Mengunduh Secara Anonim dengan VPN

Scaricare file in modo anonimo con una VPN
Klik di sini untuk melihat rangkuman singkat artikel ini
Mengunduh secara anonim dan aman dengan VPN

Penggunaan VPN adalah cara paling mudah dan efektif untuk meningkatkan privasi dan keaman online secara drastis selama mengunduh torrent dan file lainnya. Pada dasarnya, berkat enkripsi yang ditawarkan VPN, traffic data Anda akan sepenuhnya terenkripsi.

Ini artinya pihak ketiga (berbahaya) tidak lagi dapat mengawasi saat Anda tengah mengunduh sesuatu. Selain itu, VPN menyembunyikan alamat IP asli Anda, dengan mengarahkan traffic data Anda melalui sebuah server eksternal, sebelum sampai di halaman yang dituju.

VPN yang sangat kami sarankan untuk mengunduh secara anonim, adalah ExpressVPN. Pada intinya, ExpressVPN adalah penyedia VPN yang sangat aman dan menghargai privasi, dengan kemampuan untuk mencapai kecepatan pengunduhan yang tinggi!

Baca kelanjutan dari artikel di bawah ini untuk informasi lebih lanjut terkait pengunduhan yang aman dan anonim. Penting bagi Anda untuk mempertimbangkan legalitas dari hal-hal yang Anda unduh. Hal ini juga dibahas dalam artikel ini.

Berbicara tentang pengunduhan, layaknya setiap aktivitas online yang ada, terdapat beberapa kekhawatiran. Pertama, kemungkinan Anda ingin mengunduh dengan cara yang paling anonim dan aman. Jaringan torrent sangat berguna, tapi mereka juga bisa dipenuhi pihak-pihak berbahaya yang mencoba untuk mengambil data Anda, contohnya. Kedua, beberapa pertanyaan mungkin timbul saat mengunduh torrent, seperti: Apakah hal ini legal? Apakah saya akan didenda? Pertanyaan-pertanyaan ini akan kami bahas dalam artikel ini.

Sedangkan untuk pengunduhan yang aman dan anonim, fokus utama dari artikel ini, VPN merupakan sebuah alat yang sangat berguna untuk meningkatkan privasi dan keamanan Anda saat sedang mengunduh file. Maka, kami akan memberi tahu Anda segala hal terkait penggunaan alat praktis untuk mengunduh torrent secara lebih aman dan anonim di artikel ini.

Mengunduh Secara Anonim dengan VPN

Laptop Download

Prinsip di balik jaringan P2P dan torrent adalah bahwa pengguna bertukar data saat online, dari satu komputer ke komputer lain. Hal ini disebut pengunduhan dan pengunggahan konten. Jika Anda mengunduh file dari sebuah situs torrent, program torrent akan memastikan bahwa file tersebut akan dikirim ke Anda oleh pengguna lain. Pengguna-pengguna lain ini sudah memiliki file-nya di komputer mereka. Mereka merupakan pengunggah (seeders), dan Anda adalah pengunduh (leecher).

Hal di atas tentunya berguna, namun perhatikan hal berikut: berdasarkan alamat IP Anda, pihak lain di dalam jaringan torrent dapat mengenali Anda. Privasi dan perlindungan atas data pribadi Anda sangat penting. Untuk alasan ini sebaiknya selalu terhubung dengan VPN saat Anda ingin online di komputer, tablet, atau smartphone Anda.

Sebuah koneksi VPN mengenkripsi traffic data Anda dan mengarahkannya ulang melalui suatu server eksternal. Enkripsi ini menyediakan Anda perlindungan tambahan melawan peretas dan spyware, yang sering ditemukan di beberapa jaringan torrent. Lebih dari itu, VPN melindungi data pribadi Anda dan menyediakan tingkat anonimitas. Saat Anda menggunakan internet dengan VPN, Anda melakukannya via alamat IP dari server eksternal.

Oleh karena itu, pihak lain, seperti peretas dan situs yang Anda kunjungi, tidak akan bisa melihat alamat IP asli Anda. Dengan begitu tidak ada pihak yang dapat mengaitkan aktivitas online Anda dengan diri Anda. Kegunaan VPN banyak dan begitu pula ragam penyedianya.

Penting: Mohon diingat bahwa pengunduhan file ilegal dengan VPN juga dilarang dan dapat dihukum. Gunakan VPN hanya untuk mengunduh konten legal. Kami akan memberi tahu lebih banyak lagi nanti di dalam artikel ini.

Mulai menggunakan VPN

Sangat mudah untuk mulai menggunakan VPN. Langsung ikuti tahapan sederhana di bawah ini dan Anda akan terlindungi oleh VPN:

  1. Pilih penyedia VPN yang bagus dan dapat diandalkan lalu buat sebuah akun di situs VPN. Kami menyarankan ExpressVPN.
  2. Unduh perangkat lunak VPN dari situs resmi penyedia VPN yang Anda pilih.
  3. Pasang perangkat lunak VPN.
  4. Log in ke perangkat lunak VPN.
  5. Pilih server VPN yang diinginkan.
  6. Nyalakan VPN dan traffic data Anda akan dienkripsi. Anda sekarang bisa mengunduh secara lebih aman dan anonim.

Pasang VPN Desktop Grafik

Kemungkinan Anda bahkan tidak akan sadar bahwa Anda terhubung ke VPN. Hal ini adalah program yang Anda nyalakan dan bekerja di belakang komputer, laptop, tablet atau HP Anda. Saat koneksi VPN aktif, Anda sebenarnya bisa menelusuri internet seperti biasanya, hanya dengan lebih anonim dan aman. Anda juga bisa mengunduh secara jauh lebih anonim dan aman.

Tips: Seperti yang telah kami indikasikan, Anda akan mengalami sedikit ketidaknyamanan saat menggunakan VPN. Namun, dengan mengarahkannya ulang melalui sebuah server eksternal dan enkripsi, koneksi Anda menjadi lebih lambat. Namun, Anda biasanya dapat mengatasi hal ini dengan menggunakan VPN bagus yang memiliki koneksi cepat, seperti ExpressVPN.

Sembunyikan Alamat IP Anda saat mengunduh

Beberapa orang yang mengunduh torrent secara ilegal atau streaming film dan tayangan acara melalui layanan seperti Popcorn Time atau Kodi menggunakan VPN untuk menyembunyikan alamat IP mereka. Organisasi hak cipta tidak dapat melacak aktivitas orang-orang tersebut saat online.

Tentu Anda sebaiknya tidak menggunakan VPN untuk pengunduhan dan pengunggahan musik, film, dan tayangan acara yang ilegal. Namun, pengunduhan dari situs torrent tidak selamanya ilegal. Ada banyak konten legal yang bisa digunakan dan tersedia melalui jaringan P2P.

Kapan Pengunduhan Anonim Melalui Torrent dengan Jaringan P2P Termasuk Ilegal?

Pengunduhan online melalui situs torrent dan jaringan P2P sendiri tidak ilegal. Hal yang perlu diperhatikan adalah Anda sebaiknya berperilaku sesuai dengan peraturan hak cipta yang berlaku terkait pengunduhan file. Jika konten memiliki hak cipta dan Anda mengunduh atau mengunggahnya, maka hal ini termasuk ilegal. Maka, konten yang Anda unduh menentukan apakah aktivitas pengunduhannya legal atau tidak.

Situs torrenting adalah tempat di mana Anda akan menemukan trackers, yang memungkinkan Anda untuk melakukan torrent file apa saja yang diinginkan. Sistemnya tidak rumit, namum penting untuk mengetahui sesuatu tentang situs-situs ini: mereka ditarget oleh kampanye anti-pembajakan.

Beberapa situs torrent memiliki reputasi buruk dengan organisasi hak cipta karena orang-orang akan menggunakan situs-situs ini untuk bertukar materi ilegal. Contoh terkenalnya adalah situs-situs seperti KickAss Torrents dan The Pirate Bay. Di The Pirate Bay, orang-orang sering berbagi dan mengunduh film, serial dan music yang berhak cipta. Hal yang sama terjadi di banyak situs yang bekerja sebagai alternatif untuk The Pirate Bay.

Pemerintah selalu berupaya untuk menutup situs torrent tersebut, sehingga situsnya sering kali merubah lokasi server mereka, dan artinya bisa juga bahwa terkadang situs torrent favorit Anda tidak akan aktif. Ada banyak cara yang dilakukan penyedia layanan internet untuk memblokir atau menutup situs torrent. Namun, masih ada sejumlah situs torrent yang aktif dan aman.

Di semakin banyak negara, organisasi hak cipta diizinkan untuk mengumpulkan informasi terkait orang-orang yang aktif di situs torrent dan layanan streaming. Mereka mengawasi alamat IP dari orang-orang yang mengunduh dan mengunggah film, serial, buku, dan music secara ilegal atau menggunakan layanan streaming ilegal.

Dengan alamat IP yang dilacak, mereka bahkan sudah mulai memberikan denda ke orang-orang di beberapa negara. Hal ini dikarenakan beberapa pengunduh telah menggunakan VPN untuk menyembunyikan alamat IP mereka.

Namun, ingat, bahwa Anda sebaiknya selalu membiasakan diri dengan peraturan hak cipta yang berlaku sebelum mengunduh sesuatu dan mengikuti peraturan tersebut.

Beberapa hal yang umumnya termasuk ilegal:

  • Berbagi atau mengunduh perangkat lunak, seperti game, di situs torrent.
  • Mengunduh atau berbagi film atau serial yang berhak cipta.
  • Berbagi atau mengunduh music yang belum dibayar.

Legalitas dari Program Torrent dan P2P

Bittorrent logoYa, pengunduhan platform seperti BitTorrent dan Utorrent termasuk legal. Anda bisa menggunakannya untuk mengunduh tambalan perangkat lunak, demo game, atau trailer film. Dalam kasus seperti ini tidak termasuk ilegal karena Anda tidak melanggar hak cipta siapa pun. Lalu, aktivitas ini hanya akan menjadi ilegal saat konten yang Anda unduh dilindungi oleh hak cipta.

Sulit untuk memastikan apakah ada hak cipta untuk sebuah file atau tidak. Sebagai aturan praktisnya, jika Anda bisa membelinya di suatu tempat maka hal tersebut memiliki hak cipta.

VPN Terbaik untuk Torrent, P2P dan pengunduhan

Guna mengamankan koneksi internet Anda untuk tujuan keamanan dan privasi, ada baiknya untuk menggunakan VPN saat Anda mengunduh (atau melakukan apapun di internet, sebenarnya). Sayangnya, tidak semua penyedia VPN cocok untuk pengunduhan P2P. Inilah alasan mengapa di bawah ini kami telah mendaftarkan 3 penyedia VPN yang memungkinkan pengunduhan (torrent) secara anonim dan menyediakan koneksi yang aman, stabil dan cepat.

Mari lihat VPN terbaik untuk torrenting!

1. ExpressVPN untuk pengunduhan anonim

ExpressVPN adalah pilihan ideal untuk mengunduh torrent. Penyedia ini tidak memiliki kewajiban hukum apapun untuk berbagi informasi tentang pengguna mereka ke pihak ketiga. Pemilik perusahaan membuat keputusan strategis untuk mendaftarkan perusahaannya di Kepulauan Virgin Inggris, yang merupakan surga untuk privasi. Pada dasarnya, perusahaan-perusahaan di Kepulauan Virgin Inggris tidak diwajibkan untuk menyimpan log berisi aktivitas internet para pengguna mereka. Dengan demikian, ExpressVPN menyatakan bahwa mereka tidak menyimpan user-log apapun.

Lebih dari itu, mereka berada di peringkat teratas dari daftar penyedia VPN terbaik pilihan kami yang umum. Kami harus mengingatkan bahwa penyedia ini condong berada di spectrum yang lebih tinggi, dalam aspek kualitas dan harga. Layanan mereka tidak murah, namun mereka menawarkan koneksi yang premium, aman, berkualitas tinggi, dan sangat cepat, secara virtual sempurna untuk pengunduhan anonim. Fitur ini penting untuk mengunduh file yang besar.

Layanan pelanggan mereka (24/7) sangat bagus dan aplikasi mereka ramah konsumen. Mereka juga memiliki garansi 30 hari uang kembali. Hal ini memungkinkan Anda untuk mencoba layanan mereka tanpa resiko.

ExpressVPN
Penawaran:
Dapatkan diskon langganan tahunan + garansi 30 hari uang kembali!
Dari
$6.67
8.9
  • VPN yang mudah digunakan
  • Cocok untuk browsing, pengunduhan, dan streaming secara anonim (contohnya Netflix)
  • 3000+ server di 94 negara
Kunjungi ExpressVPN

2. NordVPN untuk pengunduhan anonim

NordVPN memiliki kantor pusat di Panama, yang artinya mereka secara hukum tidak diwajibkan untuk menyimpan log pengguna. Ini artinya mereka tidak mendaftarkan aktivitas online Anda sama sekali.

Mereka menawarkan koneksi aman yang akan menyediakan tingkat anonimitas online yang bagus. NordVPN memungkinkan Anda untuk online dengan 6 orang sekaligus di bawah satu program langganan.

Hal yang paling penting, NordVPN cocok untuk pengunduhan P2P. Mereka memiliki server-server spesial untuk pengunduhan torrent. Server ini sangat cepat dan Anda bisa mengunduh file dalam waktu singkat.

NordVPN
Pilihan kami
Pilihan kami
Penawaran:
Hanya $3,29 per bulan untuk program langganan 2 tahun dengan garansi 30 hari uang kembali
Dari
$3.29
9.3
  • Perlindungan luar biasa dan jaringan server yang besar
  • Aplikasi yang bagus dan menyenangkan
  • Tidak ada log
Kunjungi NordVPN

3. Surfshark untuk pengunduhan anonim

Surfshark adalah pilihan yang bagus bagi pengunduh yang ingin meningkatkan privasi dan keamanan mereka tanpa membahayakan tabungan mereka. Faktanya, Surfshark adalah salah satu VPN termurah yang benar-benar premium yang dapat kami temukan.

Namun berbeda kesan yang mungkin ditimbulkan saat melihat penawaran harga mereka, Surfshark tidak membahayakan keamanan dan privasi Anda sedikit pun. Faktanya, seperti ExpressVPN, Surfshark secara resmi terdaftar di Kepulauan Virgin Inggris, artinya mereka tidak diwajibkan untuk menyimpan log pengguna apapun.

Di atas itu semua, mereka menawarkan enkripsi yang solid, protokol yang bagus dan keseimbangan yang baik antara kecepatan dan keamanan dalam aspek server mereka. Dengan begitu, Surfshark memungkinkan Anda untuk mengunduh file torrent yang besar secara aman, tertutup, dan nyaman.

Terakhir, Surfshark memiliki garansi 30 hari uang kembali, yang memungkinkan Anda untuk mencoba layanan ini sebelum berkomitmen untuk lanjut menggunakannya.

Surfshark
Penawaran:
Internet aman dan anonim hanya dengan modal $2,30 per bulan
Dari
$2.30
9.0
  • Sangat ramah konsumen serta bisa bekerja dengan Netflix dan torrent
  • Garansi 30 hari uang kembali. Tanpa syarat tambahan!
  • Harga murah dengan banyak pilihan tambahan
Kunjungi Surfshark

Mengapa Sebaiknya Saya Tidak Menggunakan VPN Gratis untuk Torrenting?

Selain VPN berbayar ada juga VPN gratis. Mereka menarik, karena Anda tidak perlu membayar apapun di depan, tapi kami tidak menyarankan jasa mereka karena beberapa alasan.

Pertama, karena sebagian besar VPN gratis memiliki log berisi kapan saja Anda menyembunyikan koneksi Anda, dan kapan Anda menggunakan kembali koneksi yang asli. Hal ini penting bagi anonimitas online Anda. Selain itu, VPN gratis mendapatkan banyak traffic, dan mereka membatasi bandwidth Anda. Ini artinya akan sangat sulit untuk mengunduh apapun karena koneksi Anda dibatasi oleh VPN yang Anda gunakan.

Alasan lain untuk tidak mengunduh dengan VPN gratis adalah banyak dari VPN gratis tersebut yang tidak mendukung aktivitas torrenting.

Di atas itu semua, VPN berbayar tidak hanya menyembunyikan koneksi Anda. Mereka merupakan lapisan keamanan tambahan juga. Sebagian besar VPN memiliki fitur keamanan lain, seperti tombol mati daya otomatis jika koneksi VPN Anda terputus.

Maka bantulah diri sendiri – jika Anda ingin melakukan torrent, gunakan VPN berbayar.

Metode pengunduhan alternatif

Ingin menggunakan metode lain untuk mengunduh dibanding dengan VPN? Untuk pengguna yang lebih teknis, ada metode-metode alternatif untuk mengunduh secara anonim. Contohnya, ada kemungkinan untuk menggunakan browser Tor, BTguard atau seedbox. Tor adalah browser internet anonim yang memotong dan mengenkripsi traffic internet Anda. Hal ini membuat data tidak bisa dibaca oleh pihak lain. Dengan demikian, Browser Tor adalah alternatif yang valid untuk mengunduh secara anonim.

Namun, banyak orang-orang yang lebih memilih VPN karena browser Tor kurang ramah konsumen dan kerjanya lebih lambat dibanding banyak layanan VPN. Saat Anda mengunduh torrent via Tor, seluruh jaringan Tor menjadi lebih lambat. Kapasitas Tor terbatas dan saat banyak orang yang mengunduh, jaringan menjadi kelebihan beban.

Selain itu, kecepatan pengunduhan sering kali sangat jauh lebih rendah. Tor juga tidak 100% anonim.

Kesan Akhir

Anda bisa menggunakan VPN untuk mengunduh secara anonim dari jaringan torrent. Berkat enkripsi VPN, jauh lebih sulit bagi pihak ketiga untuk memata-matai Anda saat mengunduh. Selain itu, pihak yang melacak alamat IP pengunduh juga tidak akan bisa melihat alamat IP pribadi Anda tapi hanya dapat melihat alamat IP yang disediakan oleh VPN bagi Anda. Dengan begitu, data dan privasi Anda jauh lebih terlindungi dari peretas, spyware dan pihak berbahaya lainnya.

Tidak semua penyedia VPN mengizinkan pengunduhan di situs torrent atau melalui jaringan P2P. Alasan untuk hal ini adalah mereka ingin membatasi pengguna supaya tidak mengunduh materi ilegal. Tergantung dari negara tempat penyedia VPN terdaftar, pengunduhan ilegal bisa membuat mereka harus berurusan dengan pihak berwajib. Bisa saja penyedia VPN mengizinkan pengunduhan di server-server pilihan tertentu. Hal ini tergantung dari lokasi server dan legislasi di negara tersebut.

Jika sebuah penyedia VPN mengizinkan pengunduhan, Anda bisanya dapat berasumsi bahwa hal ini akan terjadi secara aman dan anonim, terjamin kalau VPN itu bagus. Jika Anda memilih ExpressVPN, NordVPN atau Surfshark, Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat mengunduh torrent secara aman dan nyaman!

Cara Mengunduh secara Anonim - Tanya Jawab

Apa Anda punya pertanyaan tentang pengunduhan anonim? Maka lihat pertanyaan-pertanyaan di bawah ini. Klik pada pertanyaan untuk langsung melihat jawaban atas pertanyaan Anda.

Dengan VPN, Anda bisa mengunduh torrent secara lebih anonim dan aman tanpa harus khawatir alamat IP Anda terlihat. VPN melindungi alamat IP Anda dan mengenkripsi traffic internet Anda.

Kami menyarankan ExpressVPN untuk pengunduhan anonim. VPN ini sangat aman, cepat dan fokus terhadap aspek privasi. Dengan ExpressVPN Anda bisa mengunduh file tanpa penundaan.

Kami tidak menyarankan penggunaan VPN gratis jika Anda ingin mengunnduh. VPN gratis sering kali tidak aman dan menyimpan log. Lebih dari itu, VPN gratis mendapatkan banyak traffic dan mereka membatasi bandwidth Anda. Hal ini membuat pengunduhan apapun menjadi sulit.

Hal ini tergantung dari konten yang Anda unduh. Pengunduhan Online via situs torrent dan jaringan P2P sendiri tidak termasuk ilegal. Namun, beberapa file memiliki hak cipta. Maka ilegal untuk mengunduh konten berhak cipta.

Jurnalis seputar teknologi
Ronella selalu memikirkan cara supaya kita dapat membuat lingkungan digital yang seaman mungkin. Perkembangan digital yang baik juga berarti kita dihadapkan dengan isu-isu keamanan baru. Maka, Ronella ingin menciptakan kesadaran yang lebih tinggi tentang keamanan cyber dan menarik perhatian orang perihal resiko dan perangkap yang sebaiknya dihindari.
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar