TunnelBear PNG Logo Large

TunnelBear Ulasan 2022

Pembaruan: 29 Desember 2021
Sorotan
  • Perangkat lunaknya bagus dan intuitif
  • Cocok untuk pengguna VPN yang masih pemula
  • Tidak bekerja dengan Netflix dan torrent
Nilai
8.0

Kami TunnelBear nilai

  • Kecepatan
    8.0
  • Keamanan
    8.0
  • Kegunaan
    9.0
  • Server
    7.0

Ulasan TunnelBear (2022) – Bagus dan Ramah Konsumen, namun tidak ada Netflix atau Torrent

TunnelBear adalah salah satu VPN yang paling menyenangkan di pasar. Mayoritas dari orang mengenal penyedia ini sebagai jasa VPN bagus yang gratis dengan banyak lelucon tentang beruang. Versi gratis TunnelBear mampu bekerja hampir sama baiknya dengan pilihan berbayar TunnelBear, maka VPN ini bagus untuk pengguna-pengguna pemula.

Kantor pusat TunnelBear dapat ditemukan di Kanada. Baru-baru ini, TunnelBear dibeli oleh perusahaan keamanan internet McAfee. VPN ini memberikan Anda akses ke 20 lokasi yang berbeda. Namun, mereka tidak memberi informasi jumlah server yang dimilikinya. Lebih dari itu, Anda harus tahan dengan lelucon permainan kata-kata karena penyedia ini gemar melakukannya.

Anda dapat membaca tentang performa TunnelBear dalam beragam aspek VPN di bawah ini. Pertama, Anda akan melihat pengaruh VPN ini terhadap kecepatan koneksi dan keamanan online Anda. Lalu Anda dapat membaca tentang tingkat ramah konsumen, jaringan server, dan opsi tambahan yang mereka tawarkan. Semoga uji coba yang telah kami lakukan terhadap TunnelBear dapat membantu Anda untuk memutuskan jika penyedia ini memenuhi semua kebutuhan Anda.

Spesifikasi TunnelBear
Sistem operasi
  • Android
  • ,
  • Mac
  • ,
  • Windows
  • ,
  • iOS
Koneksi
  • 5
Log
  • Nol log
Protokol
  • IKEv2
  • ,
  • L2TP/IPsec
  • ,
  • OpenVPN
Cara pembayaran
  • Criptomoneda
  • ,
  • Kartu kredit
Bekerja dengan
  • HBO

Kecepatan – Seberapa cepat TunnelBear?

Kecepatan koneksi VPN sangatlah penting jika Anda ingin untuk melakukan aktivitas di internet yang lebih dari sekedar browsing. Jika Anda ingin menonton film atau memainkan game online, Anda akan menyadari jika VPN tidak secepat sebelumnya. Kami telah menguji kecepatan dari koneksi kami menggunakan server TunnelBear untuk melihat jika terjadi hambatan apapun. Kami melakukan hal ini melalui uji coba kecepatan dan dengan menilai kecepatan penyedia ini selama penggunaan internet harian. Di bawah ini, Anda akan menemukan hasil dari uji coba tersebut.

Hasil uji coba kecepatan TunnelBear

Pertama-tama, Anda dapat melihat hasil dari uji coba kecepatan kami. Kami telah menguji kecepatan normal kami terlebih dahulu untuk melihat tingkat pengaruh server TunnelBear terhadap kecepatan koneksi. Setelah itu, kami melakukan uji coba kecepatan koneksi dengan sebuah server lokal dan server di Amerika Serikat. Hasil yang didapatkan dapat berbeda, tergantung dari koneksi internet dan lokasi Anda masing-masing.

Kecepatan tanpa VPN (Speedtest.net):

Inilah hasil dari kecepatan internet kami tanpa VPN, yang digunakan sebagai titik awal dan pembanding.

Kecepatan dengan server lokal (Speedtest.net):

Kami dapat mencapai titik kecepatan ini saat terhubung dengan server lokal TunnelBear. Seperti yang dapat Anda lihat, kecepatan pengunduhan dan pengunggahan telah sedikit berkurang namun tidak secara signifikan. Lebih dari itu, ping secara virtual tetap sama.

Kecepatan dengan server Amerika Serikat (Speedtest.net):

Saat kami terhubung dengan server tercepat di Amerika Serikat, kami mendapatkan hasil uji coba kecepatan seperti di atas. Ping telah meningkat secara drastis dan kecepatan pengunduhan serta pengunggahan telah berkurang banyak. Akan tetapi, hasil kecepatan ini mungkin tetap normal bagi mayoritas pengguna internet.

Kecepatan selama penggunaan harian

TunnelBear sangat cepat. Selama browsing harian, menonton YouTube, dan proses pengunduhan, kami tidak dapat menyadari adanya perubahan kecepatan. Hambatan dan ping kami meningkat selama gaming, namun Anda masih dapat menggunakan TunnelBear untuk bermain game tembak-tembakan atau RPG.

TunnelBear secara otomatis menghubungkan Anda ke server tercepat milik mereka. Jika Anda menekan opsi “auto”, TunnelBear akan menghubungkan Anda ke server terdekat Anda. Jika Anda menekan sebuah lokasi yang berbeda, perangkat lunak akan memastikan bahwa Anda terhubung dengan server tercepat mereka yang tersedia di wilayah tersebut. Dengan ini, Anda akan selalu terhubung dengan server tercepat.

Sayangnya, kami tidak dapat menguji Netflix atau pengunduhan torrent karena TunnelBear tidak mengijinkan kedua hal ini sekarang. Namun, penjelasan tentang hal ini akan dibahas nanti.

Kesimpulan mengenai kecepatan TunnelBear

  • TunnelBear cukup cepat
  • Selama penggunaan harian, tidak ada perbedaan kecepatan yang besar
  • TunnelBear dapat secara otomatis menghubungkan Anda ke opsi server tercepat milik mereka

Keamanan – Seberapa aman TunnelBear?

Fitur yang mungkin paling penting dari VPN adalah tingkat keamanan yang dapat ditawarkannya. Orang-orang menggunakan VPN untuk memastikan bahwa data mereka tetap aman dan identitas mereka tetap tersembunyi. Dengan TunnelBear, Anda tidak perlu khawatir tentang keamanan online Anda. Mereka menggunakan standar internasional paling tinggi untuk sistem enkripsi dan menawarkan beberapa pilihan protokol VPN teraman yang ada. Pada tahun 2018, TunnelBear dibeli oleh McAfee. Hal ini bukanlah hal yang buruk. Namun, beberapa pihak melihatnya sebagai sebuah ketidak-beruntungan bagi jasa VPN untuk dimiliki oleh sebuah perusahaan Amerika.

Di bawah ini, Anda dapat membaca semuanya tentang kebijakan logging dan privasi mereka. Lebih dari itu, Anda akan menemukan informasi apa saja yang dibutuhkan TunnelBear jika Anda membuat akun dengan mereka.

Protokol

TunnelBear memiliki sistem enkripsi 256-bit yang kuat dan diakui sebagai sistem standar untuk VPN. Dengan mayoritas perangkat yang ada, TunnelBear menggunakan protokol OpenVPN atau IKEv2. Untuk iOS9 dan versi-versi selanjutnya, TunnelBear menggunakan protokol IPSec atau IKEv2.

Di bawah ini, Anda akan menemukan sebuah tabel dengan gambaran luas tentang beragam protokol yang digunakan TunnelBear di berbagai macam perangkat.

Tipe perangkatProtokolEnkripsi data
WindowsOpenVPN/IKEv2AES-256-CBC
AndroidOpenVPNAES-256-CBC
Mac OS XOpenVPN/IKEv2AES-256-GCM
iOS 9 dan versi-versi selanjutnyaIPSec/IKEv2AES-256-GCM

Pencatatan dan privasi

Fakta bahwa TunnelBear adalah bagian dari salah satu negara 5 Mata tidaklah ideal untuk aspek privasi Anda. Namun, mereka menyatakan bahwa pihaknya tidak menyimpan pencatatan IP atau traffic jenis apapun. TunnelBear tetap mencatat beberapa hal lainnya, namun mereka sepenuhnya terbuka akan hal tersebut. Jika Anda ingin mengetahui secara pasti informasi apa saja yang mereka catat, Anda dapat melihat halaman situs mereka perihal privasi yang akan menjelaskan semuanya.

Meskipun mayoritas dari penyedia VPN mengatakan mereka tidak menyimpan catatan apapun tentang kita, banyak dari mereka yang sebenarnya mencatat informasi seperti TunnelBear. Kabar baiknya adalah TunnelBear tidak takut untuk menjelaskan kebijakan pencatatan ini di dalam situs mereka sendiri. Hal paling penting adalah mereka tidak menyimpan traffic atau catatan IP apapun. Artinya, mereka tidak akan dapat melihat aktivitas Anda saat sedang menggunakan jasa VPN mereka.

TunnelBear sebelumnya sudah memiliki pihak independen yang menguji kualitas keamanan mereka dan hasilnya pun dipublikasikan. Dalam riset tersebut, Anda dapat membaca bahwa pihak independen telah melakukan pemeriksaan resiko keamanan di perangkat lunak TunnelBear. Hal ini memperlihatkan bahwa mereka rela untuk membahayakan reputasinya, jika artinya jasa mereka ke depannya bisa berkembang lebih baik lagi.

Tombol mati daya: VigilantBear

TunnelBear memiliki opsi tombol mati daya bernama VigilantBear. Walaupun hal ini terdengar sangat menarik, cara kerjanya sangat mirip dengan tombol mati daya yang disediakan oleh VPN lainnya. VigilantBear adalah opsi keamanan di dalam perangkat lunak TunnelBear yang memastikan bahwa data Anda tetap terlindungi, bahkan saat koneksi dengan VPN Anda sedang hilang atau terputus sementara. Biasanya, situasi seperti ini akan membuat data Anda rentan, namun data Anda akan tetap terlindungi dengan adanya tombol mati daya. Opsi VigilantBear akan memastikan bahwa semua data Anda tetap aman apapun situasinya.

Apa jenis informasi yang dibutuhkan TunnelBear?

Untuk membuat akun dengan TunnelBear, Anda hanya membutuhkan sebuah alamat email dan kata sandi. Anda dapat membayar dengan Bitcoin, yang berarti Anda mampu sepenuhnya anonim saat membuat akun TunnelBear. Namun, jika Anda membayar dengan metode pembayaran lainnya seperti kartu kredit, TunnelBear akan memiliki lebih banyak informasi pribadi Anda.

Kesimpulan mengenai keamanan TunnelBear

  • Seperti mayoritas VPN lainnya, TunnelBear memiliki sistem enkripsi 256-bit yang kuat
  • TunnelBear memiliki protokol keamanan yang kuat untuk semua jenis perangkat (OpenVPN, IKEv2, dan IPSec)
  • TunnelBear tidak menyimpan catatan IP atau traffic apapun dan tetap jujur tentang data yang mereka kumpulkan
  • Kantor pusat TunnelBear berada di negara 5 Mata
  • TunnelBear menggunakan riset pihak ketiga yang independen untuk meningkatkan kualitas keamanan mereka
  • TunnelBear memiliki opsi tombol mati daya yang bernama VigilantBear
  • Untuk membuat akun, Anda hanya membutuhkan sebuah alamat email dan kata sandi

Kegunaan – Seberapa ramah konsumen TunnelBear?

Semakin banyak orang yang tertarik dengan VPN, maka penting bagi penyedia jasa VPN untuk memiliki aplikasi yang ramah konsumen. Proses pembuatan akun, pemasangan perangkat lunak, dan komunikasi dengan pelayanan pelanggan seharusnya dibuat mudah. Di bawah ini, Anda bisa mengetahui jika TunnelBear ramah konsumen atau tidak.

Situs TunnelBear

Situs TunnelBear sangat jelas. Proses pembuatan akun mudah dan informasi tentang TunnelBear serta jasa-jasa yang ditawarkannya tidak sulit untuk ditemukan. Semua hal di situs dijaga supaya tetap sederhana dan tidak membuat Anda bingung dengan informasi-informasi yang tidak Anda butuhkan. Namun, jika Anda ingin tahu lebih mendalam tentang jasa-jasa TunnelBear, Anda dapat menemukan banyak informasinya di footer (bagian bawah halaman).

Halaman akun juga sangat jelas. Semua informasi menarik dibagi ke dalam 3 tab. Di sini, Anda akan menemukan informasi mengenai akun, program langganan, sejarah pembayaran Anda, serta kesempatan untuk mengunduh semua informasi tentang Anda yang mereka punya. TunnelBear sepertinya mempercayai filosofi ‘less is more’, dan hal ini tercermin dari tampilan perangkat lunaknya.

Secara umum, gaya tampilan mereka yang bersih dan sederhana sangat menyenangkan Namun, jika Anda mencari informasi yang lebih spesifik, maka akan lebih sulit untuk ditemukan.

Pemasangan TunnelBear

Proses pemasangan TunnelBear tidak sulit. Anda dapat mengunduh perangkat lunaknya dari situs ke desktop pc Anda. Selain itu, Anda pun dapat menemukan aplikasinya di berbagai App Store yang ada untuk perangkat iOS atau Android Anda. Proses pemasangan mungkin akan memakan waktu, namun installation wizard yang akan menjalankan semua prosesnya untuk Anda. Satu-satunya hal yang Anda butuh lakukan setelah mengunduh perangkat lunaknya adalah membukanya dan melakukan log in dengan rincian informasi akun Anda. Setelah itu, Anda sudah bisa menggunakannya supaya dapat browsing online secara aman dan terlindungi. Anda dapat memasang TunnelBear di Windows, Mac, iPhone, iPad, dan Android. Lebih dari itu, TunnelBear juga memiliki extension browser yang mudah untuk digunakan.

Tampilan TunnelBear dan kemudahan penggunaannya

Tampilan dari perangkat lunak TunnelBear pun luar biasa. Dari tampilannya, dapat dilihat bahwa mereka telah menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk membuat setiap visualisasi yang ada. Lebih dari itu, mereka telah mencoba untuk membuat penggunaan VPN menjadi lebih menyenangkan. Semua hal ini dapat dimuat dalam sebuah perangkat lunak VPN yang jelas dan sederhana. Oleh karena perangkat lunaknya yang menyenangkan dan menarik secara tampilan, maka TunnelBear pun gemar digunakan.

Tingkat ramah konsumen dari perangkat lunak TunnelBear pun juga baik. Sebagai pengguna, Anda tidak akan disuguhi terlalu banyak opsi dan pengaturan. Pemilihan lokasi server dan proses menghubungkan ke server tersebut pun dapat dilakukan dengan menekan satu tombol saja.

Seperti yang bisa dilihat di atas, perangkat lunak TunnelBear sangat jelas. Apa yang Anda lihat adalah yang akan Anda dapat. Selain dari beberapa opsi tambahan, hal-hal pada gambar di atas sudah mencakup semuanya yang Anda butuhkan.

Harga dan metode pembayaran

TunnelBear bukanlah VPN termurah namun juga bukan VPN termahal. TunnelBear menetapkan harga $4.17 per bulan jika Anda ingin membeli program langganan untuk satu tahun. Mereka pun memiliki opsi gratis. Kekurangan dari versi gratis adalah batasan data yang Anda miliki yaitu 500MB saja. Jumlah ini tidak akan mampu Anda gunakan untuk menonton film, sehingga untuk mayoritas dari kita, program langganan gratis bukanlah pilihan yang sesuai.

Seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di atas ini, TunnelBear memiliki beberapa penawaran harga untuk program langganan mereka.

  • Program langganan gratis dengan batasan data 500MB
  • Program langganan bulanan seharga $9.99 per bulan
  • Program langganan tahunan seharga $49.99 per tahun atau $4.17 per bulan

Anda hanya dapat membayar program langganan TunnelBear menggunakan kartu kredit atau Bitcoin. Ada beberapa opsi kartu kredit. Namun, jika membayar dengan kartu kredit, maka Anda sama saja dengan memberikan cukup banyak informasi pribadi Anda ke TunnelBear. Maka, jika ingin tetap anonim, pilihan terbaiknya adalah untuk membayar menggunakan Bitcoin. Akan lebih baik lagi ke depannya jika TunnelBear menerima pembayaran melalui PayPal dan metode lokal lainnya.

Sayangnya, TunnelBear tidak menawarkan garansi uang kembali. Hal ini tidak ideal jika Anda ingin memikat banyak pelanggan baru.

Pelayanan pelanggan

Pelayanan pelanggan TunnelBear bisa dibuat lebih baik lagi. Pertanyaan-pertanyaan kami telah dijawab dengan baik, namun kami kesulitan untuk menghubungi mereka saat belum memiliki akun. Bahkan setelah memiliki akun, Anda tidak bisa langsung menghubungi mereka. Anda dapat mengirimkan sebuah pertanyaan melalui formulir bantuan standar mereka dan Anda kemungkinan akan mendapatkan jawaban dalam kurun waktu 24 jam. Sayangnya, Anda tidak bisa bertanya lebih dari satu pertanyaan setiap jamnya.

Hal ini membuat pelayanan pelanggan TunnelBear menjadi sulit untuk diraih. Banyak penyedia VPN yang memiliki opsi Live Chat, di mana Anda akan mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan Anda secara cepat. TunnelBear tetap menjawab pertanyaan Anda dengan sopan, namun membutuhkan waktu yang lebih lama dibanding dengan mayoritas penyedia VPN lainnya.

Kesimpulan mengenai kegunaan TunnelBear

  • Situs TunnelBear jelas
  • Anda dapat memasang TunnerBear di perangkat apapun tanpa masalah
  • Perangkat lunak TunnelBear memiliki tampilan yang menarik dan mudah untuk digunakan
  • Anda dapat membayar untuk program langganan TunnelBear dengan kartu kredit atau Bitcoin
  • Pelayanan pelanggan TunnelBear sudah cukup, namun sulit untuk dihubungi

Jaringan server TunnelBear

Supaya dapat membuka blokir konten online tertentu, penting bagi penyedia VPN pilihan Anda untuk memiliki server di negara yang berbeda-beda. Jika Anda ingin mengakses konten Netflix Amerika, contohnya, Anda membutuhkan sebuah VPN dengan server di Amerika Serikat. Anda juga dapat menggunakan VPN untuk melampaui sensor di negara Anda dengan cara terhubung ke server di negara lain. Di bawah ini, Anda dapat menemukan semua informasi tentang jaringan server TunnelBear.

Jumlah server dan lokasinya

TunnelBear memiliki server di lebih dari 20 lokasi yang berbeda. Sayangnya, TunnelBear tidak akan memberi tahu jumlah server yang sebenarnya mereka miliki. Mereka beralasan bahwa hal tersebut akan membahayakan keamanan dari server mereka. Pada situs mereka, Anda dapat melihat negara-negara apa saja yang menjadi lokasi server mereka, namun tidak ada rincian jumlahnya.

TunnelBear mempermudah Anda untuk terhubung ke server yang paling cepat. Kapanpun Anda menggunakan jasa mereka, Anda secara otomatis akan terhubung ke server tercepat mereka.

Jika Anda melihat jumlah servernya, penawaran TunnelBear tidak terlalu memukau. Namun, mereka memiliki server-server yang bagus di lokasi-lokasi yang paling umum. Selain itu, semua server mereka menawarkan koneksi internet yang stabil.

Alamat IP dedicated

TunnelBear tidak menawarkan alamat IP dedicated. Mereka menyatakan bahwa mereka ingin mulai menawarkan opsi ini untuk bisnis ke depannya, melalui program “TunnelBear for Teams” milik mereka. Namun belum ada kepastian tentang penawaran hal yang sama bagi pengguna perseorangan atau pribadi.

Kesimpulan mengenai jaringan server TunnelBear

  • TunnelBear memiliki server yang cepat di lebih dari 20 negara
  • Atas dasar pertimbangan aspek keamanan, TunnelBear tidak memberikan informasi perihal jumlah server yang dimilikinya
  • TunnelBear tidak menawarkan alamat IP dedicated
  • TunnelBear secara otomatis akan menghubungkan Anda ke server tercepat milik mereka

Opsi TunnelBear

Tidak semua penyedia VPN menawarkan fitur-fitur yang sama. Terkadang, fitur-fitur tambahan bisa menjadi hal yang sebenarnya Anda cari. Contohnya, tidak semua penyedia mendukung Netflix atau torrent. Di bawah ini, Anda dapat membaca semuanya tentang opsi-opsi TunnelBear, termasuk mengenai kondisi jasa mereka dengan Netflix dan torrent.

TunnelBear dan Netflix

TunnelBear tidak mendukung Netflix. Ini artinya Anda tidak dapat menggunakan Netflix saat sedang terhubung dengan server TunnelBear, baik itu konten dari negara Anda sendiri ataupun dari, contohnya, konten Netflix Amerika. Jika Anda ingin dilindungi oleh VPN namun tetap bisa streaming serial favorit Anda di Netflix, maka Anda akan lebih baik menggunakan ExpressVPNSurfshark atau CyberGhost.

TunnelBear dan torrent

TunnelBear tidak mengijinkan traffic P2P. Artinya, Anda tidak dapat mengunggah atau mengunduh torrent apapun saat Anda terhubung melalui sebuah server TunnelBear. Penyedia ini tidak ingin mendorong Anda untuk melakukan pengunduhan file secara ilegal. Sayangnya, hal ini berarti Anda pun tidak dapat mengunduh torrent yang legal. Jika Anda ingin sebuah penyedia VPN yang memperbolehkan torrent, Anda patut untuk melihat NordVPN atau IPVanish.

GhostBear: senjata melawan sensor dan restriksi kecepatan

Ghostbear merupakan fitur ekstra TunnelBear. Fitur ini membantu untuk menyembunyikan data Anda yang telah dienkripsi supaya terlihat seperti data normal. Beberapa ISP, perusahaan, atau pemerintah dapat membatasi kecepatan internet atau kebebasan Anda saat mereka mendeteksi bahwa Anda sedang menggunakan VPN. Dengan membuat data terenkripsi supaya terlihat seperti traffic biasa menggunakan GhostBear, tidak akan ada pihak yang curiga bahwa Anda sedang menggunakan VPN.

Extension browser TunnelBear untuk Chrome dan Opera

TunnelBear memiliki extension browser untuk Chrome dan Opera. Extension bekerja seperti VPN pada biasanya, namun bedanya di browser Anda. Hal ini ideal jika Anda tidak ingin semua traffic Anda untuk melewati VPN Anda. Selain itu, ini cara yang lebih ramah konsumen untuk melampaui batasan geografis, contohnya, saat Anda menggunakan Linux.

‘Blocker for Chrome’ milik TunnelBear

TunnelBear telah mengembangkan pemblokir iklan miliknya sendiri untuk mengatasi iklan-iklan yang tidak diinginkan. ‘Blocker for Chrome’ tidak hanya memblokir iklan namun juga membantu melindungi privasi Anda. Pemblokir ini memblokir pelacak email dan memastikan bahwa tidak ada orang yang dapat menggunakan pixel pelacak untuk memasarkan email-email tertentu kepada Anda. Pemblokir ini pun memblokir pelacak ultrasonik. Dengan ini, suara-suara yang ditangkap melalui mikrofon telepon Anda tidak dapat digunakan untuk pelacakan. Selain itu, ‘Blocker for Chrome’ juga melindungi Anda dari Adobe Flash, cookies, skrip, malware dan fingerprinting browser. Fitur ini melakukan semua hal di atas untuk melindungi privasi online Anda.

‘TunnelBear for Teams’

TunnelBear juga memiliki sebuah jasa VPN untuk bisnis yang mereka namakan ‘TunnelBear for Teams’. Jasa ini menawarkan fitur-fitur yang sama seperti VPN reguler mereka, namun dengan tambahan beberapa manfaat. Contohnya, jasa ini memiliki opsi administrasi tambahan, bantuan prioritas, dan kesempatan untuk menambah orang. Opsi bisnis TunnelBear ini bekerja dengan sangat baik. Lebih dari itu, jasa ini pun ideal untuk perusahaan-perusahaan besar karena mereka tidak mengijinkan penggunaan Netflix atau pengunduhan torrent dengan jasa mereka.

Kesimpulan – Pengalaman kami dengan TunnelBear

ProKontra
Perangkat lunak yang bagus dan ramah konsumenTidak ada akses ke Netflix
Mudah untuk dipasangTidak mengijinkan torrent
Cukup murahTidak ada IP dedicated
Tombol mati daya yang sudah terpasang di perangkat lunakPelayanan pelanggan sulit untuk dihubungi
Versi gratis memiliki batasan data 500MB
Tawaran yang bagus untuk bisnis
Opsi GhostBear yang bekerja dengan baik melawan sensor dan restriksi kecepatan
TunnelBear terbuka soal kebijakan logging mereka
100% lebih banyak lelucon tentang beruang dibanding VPN lainnya

TunnelBear memperlihatkan performa yang bagus pada mayoritas dari fitur reguler VPN. Kecepatan mereka tinggi, server stabil, dan mereka menawarkan keamanan serta privasi yang baik. Lebih dari itu, sangat melegakan bagi kami saat tahu bahwa TunnelBear sangat jujur dan terbuka soal kebijakan logging mereka. Namun, ada beberapa penyedia VPN yang menawarkan tingkat keamanan dan privasi yang lebih daripada TunnelBear.

TunnelBear adalah VPN yang cukup baik untuk kebanyakan dari pengguna. Perangkat lunaknya mudah untuk digunakan, menawarkan perlindungan yang cukup, dan tampilannya pun luar biasa. TunnelBear betul-betul membuat VPN terbuka untuk diakses oleh semua kalangan.

Untuk pengguna VPN yang lebih berpengalaman, TunnelBear mungkin tidak menawarkan hal yang cukup. Kekurangan dari TunnelBear adalah mereka tidak bekerja dengan Netflix ataupun memperbolehkan pengunduhan torrent. Lebih dari itu, mereka hanya memiliki server di 20 lokasi, jumlah yang tidak banyak di pasar VPN. TunnelBear fokus dalam hal sistem enkripsi dan privasi, namun tidak dalam, contohnya, melampaui batasan-batasan geografis. Mereka mencoba untuk mengimbangi hal ini dengan adanya GhostBear, namun tetap gagal untuk melampaui blokir Netflix.

Pada dasarnya, kami akan menyarankan TunnelBear untuk pengguna VPN baru yang sedang mencari keamanan dan privasi tambahan.

Opini pribadi para ahli VPNoverview.com

“VPN yang sangat baik dan ramah konsumen”
Nilai kami
8.0
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar

Kunjungi TunnelBear