Browser Tor – Apa dan mengapa Anda perlu menggunakannya?

Computer on a table with onion icon and incognito Wi-Fi background
Klik di sini untuk melihat rangkuman
Rangkuman: Apa itu Tor dan bagaimana cara untuk memasangnya?

Browser Tor merupakan browser internet yang mengijinkan para penggunanya untuk menelusuri internet secara anonim. Anda juga akan diberi akses masuk ke situs gelap internet. Tor adalah jaringan server yang tersebar di seluruh dunia dan dibuat secara khusus untuk komunikasi pribadi. Jika Anda ingin mulai menggunakan browser Tor, Anda dapat mengikuti tahapan di bawah ini:

  1. Cari VPN yang pantas untuk melindungi Anda saat online
  2. Kunjungi situs proyek Tor
  3. Unduh browser Tor yang tepat untuk sistem operasi Anda
  4. Pasang browser
  5. Klik ‘Connect

Sekarang Anda sudah siap untuk browsing seluruh sudut internet dengan browser Tor. Jika Anda tidak yakin VPN mana yang terbaik dalam melindungi Anda saat menggunakan Tor, kami akan menyarankan CyberGhost:

Untuk informasi lebih lanjut tentang Tor dan panduan pemasangan yang lengkap, Anda dapat melihat artikel kami di bawah ini.

Tor The Onion Router Logo

Jika Anda tertarik untuk melindungi privasi dan anonimitas online, Anda mungkin sudah pernah mendengar tentang Tor. Untuk banyak orang, Tor adalah dasar dari kebebasan yang sesungguhnya di internet. Namun, sebenarnya apa itu Tor? Bagaimana cara kerjanya dan mengapa Anda perlu menggunakannya? Apa perbedaan utama dari browser Tor dan solusi untuk privasi lainnya, seperti VPN atau server proxy? Baca tentang semuanya secara lengkap di artikel ini!

Utamakan Keamanan: hati-hati saat Anda mulai menggunakan Tor!

Kami sepenuhnya paham bahwa Anda bersemangat untuk mencoba semua kemungkinan baru yang datang dengan Tor. Namun, beberapa kemungkinan tersebut beresiko besar. Satu contohnya adalah situs gelap. Tor memberikan Anda akses ke dalam sisi gelap internet, namun Anda sebaiknya tidak mencoba untuk mengaksesnya tanpa paham betul tentang lingkungan yang ingin Anda masuki. Maka dari itu, sebelum kami memberi tahu Anda lebih banyak tentang Tor, kami akan memperlihatkan beberapa upaya yang dapat Anda gunakan untuk tetap aman saat menggunakan browser Tor, khususnya saat mengunjungi situs gelap internet.

Pertama, pastikan bahwa Anda telah memeriksa pengaturan keamanan dari Tor. Tor menggunakan sistem data enkripsi yang sangat efektif dan terandalkan, seperti yang nanti akan kami jelaskan. Meskipun demikian, pengaturan keamanan Tor akan membuat pengalaman online Anda semakin aman. Kedua, walaupun hal ini mungkin sudah sangat jelas untuk banyak orang, namun penting diingat untuk tidak mengunjungi situs dan tautan click on yang tidak Anda percayai. Tentunya, hal ini perlu Anda ingat tanpa memandang apapun jenis browser dan upaya keamanan yang Anda sedang gunakan. Terakhir, kami menyarankan Anda untuk menggunakan VPN yang baik dan aman, atau juga dikenal dengan virtual private network.

Gunakan VPN untuk tetap aman saat menggunakan Tor

Penggunaan VPN di saat yang bersamaan dengan Tor akan menjamin tingkat enkripsi yang lebih baik untuk data Anda. Selanjutnya, VPN juga menyembunyikan alamat IP Anda dengan cara menampilkan IP dari server VPN yang sedang Anda gunakan dibanding alamat IP “asli” Anda yang statis. Artinya, Anda akan lebih aman saat browsing. Penyedia VPN yang kami sarankan untuk fungsi keamanan tambahan saat menggunakan browser Tor adalah CyberGhost. Penyedia ini menawarkan sistem enkripsi ganda yang sangat bisa diandalkan dan aman, harganya pun ekonomis dan bahkan ada pula garansi 45 hari uang kembali. Ini artinya Anda dapat menguji coba untuk memastikan perangkatnya dapat bekerja dengan baik untuk Anda sebelum harus berkomitmen dengan program langganan tahunan yang ditawarkan.

CyberGhost
Penawaran:
Coba CyberGhost seharga $1.99 per bulan!
Dari
$1.99
8.8
  • Sangat ramah konsumen
  • Kualitas tinggi dengan harga rendah
  • Torrent dan Netflix bisa bekerja
Kunjungi CyberGhost

Apa itu Tor?

Tim di balik Tor (The Onion Router) menyediakan perangkat lunak gratis bersifat open-source untuk membantu Anda browsing secara anonim. Awalnya jaringan Tor dirancang untuk membantu angkatan laut Amerika Serikat. Jaringan ini dirancang untuk memungkinan angkatan laut AS dan organisasi militer lainnya dalam berkomunikasi secara anonim saat online. Namun sekarang, Tor terutama memusatkan perhatiannya terhadap browser dan pengembangan beberapa alat privasi lainnya yang nanti kami akan jelaskan sedikit.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, browser Tor sangat bermanfaat untuk privasi online dan, sampai pada batasan tertentu, keamanan Anda. Browser ini menggunakan jaringan server yang tersebar di seluruh dunia. Saat menggunakan browser Tor, data Anda akan diproses melalui beberapa server Tor yang berbeda (atau “nodes”). Traffic ini akan mengenkripsi data tersebut dalam intensitas yang tinggi dan pelan-pelan membuka setiap lapisan kodenya satu demi satu di nodes yang lain. Artinya, siapapun yang mencoba untuk mengidentifikasi Anda menggunakan traffic online Anda hanya akan menemukan server terakhir yang dilalui data Anda, yaitu ‘exit node’. Dalam bahasa lain: browser Tor memungkinkan proses identifikasi penggunanya untuk dibuat sangat sulit.

Tor Network Nodes

Untuk mengakses jaringan Tor, Anda hanya butuh untuk mengunduh browser Tor. Semua hal yang Anda lakukan saat online menggunakan browser Tor akan secara otomatis dienkripsi dan dibuat anonim melalui proses yang digambarkan di atas.

Satu kekurangan yang kerap dibicarakan dari browser Tor adalah kecepatannya yang sangat rendah dibanding koneksi internet Anda pada biasanya. Hal ini dikarenakan traffic online Anda akan dikirim melalui nodes yang berbeda-beda, sehingga koneksi internet harus melalui rute yang panjang dan akibatnya berpengaruh terhadap kecepatan yang menurun secara signifikan.

Apa yang digunakan orang dengan Tor?

Meskipun pengembang Tor pada awalnya menciptakan perangkat lunak ini untuk tujuan militer, namun sekarang Tor sudah berkembang menjadi sebuah alat yang berguna untuk semua kalangan – khususnya mereka yang memiliki sesuatu yang ingin ditutupi atau akan untung dari adanya anonimitas online. Banyak jurnalis dan aktivis politik yang menggunakan Tor untuk menghindari hukuman. Biasanya, pihak-pihak ini tinggal di negara yang pemerintahnya akan menghukum mereka atas dasar pendapat dan pandangan yang ingin mereka bagikan di internet.

Sejalan dengan hal tersebut, jurnalis pun menggunakan Tor untuk melindungi sumber mereka. Jika seorang sumber tidak ingin mengambil resiko untuk diketahui identitasnya, mereka dapat memberikan informasi sensitif melalui browser Tor. Bukan hanya penyedia informasi, namun konsumen dari informasi tersebut pun dapat ditemukan di Tor. Banyak orang yang menggunakan browser Tor untuk mengakses konten yang direstriksi secara geografis, melampaui sensor dan mengunjungi situs-situs spesifik. Pada akhirnya, banyak halaman seperti yang ada di situs gelap, yang tidak bisa terlihat jika Anda menggunakan “browser normal” seperti Safari atau Firefox.

Kelompok orang lainnya yang terkenal karena menggunakan Tor adalah whistle-blowers (pelapor). Contohnya, salah satu pengguna dan pendukung Tor yang terkenal adalah Edward Snowden, sosok yang mengungkapkan dokumen-dokumen program pemantauan rahasia yang dilakukan di Amerika Serikat. Mirip dengan hal ini, Tor juga dapat digunakan oleh karyawan untuk membuka aib perusahaan atau rahasia pemerintah serta mengungkap aktivitas ilegal ataupun imoral yang sedang dilakukan.

Sisi gelap dari Tor

Walaupun terlihat sangat positif, tidak semua orang menggunakan Tor untuk tujuan yang “mulia”. Contohnya, banyak peretas dan kriminal cyber yang menggunakan Tor untuk tetap anonim saat sedang melakukan bisnis ilegal. Tor khususnya berguna untuk para kriminal, karena mampu menyediakan akses ke situs gelap internet. Sisi gelap dari internet ini berisi banyak jaringan ilegal seperti pasar gelap yang dulu dikenal dengan sebutan Silk Road. Dulunya pasar ini merupakan jaringan luas tempat orang berjual-beli segala macam barang ilegal seperti narkoba dan senjata api. Singkat kata, banyak kriminal yang menggunakan Tor untuk menghindari resiko ditangkap saat sedang melakukan transaksi dan aktivitas ilegal.


Tor bukan hanya digunakan untuk mendapatkan anonimitas sebagai pengguna internet. Dengan Tor, Anda juga dapat menjadi pemilik dari situs yang hanya bisa diakses oleh orang-orang yang menggunakan browser Tor. Dengan ini, situs apapun yang dikelola menggunakan jaringan Tor tidak akan tercatat atau ditemukan melalui mesin pencarian terkenal seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox. Inilah alasannya mengapa mereka masuk ke dalam bagian dari situs gelap internet.

Penggunaan Tor itu sendiri sepenuhnya legal untuk mayoritas dari yurisdiksi yang ada, khususnya di “dunia barat”. Namun, seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, beberapa oknum menggunakan Tor untuk aktivitas ilegal karena perangkat lunaknya membantu pengguna untuk mencapai anonimitas saat online. Dengan menggunakan Tor, aktivitas ini tetap saja ilegal. Maka dari itu, kami sangat menyarankan Anda untuk tidak melakukan praktik-praktik tersebut.

Batas privasi dan keamanan Tor

Eye on Laptop

Tor berguna, namun pastinya memiliki kekurangan. Tingkat anonimitas saat browsing dengan Tor tidak setinggi yang Anda mungkin harapkan. Walaupun tim Tor selalu berusaha untuk meningkatkan perlindungan mereka, perangkat lunak mereka sudah pernah diretas sebelumnya. Tor telah menegaskan bahwa yang diretas bukanlan jaringan dan sistem mereka, melainkan browser individu. Pada akhirnya, walaupun penjelasan tersebut mungkin sudah cukup untuk pengguna, hal ini tetap memperlihatkan bahwa Tor juga tidak sempurna jika digunakan sendirian sebagai upaya privasi.

Dengan bantuan penyedia layanan internet, penegak hukum terkadang mengungkapkan identitas asli dari para pengguna Tor. Namun, mereka hanya dapat melakukannya secara selektif. Saat terjadi sesuatu yang tidak benar, pihak resmi mungkin berupaya untuk menggunakan metode ini dalam mengungkap sebuat situs atau individu tertentu. Selama Anda masih patuh akan hukum yang ada, maka Anda akan baik-baik saja. Akan tetapi, Anda tetap harus sadar bahwa dengan menggunakan browser Tor, yang juga digunakan oleh banyak oknum untuk aktivitas ilegal di situs gelap, maka kemungkinan pihak otoritas untuk mencoba melacak Anda akan lebih besar.

Tingkat privasi yang lebih tinggi tidak menjamin tingkat keamanan yang tinggi

Privasi tidak selalu berarti aman. Tor tidak dapat menjamin bahwa Anda akan aman dari serangan cyber dan kriminal cyber saat menggunakan browser mereka. Jaringan Tor sangat sulit untuk dilacak, terbukti dari fakta bahwa kode yang digunakannya adalah open-source. Namun, hal yang sama bukan berarti berlaku juga untuk browser Anda, yang secara relatif mudah untuk diretas. Bahkan serangan man-in-the-middle (adanya pihak tengah yang membantu) mungkin terjadi di Tor dengan bantuan dari ISP. Untungnya, pengembang Tor sadar akan resiko ini dan saat ini sedang berupaya untuk meningkatkan perangkat lunak Tor agar pengguna lebih mudah untuk melindungi diri mereka sendiri.

Jika Anda ingin menggunakan Tor, maka pastikan untuk mengunduh versi terbarunya. Sangat jelas bahwa Tor memiliki kekurangan, namun mereka selalu berupaya untuk meningkatkan perangkat lunak mereka agar lebih baik dan aman ke depannya. Anda juga dapat mendapat keuntungan dari hal ini jika Anda terus memperbaharui sistem Anda sesuai perubahan yang ada.

Apakah Tor cocok untuk Anda?

Bagi pengguna internet biasanya, anonimitas yang ditawarkan Tor tidak akan cukup untuk mendorong mereka agar mulai menggunakan perangkat lunak ini. Alasan utamanya terletak dari sistem enkripsi yang mengakibatkan koneksi internet Anda untuk menurun secara drastis. Selain itu, seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, pelaksanaan pemantauan online membutuhkan waktu dan biaya, artinya pemerintah tidak bisa – atau bahkan mungkin mereka tidak mau – mengintai setiap warga negaranyana. Mereka harus fokus pada pola perilaku online tertentu yang mencurigakan. Maka dari itu untuk mayoritas orang yang menghabiskan waktunya di internet dengan, contohnya, menonton video lucu kucing atau mencari restoran pizza terdekat tidak akan terlalu diuntungkan dengan menggunakan browser Tor.

VPN: alternatif dari Tor

VPN on mobile

Di saat Anda dapat browsing relatif secara anonim dengan Tor, browser-nya tetap tidak membuat aktivitas online Anda yang lainnya menjadi anonim ataupun aman karena dilindungi. Aplikasi yang bekerja diluar browser tidak akan terlindungi oleh jaringan Tor. Jika Anda ingin memastikan bahwa semua aktivitas online Anda sudah dienkripsi dan dibuat anonim, maka VPN mungkin solusi yang lebih baik untuk Anda. Khususnya jika Anda sedang mencoba untuk, contohnya, mengamankan koneksi Anda dari kriminal cyber saat menggunakan jaringan Wi-Fi publik, maka VPN akan sangat berguna.

VPN memungkinkan Anda untuk menggunakan internet tanpa restriksi. VPN juga membantu Anda dalam melampaui sensor geografis dan restriksi geografis apapun secara umum, layaknya restriksi yang diberlakukan oleh Netflix. Lebih dari itu, VPN juga mengenkripsi semua traffic data Anda dan memastikan bahwa Anda dapat browsing dan mengunduh secara anonim sepenuhnya. Mayoritas dari VPN baik yang ada memiliki kecepatan internet yang jauh lebih superior dibanding browser Tor. Artinya streaming, proses mengunduh, dan gaming secara umum akan lebih mudah dan tidak sesulit yang akan terjadi saat menggunakan browser Tor.

Namun ada beberapa hal yang tidak bisa dilakukan oleh VPN. VPN tidak akan memberikan Anda akses ke situs gelap internet, terutama. Jika Anda menggunakan VPN untuk mengunjungi situs gelap, maka VPN akan membantu Anda untuk tetap aman dari malware, serangan online dan resiko bahaya lainnya. Keuntungan kedua dari Tor dibanding VPN adalah bahwa Tor sepenuhnya gratis. Sebaliknya, banyak dari VPN yang baik akan meminta kompensasi kecil per bulannya atas jasa yang ditawarkan.

Apakah saya sebaiknya menggunakan Tor?

Keputusan untuk sebaiknya menggunakan Tor atau tidak sepenuhnya bergantung pada kebutuhan Anda. Tor gratis dan mudah untuk digunakan, dan biasanya merupakan perangkat lunak yang sangat efektif dalam sektor privasi. Anda akan mendapatkan akses ke situs gelap internet dan memiliki beberapa pilihan untuk melindungi keamanan online Anda. Di sisi lain, Tor lumayan lamban dan membuka kesempatan untuk terjadinya banyak bahaya saat online. Jika Anda lebih mengutamakan koneksi yang cepat, contohnya untuk streaming, mengunduh dan gaming, maka kami akan menayrankan VPN. Silahkan melihat ulasan kami tentang VPN berserta alat pembanding yang ada untuk memeriksa VPN mana yang paling cocok dengan kebutuhan Anda.

Apa perbedaan antara Tor dan server proxy?

Selain dari Tor dan VPN, Anda pun bisa memilih untuk meningkatkan privasi dan keamanan online Anda menggunakan server proxy. Namun, secara umum server proxy hanya bekerja untuk tujuan dan situasi spesifik, seperti mengakses The Pirate Bay. Bahkan saat melakukan fungsinya ini, banyak yang tetap merasa kurang efektif dibanding Tor ataupun sebuah VPN yang baik. Akan tetapi, banyak yang kerap penasaran tentang perbedaan antara proxy dan Tor. Maka dari itu, kami akan menjelaskan perbedaan-perbedaan utamanya di sini.

Apa yang dilakukan oleh server proxy?

Sebuah server proxy, layaknya VPN atau Tor, adalah cara lain untuk memandu traffic online Anda melalui server yang berbeda (secara kiasan) antara komputer Anda dan ‘server tujuan’ data Anda. Server ini adalah proxy, yang ditawarkan untuk Anda dari orang yang memilikinya. Pengaturan yang digunakan untuk ini cukup sederhana: semua orang yang menggunakan jasa ini dapat mengirimkan data mereka melalui server yang sama. Semua orang akan mendapatkan alamat IP ‘palsu’ yang sama.

Anonymous browsing with proxy

Mengapa Tor dan VPN lebih baik dalam melindungi Anda dibanding proxy?

Banyak orang cenderung menyukai proxy karena mayoritas dari jasa yang ada gratis untuk digunakan. Namun bukan berarti proxy adalah solusi terbaik untuk permasalahan online Anda. Server proxy hanya menawarkan sebuah tingkat anonimitas dan keamanan online yang berbatas. Contohnya, proxy secara umum tidak mengenkripsi data Anda seperti Tor dan VPN. Lebih dari itu, privasi yang ditawarkan oleh proxy kurang bisa diandalkan ketika dibandingkan dengan VPN yang baik dan aman seperti PIA.

Kelemahan lain yang datang dengan menggunakan server proxy adalah fakta bahwa pemilik server dapat melihat secara jelas apa yang Anda lakukan saat online. Secara teori, mereka dapat mencatat informasi tersebut, yang berpotensi untuk menyebabkan masalah bagi Anda nantinya. Maka dari itu, jika Anda berencana untuk menggunakan server proxy, Anda sebaiknya memilih jenis yang masih di bawah pengaturan seseorang yang Anda sangat percayai. Sering terjadi kasus di mana Anda bahkan tidak mengenali identitas dari pemilik server, dan hal ini mempersulit keadaan. Mereka dapat mengumpulkan data Anda dan memasukkan iklan dalam halaman-halaman yang Anda kunjungi tanpa Anda ketahui. Singkat kata, server proxy tidak menawarkan privasi dan keamanan yang sebenarnya. Paling tidak, skalanya tidak setinggi yang ditawarkan oleh Tor dan VPN yang baik.

Bagaimana caranya untuk memasang Tor?

Apa Anda yakin ingin memiliki Tor? Pemasangan Tor di perangkat Anda tidak akan sulit sama sekali. Ikuti beberapa tahapan di bawah ini dan Anda akan dapat menggunakan browser Tor setelah beberapa menit saja.

Langkah 1: Buka situs Tor dan klik di tombol unduh yang berada di kanan atas layar Anda.

Tor installatie download button

Langkah 2: Anda akan masuk ke halaman pengunduhan. Pilih sistem operasi dengan cari menekan salah satu dari empat ikon yang ada di bawah ini. Seperti yang dapat dilihat, Anda dapat memilih dari antara Windows, Mac, Linux, atau Android. Jika Anda ingin untuk mengunduh browser dengan bahasa tertentu, Anda dapat menekan tombol ‘Download in another language or platform’.

Screenshot besturingssystemen ondersteund door Tor

Langkah 3: Sebuah file akan diunduh ke dalam komputer Anda. Buka file tersebut untuk memulai proses pemasangan. Pilih bahasa yang Anda inginkan, lalu tekan ‘OK’.

Tor language

Langkah 4: Pengaturan Browser Tor akan muncul di layar. Pilih folder destinasi tempat Anda akan menyimpan (biasanya Anda tidak perlu mengubah apapun di tahap ini dan pemasang perangkat akan secara otomatis membuat folder baru untuk Tor) dan tekan ‘Install’ (‘Pasang’).

Tor install

Langkah 5: Saat proses pemasangan, Anda dapat memilih untuk membuat Tor secara otomatis mulai bekerja setelah Anda selesai memasangnya. Jika Anda tidak melakukan ini, maka Anda harus membukanya secara manual dengan cara melihat programnya. Saat browser dibuka untuk pertama kali, Anda akan melihat tampilan layar seperti yang ada di bawah ini. Di kebanyakan kasus yang ada, Anda dapat langsung menekan ‘Connect’ (‘Hubungkan’) dan programnya akan mulai bekerja. Namun, apakah Anda sekarang berada di negara yang secara aktif menyensor Tor, layaknya Turki, Cina atau Mesir? Maka akan lebih baik untuk menekan tombol ‘Configure’ (‘Konfigurasikan’) terlebih dahulu. Tor akan membantu Anda dalam proses konfigurasi browser supaya Anda tidak akan terlalu terganggu dengan restriksi online yang berlaku di negara Anda masing-masing.

Tor app

Langkah 6: Setelah Anda selesai melakukan konfigurasi, tekan ‘Connect’ (‘Hubungkan’) dan browser Tor Anda akan terbuka. Sekarang Anda dapat menggunakan Tor sepuasnya.

Tor browser

Proyek lain dari Tor

orbotSelain browser Tor, adapun proyek-proyek lain yang juga dibuat seputar privasi online. Proyek Tor, sebagaimana timnya disebut, selalu bekerja untuk meningkatkan kapabilitas perangkatnya dalam melindungi privasi online para penggunanya serta mendukung kebebasan online. Salah satu contoh dari proyek mereka adalah Orbot, yang merupakan aplikasi proxy gratis untuk perangkat Android. Proyek ini menggunakan jaringan nodes yang sama seperti browser untuk mengirim informasi Anda melalui internet di seluruh dunia. Orbot membantu privasi online Anda dan juga mengenkripsi traffic online Anda. Sama seperti browser, Orbot tersedia hanya untuk Android.

OONI

Proyek lain yang dikerjakan oleh tim Tor adalah OONI dan fokus dalam upaya mendeteksi restriksi online. OONI, yang merupakan singkatan untuk Open Observatory of Network Interference (Observasi Terbuka akan Interfensi Jaringan), berfungsi untuk memonitor sensor internet di sunia. Sejak 2012, OONI telah mengembangkan perangkat lunak gratis yang dirancang untuk mendeteksi blokir online. Perangkat lunak ini tidak melindungi perangkat Anda, ataupun melampaui restriksi yang ditemukannya. Fungsinya sederhana yaitu untuk membantu melihat situasi global seputar restriksi dan sensor online. Anda dapat mengetahui lebih banyak tentang penemuan OONI melalui situs OONI.

Tor-messengerTidak semua proyek dari Tor masih aktif dan berjalan. Proyek Tor dulunya pernah membuat program chat yang mengenkripsi semua komunikasi. Mereka menyebutnya Tor Messenger. Dengan program ini, Anda masih dapat menggunakan semua jasa reguler Anda seperti Google Talk, Facebook Messenger dan Twitter, namun data chat Anda akan menjadi anonim. Tidak ada pencatatan yang akan disimpan, dan pesan-pesan Anda akan aman semuanya. Namun, pembaharuan dari Tor Messsenger telah berhenti semenjak April 2018, yang artinya perangkat lunak ini sudah tidak seaman dulu. Inilah alasan mengapa kami tidak menyarankan untuk menggunakan Tor Messenger lagi sekarang.

Kesan akhir

Tor adalah pemenang yang bagus di dunia privasi online. Browser-nya menyediakan para penggunanya kebebasan untuk mengunjungi situs apapun yang mereka inginkan dan menawarkan pula sebuah tingkat anonimitas online. Namun, perlindungan ini terbatas untuk browser mereka saja dan tidak mencakup semua aktivitas online, seperti layaknya fungsi VPN. Lebih dari itu, Tor juga kerap dipantau oleh aparat hukum karena banyak bisnis ilegal dan kriminal yang menggunakan browser ini untuk aktivitas ilegal. Jasa ini gratis dan mudah untuk diunduh, namun tetap memiliki kekurangan. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan browser Tor, maka selalu berhati-hatilah dengan situs yang tidak teratur dan lindungi diri Anda dari malware menggunakan perangkat lunak antivirus yang pantas. Kami juga menyarankan Anda untuk menggunakan upaya keamanan lainnya secara bersamaan dengan Tor, contohnya VPN. JIka Anda melindungi diri Anda dan mempertimbangakan pilihan Anda dengan baik, browser Tor dapat menawarkan pengalaman internet yang menarik, anonim, dan gratis.

Analis keamanan cyber
David adalah seorang analis keamanan cyber dan salah satu pendiri VPNoverview.com. Tertarik dengan fenomena “identitas digital”, dan khususnya peduli dengan hak atas privasi serta perlindungan data pribadi
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar