Cara Aman Beli dan Jual Bitcoin di Tahun 2022

Person sending bitcoin safely through an app to another person
Klik di sini untuk melihat rangkuman artikel ini
Membeli dan Menjual Bitcoin di Tahun 2021: Rangkuman Singkat

Bitcoin semakin menjadi cryptocurrency yang paling populer untuk investor crypto di tahun 2021. Jika Anda tertarik untuk berinvestasi di Bitcoin, kami sarankan untuk melihat salah satu platform exchange berikut:

  • Coinbase
  • BitBuy
  • eToro
  • Binance
  • Kraken

Untuk mendaftar di platform exchange, Anda perlu membuat sebuah akun, melakukan verifikasi informasi Anda, dan menentukan metode pembayaran pilihan Anda. Guna melindungi diri dan uang Anda saat mulai ikut membeli dan menjual Bitcoin, ikuti tahap-tahap singkat di bawah ini:

  1. Temukan exchange yang terkemuka dengan melakukan riset sendiri.
  2. Pasang cold atau hot wallet Anda secara benar dan aman.
  3. Hanya berinvestasi menggunakan perangkat yang terlindungi.
  4. Hanya keluarkan modal sesuai resiko yang mampu Anda tanggung.

Lanjut baca untuk tahu lebih banyak tentang cara aman membeli dan menjual Bitcoin di tahun 2021!

Dengan hampir 400.000 transaksi yang terjadi setiap hari, Bitcoin semakin populer setiap hari. Meskipun pencinta cryptocurrency sudah mulai membeli dan menjual Bitcoin sejak 2010, aktivitasnya masih dinilai membingungkan bagi banyak calon investor. Ketidakpastian ini sebagian besar diakibatkan oleh banyaknya penipuan dan jumlah platform exchange dan layanan online yang tidak dapat dipercaya.

Bagi para pemula di dunia cryptocurrency: Bitcoin merupakan sebuah aset digital yang digunakan utamanya untuk shopping dan investasi online. Bitcoin tidak disponsori oleh pemerintah melainkan bekerja melalui sistem berbasis komunitas. Orang-orang di dalam komunitas tersebut bisa mendapat koin dengan cara “mining” atau membelinya menggunakan mata uang tradisional.

Jika tertarik untuk membeli atau menjual Bitcoin, Anda akan membutuhkan dompet digital online yang bisa Anda hubungkan ke situs layanan exchange yang ingin digunakan. Anda juga bisa menggunakan perangkat lunak di komputer untuk dompet digital Anda. Beberapa orang memilih untuk menyimpan dompet digital mereka di perangkat fisik, seperti hard drive, sehingga tidak bisa sembarangan diakses melalui komputer.

Kami telah menyusun artikel ini untuk memandu Anda dalam proses pembelian dan penjualan Bitcoin. Kami juga akan menjawab pertanyaan Anda yang paling sering ditanyakan tentang topik ini dan menyediakan beberapa sumber ternama supaya Anda bisa memulai prosesnya.

Cara Beli dan Jual Bitcoin

bitcoinAda banyak ragam tempat di mana Anda bisa membeli Bitcoin di internet, masing-masing punya manfaat dan kekurangannya sendiri. Kami paham bahwa keamanan sangat penting saat melakukan pembelian dan penjualan Bitcoin, maka kami hanya mencakup platform exchange yang punya reputasi baik dengan investor ke dalam daftar kami.

Satu hal yang perlu Anda perhatikan saat menggunakan sebuah exchange adalah tidak semuanya menerima pelanggan dari luar wilayah Amerika Serikat. Ini artinya Anda perlu memastikan bahwa exchange yang ingin Anda gunakan itu bisa diakses dari negara tempat Anda tinggal. Selain itu, beberapa exchange hanya menerima transfer rekening, sementara yang lain mungkin menerima pembayaran jenis lain.

Terdapat juga biaya yang perlu Anda perhatikan saat menggunakan sebuah exchange. Ini biasanya mencakup biaya deposit, biaya transaksi, biaya penarikan, dan biaya jaringan Bitcoin. Tentunya, ada juga nilai tukar dan batasan pembelian yang perlu Anda pertimbangkan saat berinvestasi.

Langsung saja, berikut ini merupakan lima tempat di mana Anda bisa membeli Bitcoin secara online.

Coinbase dan Coinbase Pro

Dengan basis pengguna yang berjumlah lebih dari 13 juta orang, Coinbase dianggap sebagai salah satu tempat terbaik untuk membeli dan menjual Bitcoin. Platform exchange ini terjamin, aman, teratur, mudah digunakan, dan dapat diakses oleh investor dengan beragam latar belakang tingkat pengetahuan.

Coinbase juga punya lebih dari lima belas crypto yang tersedia dan punya biaya yang mampu bersaing dengan exchange lainnya. Ada beberapa fitur yang dibatasi secara geografis tapi jika Anda tinggal di Inggris, AS, atau Uni Eropa, Anda bisa menggunakan Coinbase tanpa batasan.

Perbedaan utama antara Coinbase dan Coinbase Pro adalah versi pro menggunakan interface yang lebih rumit. Namun, orang-orang yang tidak menggunakan Coinbase Pro dikenakan biaya yang lebih tinggi untuk bisa menikmati interface yang lebih mudah untuk digunakan. Platform apa pun yang Anda gunakan, semua perdagangan terjadi di mesin Coinbase Pro.

Untuk membuat akun di Coinbase, langsung ikuti tahap-tahap berikut:

  1. Kunjungi coinbase.com dan klik tombol “Get Started” di bagian kanan atas layar Anda.
  2. Buat akun Anda dengan mengisi data nama, email, dan membuat kata sandi yang aman.
  3. Verifikasi email Anda dengan menekan tombol “Verify Email Address” di email yang terkirim ke Anda.
  4. Masuk ke akun Anda dengan mengisi kembali alamat email dan kata sandi Anda lalu menekan “Sign In”.
  5. Pasang verifikasi dua langkah menggunakan nomor HP Anda.
  6. Masukkan kode akses tujuh digit yang dikirim ke nomor HP Anda.
  7. Hubungkan kartu bank Anda ke akun Anda supaya bisa digunakan untuk membeli crypto.

BitBuy

BitBuy adalah cara terbaik untuk membeli Bitcoin jika Anda tinggal di Kanada. Di saat sebagian besar exchange lain menawarkan layanan yang terbatas untuk warga Kanada, BitBuy menyediakan pengalaman pengguna yang luar biasa dan biaya yang tidak terlalu mahal.

Beberapa manfaat dari pemilihan BitBuy antara lain: regulasi yang dibuat oleh the Financial Transactions and Reports Analysis Centre of Canada (FINTRAC), penyimpanan untuk cold wallet, dan enam pilihan crypto. Mereka juga telah melalui beragam audit keuangan tanpa masalah apa pun.

Proses verifikasinya memang butuh waktu, dan Anda perlu memberikan sejumlah dokumen untuk kebutuhan verifikasi identitas diri dan alamat Anda kepada BitBuy. Proses ini mungkin berarti Anda tidak akan bisa ikut trade selama beberapa hari selama sedang memasang exchange.

Untuk membuat akun di BitBuy, langsung ikuti tahap-tahap berikut:

  1. Kunjungi bitbuy.ca dan klik tombol “Sign Up to Get Started”.
  2. Masukkan alamat email Anda dan buat kata sandi untuk mendaftar.
  3. Klik tombol “Verify My Email” di email yang terkirim ke Anda.
  4. Pilih teks “Sign in Here” untuk masuk ke akun.
  5. Masukkan kembali alamat email dan kata sandi Anda untuk masuk ke akun Anda.
  6. Tambahkan data nomor HP Anda untuk mengamankan akun Anda.
  7. Verifikasi identitas Anda denga mengisi data-data yang diperlukan di pengaturan akun Anda.
  8. Klik tombol “Request Verification” di bagian bawah halaman untuk menyelesaikan proses registrasi Anda.

eToro

eToro adalah salah satu situs paling populer jika Anda tertarik dengan perdagangan saham. Exchange ini punya lebih dari 10 juta pengguna dan menyediakan sejumlah manfaat bagi calon investor Bitcoin yang tertarik. eToro merupakan sebuah perusahaan yang diatur oleh the Financial Conduct Authority. Mereka punya sejumlah metode deposit dan biaya yang rendah bagi investor. eToro juga punya social trading dan leverage trading yang tersedia bagi penggunanya.

Salah satu kekurangan dari penggunaan eToro adalah Anda tidak bisa mendaftarkan akun jika Anda tinggal di Kanada, Israel, Jepang, atau Turki. Selain itu, meskipun Anda bisa membeli dan menjual cryptocurrency di eToro, Anda hanya bisa menarik fiat (mata uang tradisional). Berbeda dari cryptocurrency, fiat adalah mata uang yang pemerintah mana pun tentukan sebagai tender yang legal. Beberapa contoh fiat adalah euro dan dolar.

Untuk membuat akun di eToro, ikuti tahap-tahap di bawah ini:

  1. Buka etoro.com dan klik tombol “Join Now” atau “Trade Now”.
  2. Masukkan data pribadi yang diminta untuk membuka akun baru.
  3. Masukkan informasi relevan yang diminta pada formulir di halaman berikutnya. (Anda juga bisa log in via Gmail atau Facebook.)
  4. Klik tombol “Sign Up” untuk mengumpulkan informasi Anda.
  5. Anda diharuskan untuk mengumpulkan sebuah Konfirmasi Tempat Tinggal dan Bukti Identitas.
  6. Pengguna baru juga perlu mengisi daftar pertanyaan berdasarkan kebutuhan investasi mereka.

Binance

Binance adalah exchange cryptocurrency terbesar di dunia untuk aspek volume trading yang aktif, dan sudah beroperasi sejak 2017. Dengan lebih dari 13 juta pengguna aktif, platform ini punya banyak fitur-fitur ramah konsumen yang bagus untuk pemula. Setelah membuat sebuah akun, Anda bisa menyesuaikan pengaturannya ke level Basic atau Advanced, tergantung pada tingkat pemahaman Anda tentang trading dan investasi crypto.

Binance sebelumnya pernah menjadi pilihan top bagi pelanggan non-AS, meskipun beberapa negara baru-baru ini mulai merubah pandangannya. Malaysia memerintahkan Binance untuk menghentikan operasinya di bulan Juli 2022, dan platformnya telah mengalami masalah peraturan di Italia, Thailand, Jerman, dan Jepang. Seperti layaknya semua exchange cryptocurrency, Amerika Serikat juga memberikan tekanan besar terhadap platform ini.

Untuk soal keamanan, belum pernah terjadi kebocoran apa pun yang dilaporkan, meskipun ada uang hampir sejumlah $40 juta (nilai Bitcoin saat itu) yang dicuri di tahun 2019. Perusahaannya mengatakan bahwa mereka akan membayar semua kerugian kepada pihak pelanggan.

Jika Anda ingin membuat akun Binance, ikuti tahap-tahap berikut:

  1. Buka halaman web Binance dan klik tombol “Register”.
  2. Masukkan data pribadi yang dibutuhkan untuk membuka akun baru. Anda bisa mendaftar menggunakan nomor HP atau email.
  3. Buat informasi akun Anda di halaman berikutnya.
  4. Binance akan mengirim kode otorisasi ke email atau nomor HP Anda. Masukkan kode tersebut.
  5. Setelah membuat akun, Anda bisa membayar untuk Bitcoin menggunakan kartu kredit atau debit. Binance juga mengizinkan trading P2P.
  6. Anda diharuskan untuk mengumpulkan Konfirmasi Tempat Tinggal dan Bukti Identitas.
  7. Jika Anda adalah pemula dalam dunia cryptocurrency, Anda bisa mengisi daftar pertanyaan yang akan membantu dalam tujuan investasi Anda.

Kraken

Platform Kraken sudah lama menjadi platform yang dapat diandalkan dalam dunia exchange Bitcoin. Platform ini ditemukan pada tahun 2011 dan aktivitas perdagangannya menggunakan fiat dan cryptocurrency. Situs ini mudah digunakan dan mereka punya pilihan untuk setiap jenis investor, mulai dari trader pemula dan musiman sampai dengan pemilik bisnis yang sedang berusaha untuk mencakup Bitcoin dan cryptocurrency ke dalam metode pembayaran mereka.

Meskipun para pemula bisa memanfaatkan situs dan perangkat lunaknya yang mudah digunakan, platform ini juga bagus bagi investor yang lebih berpengalaman. Kraken menawarkan 69 koin cryptocurrency, margin trading, dan sebuah program yang memungkinkan Anda untuk menyewakan koin Anda dengan imbalan hadiah. Kami tidak menyarankan Anda untuk langsung mulai menggunakannya tanpa benar-benar paham tentang trading cryptocurrency. Kraken tidak pernah dilaporkan mengalami peretasan apa pun, sehingga platform ini menjadi pilihan favorit bagi investor yang mengutamakan keamanan.

Jika Anda ingin mendaftarkan akun di Kraken, ikuti tahapan di bawah ini:

  1. Buka situs Kraken dan klik tombol “Create Account”. Mohon diperhatikan bahwa Anda membutuhkan email untuk mendaftar.
  2. Buat informasi akun Anda.
  3. Kraken akan mengirimkan kode otorisasi untuk mengaktifkan akun Anda.
  4. Anda akan diharuskan untuk mengumpulkan Konfirmasi Tempat Tinggal dan Bukti Identitas untuk membeli dan menjual Bitcoin serta cryptocurrency lain.
  5. Anda bisa memasang akun Starter, Intermediate, atau Pro, tergantung pada berapa banyak pengalaman yang Anda punya dengan investasi crypto.

Cara Tetap Aman Saat Membeli Bitcoin

HackerMemang benar bahwa pembelian Bitcoin memiliki resiko-resiko tertentu. Faktanya, banyak orang yang takut untuk berinvestasi uang mereka di jenis cryptocurrency apa pun karena banyaknya jumlah penipuan dan kejahatan cyber yang menarget investor baru dan bahkan yang berpengalaman.

Ada langkah-langkah yang bisa Anda ambil untuk memastikan bahwa Anda hati-hati saat menggunakan Bitcoin. Mari bahas hal yang sebaiknya Anda lakukan saat mulai berurusan dengan Bitcoin dan cara melindungi diri dan uang Anda di setiap langkahnya.

1. Hanya gunakan perangkat yang aman

Baik Anda menggunakan desktop PC, laptop, atau perangkat mobile, Anda perlu pastikan bahwa perangkatnya aman. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memastikan perangkat Anda terlindungi:

  • Jangan sampai ketinggalan perbaruan dan tambalan keamanan terbaru mereka.
  • Gunakan program antivirus yang bagus. Cek pilihan top kami di sini.
  • Buat kata sandi yang aman dan pastikan untuk menggunakan huruf besar dan kecil, angka, serta karakter spesial.
  • Gunakan VPN. Anda bisa temukan informasi lebih lanjut tentang ini pada langkah ke-4 di bawah.
  • Cek URL. Anda ingin melihat adanya icon gembok dan “https” di browser Anda saat sedang mengakses Bitcoin atau platform exchange.
  • Jangan klik atau mengunduh file atau program yang mencurigakan.
  • Hindari komputer umum dan jaringan Wi-Fi publik.

2. Temukan exchange crypto terkemuka

Hal pertama yang perlu Anda lakukan saat riset tentang Bitcoin adalah menemukan sebuah exchange yang punya reputasi baik. Kami telah menyediakan beberapa contoh di atas yang bagus dijadikan tempat awal mula Anda.

Sebaiknya hanya lihat platform exchange yang menerima pengguna yang mematuhi persyaratan KYC dan AML. KYC artinya Know Your Customer, sedangkan AML adalah kependekan dari Anti Money Laundering. Setiap persyaratan ini membantu mencegah adanya pencucian uang dan pendanaan terorisme. Jika platform exchange mematuhi regulasi ini, ada kemungkinan baik bahwa pilihan Anda itu tepat.

Mohon diperhatikan bahwa, untuk mendaftar di layanan exchange, Anda perlu menyediakan informasi pribadi seperti nama lengkap, alamat email, nomor HP, dan alamat surat Anda. Informasi ini mendukung persyaratan KYC supaya menjaga keamanan online orang-orang — tapi juga berarti Anda perlu kehilangan sebagian dari privasi Anda untuk dapat memenuhi persyaratan tersebut.

Anda juga sebaiknya membaca ulasan untuk tahu pendapat orang lain tentang exchange tersebut. Mohon diingat bahwa tidak ada exchange yang akan bebas dari ulasan buruk. Triknya adalah untuk membaca beragam ulasan supaya Anda punya pemahaman tentang pro dan kontra dari penggunaan exchange tersebut untuk keperluan pembelian dan penjualan Bitcoin Anda.

3. Pilih dompet Bitcoin terbaik

Bitcoin Wallet

Setelah memilih sebuah exchange, Anda perlu menemukan dompet untuk menyimpan Bitcoin Anda setelah membelinya. Dua pilihan tradisionalnya adalah antara dompet online atau offline.

Dompet-dompet ini berinteraksi dengan jaringan blockchain tempat cryptocurrency berada. Setiap dompet akan punya sebuah kunci pribadi — yang tidak pernah boleh Anda berikan ke orang lain — dan alamat publik untuk transaksi, hal yang kedua ini bisa dibagikan ke orang lain.

Kunci pribadi tersebut memungkinkan Anda untuk melakukan pembelian, mengirim transfer ke orang lain, atau memindahkannya ke platform exchange. Alamat blockchain publik memungkinkan Anda untuk menerima transaksi.

Tergantung pada kebutuhan, Anda bisa memilih cold atau hot wallet.

Cold wallet

Cold wallet disimpan secara offline dan tidak terhubung ke internet. Dompet seperti ini sebenarnya adalah hardware: mereka seperti USB. Mereka juga dianggap yang paling aman dan punya resiko yang paling sedikit. Mereka paling cocok untuk investor jangka panjang yang ingin menyimpan cryptocurrency dan yakin bahwa mata uang ini akan lebih bernilai di tahun-tahun yang akan datang.

Cold wallet itu layaknya brankas atau kotak deposit aman. Anda bisa menyimpan banyak uang atau barang berharga di dalamnya dan mereka sangat aman, tapi butuh waktu dan upaya untuk mengeluarkannya. Jika Anda ingin melihat contoh cold wallet yang populer, lihat Ledger Nano S.

Hot wallet

Hot wallet diperuntukkan bagi pencinta cryptocurrency, trader reguler, dan orang-orang yang melakukan banyak transaksi. Mereka terhubung ke internet dan dibuat untuk mempermudah dan mempersingkat pembuatan dan penerimaan Bitcoin Anda.

Jika Anda punya jumlah Bitcoin yang banyak, kami sarankan untuk menyimpannya di cold wallet. Jumlah lebih sedikit yang mungkin secara aktif digunakan akan lebih baik untuk disimpan di hot wallet. Jika Anda sedang mencari hot wallet, Anda punya beberapa pilihan:

  • Desktop wallet: Ini merupakan perangkat lunak yang Anda unduh ke laptop atau desktop Anda. Mereka terenkripsi (atau seharusnya begitu) dan dipasang di perangkat Anda. Gunakan program antivirus yang kuat jika perangkat Anda terhubung ke internet. Anda bisa cek desktop wallet milik Exodus atau Coinbase untuk dapat beberapa contoh yang bagus.
  • Mobile wallet: Ini mirip seperti desktop wallet, tapi untuk perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Mereka umumnya lebih nyaman digunakan dan punya kode transaksi QR untuk orang-orang yang membeli, menjual, dan bertukar mata uang digital secara rutin (jika Anda melakukan ini, hati-hati dengan penipuan kode QR). Mereka masih terhubung ke internet, jadi mohon untuk dipertimbangkan. Contoh-contoh mobile wallet adalah Edge dan SoFi.
  • Wallet berbasis web: Wallet seperti ini hanya bisa diakses melalui internet. Meskipun mereka praktis, hal ini menjadikan mereka sangat tidak aman untuk menyimpan Bitcoin Anda. Situs-situs bisa ditarget oleh DDOS dan jenis serangan cyber lain. Jika perusahaannya mengalami pelanggaran akses data, informasi Anda juga jadi terancam.

Meskipun sebuah mobile wallet itu bagus untuk fungsi trading atau transaksi sehari-hari, dompet offline lebih baik untuk fungsi penyimpanan jumlah uang yang lebih banyak. Satu-satunya tantangan saat punya lebih dari satu dompet adalah Anda perlu memastikan bahwa masing-masing dompet dikelola dan dilindungi dengan baik. Sebuah layanan pengelola kata sandi mungkin bisa membantu Anda dalam hal ini.

Anda sebaiknya selalu memasang kata sandi yang aman untuk dompet Anda guna memastikan mereka lebih aman dalam melawan peretas. Pemasangan autentikasi dua faktor di exchange online Anda juga langkah keamanan lain yang sebaiknya Anda ambil untuk melindungi investasi Anda.

Membuat dompet cadangan juga merupakan langkah penting untuk tetap aman dengan investasi Bitcoin. Hal yang perlu Anda lakukan adalah menulis serangkaian kata-kata unik yang nantinya akan menghasilkan frase untuk proses pemulihan. Ini biasanya merupakan persyaratan saat membuat dompet. Hal ini digunakan untuk mengambil kembali investasi Anda jika Anda kehilangan akses ke dompet.

4. Gunakan VPN saat melakukan transaksi

Computer Screen With VPN and Money BagSaat Anda melakukan transaksi keuangan apa pun, VPN adalah alat yang penting. VPN akan selalu melindungi data sensitif Anda, termasuk saat Anda sedang transfer uang.

Kadang Anda mungkin perlu mengakses akun Bitcoin Anda — atau akun bank Anda — menggunakan Wi-Fi umum di bandara atau stasiun kereta. Sebuah VPN premium akan melindungi Anda dari man-in-the-middle attack, yaitu saat di mana peretas berusaha untuk mencegat data Anda melalui jaringan yang tidak aman. Dengan protokol enkripsi 256-bit milik VPN, akan butuh waktu yang sangat lama bahkan bagi peretas yang handal untuk membuka data yang sudah teracak. Dengan kata lain: diri dan uang Anda tetap aman.

Kami bisa menyarankan layanan NordVPN untuk aspek keamanan dan enkripsi. Penyedia VPN ini juga baru saja masuk ke dalam daftar VPN yang kami pilih karena benar-benar tidak menyimpan log.

5. Jangan investasi uang yang resikonya belum siap Anda tanggung

Setelah memilih exchange untuk digunakan, menyiapkan dompet Anda dengan baik, dan menggunakan perangkat yang aman, Anda perlu menentukan modal untuk investasi Anda. Saat berbicara tentang investasi Bitcoin, Anda sebaiknya tidak mengeluarkan uang yang resiko kehilangannya belum siap Anda tanggung.

Oleh karena pasar bisa jadi sangat mudah berubah, khususnya untuk cryptocurrency, Anda perlu berhati-hati dengan investasi Anda saat baru memulainya. Setelah Anda mulai semakin memahami Bitcoin dan cara kerja proses investasinya, Anda bisa menempatkan lebih banyak dana yang diperlukan tapi paling baik untuk memulai dengan jumlah yang kecil dan tetap aman.

Apa Bitcoin Masih Layak Dibeli di Tahun 2022?

Bitcoin symbol on computerDi tahun 2017, investor Bitcoin melihat adanya keuntungan lebih dari 1.300% dengan jumlah tertinggi yaitu $20.000. Setahun setelah itu, Bitcoin kehilangan lebih dari 70% nilainya saat turun dari $14.000 ke $4.000 di akhir tahun 2018.

2020 adalah tahun yang bergejolak untuk cryptocurrency, sebagian besar akibat pandemi, yang mengakibatkan Bitcoin jatuh 50% karena para investor di setiap pasar lebih memilih uang tunai untuk mengatasi masalah.

Pada babak kedua tahun 2020, pasar global banyak yang sudah pulih. Baik pasar saham AS dan emas sama-sama mencapai nilai tertinggi. Di bulan April 2022, Bitcoin nilainya naik sampai lebih dari $64.000 sebelum turun drastis. Di akhir tahun 2022, Bitcoin berada di sekitar $50.000.

Singkat kata, pasar Bitcoin sangat bergejolak, sehingga punya resiko yang besar. Meskipun begitu, kami tidak menyarankan Anda untuk menyerah dengan crypto saat ini. Jika Anda yakin bisa melakukannya, ada tiga alasan mengapa Anda mungkin ingin berinvestasi di Bitcoin tahun ini.

1. Wall Street sedang mengadopsi cryptocurrency

Di tahun 2019, the Intercontinental Exchange (ICE) dan Fidelity meluncurkan penawaran cryptocurrency trade untuk investor institusi. Lalu, di bulan Mei, JPMorgan mengumumkan bahwa mereka akan mulai memproses transaksi crypto, serta menawarkan layanan perbankan ke Gemini dan Coinbase.

Sampai pada bulan Agustus 2020, the Office of the Comptroller of the Currency mengatakan bahwa bank-bank nasional Amerika dan asosiasi tabungan federal sekarang bisa menyediakan layanan kepemilikan cryptocurrency bagi investor yang tertarik. Bagi investor ini artinya Bitcoin menjadi semakin luas diterima di Wall Street – sehingga menambahkan keyakinan pada potensi nilai investasi dari cryptocurrency.

2. Bitcoin semakin luas digunakan di seluruh dunia

Menurut data dari Blockchain_wallet, Bitcoin telah meningkat dari jumlah 41 juta dompet ke lebih dari 52 juta dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Square juga telah melaporkan adanya peningkatan besar pada keuntungan Bitcoin untuk kuartal 2 tahun 2020 dengan CashApp-nya yang menghasilkan $875 juta — peningkatan sebanyak 600% saat dibandingkan dengan tahun lalu.

Negara-negara di seluruh dunia juga menunjukkan peningkatan perdagangan Bitcoin yang dramatis di tahun 2020. Negara-negara ini termasuk Peru, Meksiko, Kenya, dan Afrika Selatan.

Ini berita bagus untuk investor Bitcoin karena hal ini menunjukkan cryptocurrency semakin luas diterima dan, alhasil, semakin dekat langkahnya untuk jadi bagian dari sistem keuangan umum.

3. Sejarahnya, Bitcoin pulih setelah jatuh

Sampai saat ini, Bitcoin telah dianggap bangkrut oleh media umum lebih dari 380 kali. Namun hal ini tidak mempengaruhi Bitcoin, karena layanannya selalu bisa melampaui rekor tertinggi mereka setelah jatuh sebelumnya.

Di tahun 2013, Bitcoin mencapai nilai $1.000 sebelum turun sangat rendah sampai $175 selama dua tahun setelahnya. Lalu, di awal tahun 2017, Bitcoin naik kembali menjadi $1.000 sebelum mencapai nilai tertinggi sebesar $20.000 per koin. Di bulan April 2022, nilainya naik kembali menjadi $64.000.

Beberapa manfaat lain dari Bitcoin yang terus mendukung pertumbuhannya adalah peningkatan anonimitas pada mata uangnya, serta semakin mudah bagi mata uangnya untuk digunakan saat diterima secara online. Contohnya, Anda bisa membeli langganan VPN tanpa memberi informasi tentang kartu kredit atau akun bank Anda. Kemudahan penggunaan sangat berbanding terbalik dengan nilai exchange antara mata uang tradisional dan biaya yang dimiliki exchange-exchange tersebut.

Pada dasarnya, Bitcoin diadopsi di seluruh dunia dengan lebih baik dibanding sebelumnya. Penerimaan investasi di seluruh dunia ini, serta rekam jejak pemulihan Bitcoin, menandakan bahwa ada alasan-alasan berdasar untuk mempertimbangkan investasi di cryptocurrency.

Membeli Bitcoin dengan PayPal

PayPal juga sudah masuk ke dalam dunia cryptocurrency. Dengan aplikasi mereka, Anda bisa membeli, menyimpan, dan menjual crypto. Manfaat bagus dari PayPal adalah layanannya menawarkan tingkat perlindungan yang sama bagi crypto seperti layaknya bagi pembayaran lain. Jika Anda mencari perlindungan bagi aset digital Anda — seperti bank yang melindungi USD, Euro, atau mata uang negara Anda — PayPal bisa menjadi pilihan yang baik.

Namun, investor harus paham bahwa pembelian dan penjualan di platform ini sebenarnya tidak langsung seperti yang dikira. Dengan PayPal, Anda hanya bisa membeli dan menjual Bitcoin antara akun PayPal. Meskipun Anda punya akun dan alamat publiknya, Anda tidak punya kunci pribadinya — Paypal yang punya.

Saat Anda membuat akun Bitcoin atau dompet digital dengan platform lain, Anda akan mendapatkan sebuah kunci pribadi dan alamat publik. Dengan begitu, Anda sepenuhnya memiliki aset digital dan bisa melakukan apa pun dengan aset tersebut. Ini berbeda saat Anda memilih PayPal sebagai dompet crypto Anda. Meskipun Anda bisa membeli Bitcoin menggunakan PayPal, mohon diperhatikan bahwa Anda secara teknis tidak akan memilikinya.

Ini bukan berarti PayPal adalah pilihan yang buruk untuk cryptocurrency. Keputusan tersebut bergantung pada pelanggan dan preferensi mereka dalam menyimpan, membeli, dan menjual aset mereka.

Cara Membeli Bitcoin dengan Kartu Kredit atau Kartu Debit Anda

Berkat perbaruan pada platform exchange, sekarang semakin mudah untuk menggunakan kartu kredit atau kartu debit Anda saat membeli Bitcoin. Hal yang perlu Anda lakukan adalah membuka akun yang sudah dibuat di platform exchange pilihan Anda lalu menambahkan kartu kredit atau debit Anda sebagai metode pembayaran pilihan. Mohon diperhatikan bahwa Anda perlu membuat dompet Bitcoin Anda sebelum membeli Bitcoin.

Catatan penting: saat Anda menggunakan kartu kredit untuk membeli Bitcoin, ini termasuk sebuah pinjaman uang jangka pendek. Ini artinya Anda akan langsung mulai mendapat bunga dan harus membayar biaya pinjaman yang lebih tinggi. Juga kemungkinan ada biaya tambahan pinjaman yang perlu Anda bayarkan.

Terdapat beberapa kartu kredit yang memungkinkan Anda untuk langsung membeli cryptocurrency sebagai pinjaman uang. Ini termasuk:

Penggunaan kartu-kartu ini di internet aman seperti saat menggunakan kartu kredit apa pun untuk membeli sesuatu di internet. Pastikan saja bahwa Anda berhati-hati dengan transaksi online dan cara Anda mengakses internet di komputer atau HP Anda.

Alasan Anda mungkin ingin menggunakan kartu kredit atau debit untuk membeli crypto

Ada beberapa alasan mengapa orang-orang mungkin memilih untuk menggunakan kartu kredit atau debit mereka saat membeli Bitcoin. Pertama, jika Anda menghubungkan akun cek atau kartu debit Anda ke platform exchange yang digunakan, Anda mungkin bisa menghindari banyak biaya yang akan Anda temukan saat menggunakan kartu kredit. Transfer mungkin membutuhkan beberapa hari untuk sampai, tapi Anda akan menghemat uang dengan menggunakan akun bank Anda dibanding kartu kredit Anda.

Alasan lain Anda mungkin ingin menggunakan kartu debit atau akun bank Anda adalah layanannya membatasi jumlah yang bisa Anda beli berdasarkan uang di akun Anda. Ini cara yang bagus untuk menghindari godaan dan memastikan Anda cerdas dalam berinvestasi.

Bagaimana Masa Depan dari Bitcoin?

Pada tanggal 1 Juni 2020, harga Bitcoin turun ke $8.600 dari nilai $10.000 dalam kurun waktu kurang dari lima menit. Menurut Cointelegraph.com, tingkat penurunan Bitcoin tanpa adanya katalisator ini menandakan bahwa Bitcoin “jatuh akibat tingkat resistensi bertahun-tahun.” Di bulan April 2022, Bitcoin mencapai nilai tertingginya yaitu $64.000 sebelum kehilangan hampir 50% nilainya dan jatuh ke nilai sekitar $30.000 di bulan Juli.

Semenjak awal mulanya, Bitcoin telah menjadi investasi bergejolak yang sudah mengalami naik turun nilai sebesar dua digit. Masa depan Bitcoin sebagai investasi mungkin sulit untuk diprediksi, tapi perkembangannya dan keputusan institusi mainstream untuk mengadopsi mata uangnya tentu menambahkan optimisme baru terhadap investasinya.

Sumber-Sumber Tambahan

Seperti layaknya investasi mana pun, butuh waktu untuk memahami cara kerja Bitcoin dan cara menghasilkan uang yang banyak dari pasarnya. Sebelum memulai, Anda sebaiknya melakukan riset sendiri supaya paham akan sejarah Bitcoin dan cara kerja trading. Aspek penting lain dari jenis investasi ini adalah pentingnya melihat pro dan kontra dari beragam exchange, serta menentukan dompet dan metode pembayaran Anda.

Ada beragam sumber yang tersedia untuk memandu Anda saat belajar lebih banyak tentang Bitcoin dan cara membeli dan menjual mata uangnya untuk mendapat manfaat yang maksimal. Selain artikel ini, Anda juga sebaiknya melihat Panduan Bitcoin Trading untuk Pemula dan rangkaian artikel Bitcoin untuk Pemula.

Selain itu, kami menyarankan artikel-artikel kami yang bermanfaat tentang Bitcoin, jenis crypto lain seperti Ethereum, dan cara aman browsing web, karena penting untuk menelusuri internet secara aman saat sedang melakukan jenis transaksi keuangan apa pun.

Beli dan Jual Bitcoin: FAQ

Jika Anda punya pertanyaan lain tentang pembelian dan penjualan Bitcoin, kami punya solusinya! Cek FAQ kami di bawah ini untuk tahu lebih lanjut tentang topik ini. Jika Anda merasa ada yang belum kami jelaskan, silahkan beri tahu kami di kolom komentar.

Jika punya kartu debit, kartu kredit, atau akun bank, Anda bisa membuat dompet digital yang bisa digunakan untuk menyimpan Bitcoin yang Anda beli. Dengan dompet ini — yang bisa berupa hardware offline atau perangkat lunak online — Anda bisa membuka akun di situs exchange yang akan memungkinkan Anda untuk membeli dan menjual Bitcoin melalui layanan investasi mereka. Pembelian Bitcoin ini lalu ditransfer ke dompet Anda.

Ya, bisa. Guna mengubah Bitcoin menjadi uang tunai, pilih sebuah exchange yang ingin Anda gunakan. Untuk melihat daftar exchange terkemuka, buka artikel kami tentang pembelian dan penjualan Bitcoin. Daftar untuk broker-nya, dan isi persyaratan verifikasi mereka. Setelah Anda meletakkan deposit atau membeli Bitcoin, Anda bisa menguangkannya melalui PayPal atau akun bank (tergantung pada layanannya). Ada juga ATM Bitcoin di negara-negara tertentu yang memungkinkan Anda untuk mengambil uang tunai menggunakan informasi exchange.

Coinbase adalah salah satu exchange terbaik yang tersedia bagi trader dan investor cryptocurrency yang mengutamakan keamanan. Meskipun biasanya tidak disarankan untuk menyimpan Bitcoin di sebuah exchange — karena cold dan hot digital wallet merupakan pilihan yang lebih aman — Coinbase punya beberapa protokol keamanan tertinggi yang tersedia dan tidak ada rekam jejak bahwa layanannya pernah diretas.

Pembuatan akun trading dan investasi untuk Bitcoin dan cryptocurrency lain tidak jauh berbeda dari pembuatan akun bank. Anda perlu menyediakan bukti tempat tinggal dan beberapa formulir identifikasi resmi. Setelah Anda sudah diverifikasi, pembelian dan penjualan Bitcoin bisa jadi semudah menekan tombol. Untuk rekomendasi lebih lanjut tentang penyimpanan dan perdagangan Bitcoin, cek artikel lengkap kami.

Untuk menjual Bitcoin secara aman, Anda akan membutuhkan platform dan akun exchange cryptocurrency ternama. Anda harus benar-benar memastikan bahwa individu yang dikirim crypto oleh Anda bukan seorang penipu. Ada banyak penipuan di luar sana dan setelah Anda mengirim Bitcoin ke alamat blockchain, secara virtual dana itu mustahil untuk diambil kembali.

Meskipun Bitcoin telah menjadi investasi spekulatif yang besar, hal ini awalnya dibuat untuk menjadi sebuah sistem pembayaran. Tesla Motors sebelumnya mengizinkan pembelian transportasi elektrik mereka menggunakan Bitcoin sebelum perusahaannya berubah pikiran. Tetap saja, mobil, perahu, langganan situs, layanan VPN, dan bahkan makanan dan minuman bisa dibeli menggunakan Bitcoin saat ini.

Bitcoin dan cryptocurrency lainnya sangat mudah berubah dan perubahan harganya sulit untuk diprediksi. Jika Anda memutuskan untuk berinvestasi, lakukanlah dengan hati-hati dan buat strategi jangka panjang atau strategi trading. Meskipun keuntungannya bisa besar, kerugiannya juga bisa besar. Mengeluarkan uang yang banyak hanya disarankan bagi orang-orang yang punya banyak pengetahuan tentang investasi di cryptocurrency dan punya kapital yang sanggup mereka tanggung resiko kehilangannya tanpa membahayakan keuangan mereka.

Satu Bitcoin adalah file komputer yang disimpan di dompet digital Anda. Anda bisa membeli dan menjual Bitcoin tersebut, atau sebagian dari satu Bitcoin, ke orang lain di internet. Setiap kali Anda melakukan salah satu transaksi ini, akan terekam di daftar publik yang disebut blockchain. Anda menghasilkan uang saat Anda menjual lebih banyak Bitcoin dibanding yang Anda beli saat berinvestasi.

International security coordinator
Marko has a Bachelor's degree in Computer and Information Sciences. He coordinates and manages VPNOverview.com's team of international VPN researchers and writers.
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar