, layanannya memandu traffic Anda melalui berbagai server dan menjamin tingkat privasi yang tinggi untuk Anda.

Namun, supaya bisa lebih aman kami sarankan Anda untuk mengambil beberapa upaya keamanan tambahan, seperti dengan menggunakan VPN. Untuk tips lebih lanjut tentang cara aman mengakses dan menelusuri situs dark web, lihat artikel ini.

Dark web tidak semudah web permukaan untuk ditelusuri. Hal ini sebagian besar karena tautan situs di dark web yang aneh dan terlihat acak. Untungnya, ada beberapa situs indeks yang mempunyai daftar tautan dark web dan bahkan mengelompokkan mereka, seperti Hidden Wiki dan Daniel. Sumber bagus lain untuk menemukan beberapa tautan online yang patut dikunjungi adalah artikel ini.

Analis keamanan cyber
David adalah seorang analis keamanan cyber dan salah satu pendiri VPNoverview.com. Tertarik dengan fenomena “identitas digital”, dan khususnya peduli dengan hak atas privasi serta perlindungan data pribadi
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar